Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Fungsi dan Cara Menggunakan Obeng Ketok (Impact Driver)

Fungsi dan Cara menggunakan obeng ketok - Penggunaan obeng ketok terbilang penting saat bekerja memperbaiki kendaraan, baik itu bagian engine, sasis maupun kelistrikannya.

Obeng ketok sangat dikenal memiliki banyak nama saat digunakan di bengkel, beberapa menyebutnya dengan sebutan obeng gedor dan sebagina pula yang menyebutnya dengan sebutan obeng pukul. Obeng ketok memiliki nama teknik yang disebut dengan Impact driver.

Fungsi Obeng Ketok (Impact Driver)

Obeng ketok mempunyai bentuk seperti selongsong yang terbuat dari bahan logam dengan bobot yang cukup berat. Dimana pada dalamnya terdapat mekanisme penggerak yang akan menghasilkan gaya rotasi (berputar) dan sangat kuat ketika bagian belakangnya dipukul menggunakan palu.

Sementara dibagian depan obeng ketok ini ada tempat untuk socket khusus sehingga mata obeng ketok bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan. Tentu saja obeng ketok mempunyai beberapa model mata obeng ketok, akan tetapi secara umum disediakan dua macam plus dan minus.

Obeng ketok atau Impact Driver merupakan alat yang digunakan untuk mengencangkan atau melepas sekrup dengan kekencangan yang lebih. Digunakan dengan cara memutar gagang obeng kearah mengencangkan atau mengendorkan sambil menahan dengan tetap menekan obeng melekat pada sekrup, lalu ujung gagang (handle) obeng dipukul dengan palu.

Obeng‌ ‌ketok‌ ‌‌memiliki‌ ‌fungsi‌ ‌mirip palu,‌ ‌pada‌ ‌saat‌ ‌berputar‌ ‌di‌ ‌waktu‌ ‌yang‌ ‌bersamaan‌ ‌juga‌ ‌memberikan‌ ‌daya‌ ‌tekan‌ ‌pada‌ ‌sekrup ‌target.‌ ‌Daya‌ ‌tekan‌ ‌yang‌ ‌dihasilkan‌ ‌malahan mencapai 2000-3000‌ ‌bpm‌ ‌setiap‌ ‌menit,‌ ‌sangat‌ ‌berguna‌ ‌apabila Anda‌ ‌ingin‌ ‌mengencangkan‌ ‌dan‌ ‌melepas‌ ‌sekrup‌ ‌atau‌ ‌membuat‌ ‌lubang‌ ‌pada‌ ‌bahan‌ ‌yang‌ ‌keras.‌ 


Malahan juga‌ ‌dapat dimanfaatkan untuk‌ ‌mengencangkan‌ ‌‌coarse‌ ‌thread‌ ‌(salah‌ ‌satu‌ ‌jenis‌ ‌sekrup‌ ‌yang‌ ‌cocok‌ ‌digunakan‌ ‌pada‌ ‌material‌ ‌kayu)‌ ‌dengan‌ ‌ukuran‌ ‌60mm‌ ‌yang‌ ‌digunakan‌ ‌untuk‌ ‌material‌ ‌2x4‌ ‌inci‌ ‌(5,08x10,16cm)‌,‌ ‌Biasa‌ ‌digunakan‌ ‌untuk‌ ‌membuat‌ ‌dek‌ ‌kayu‌ ‌dan‌ ‌mengerjakan‌ ‌berbagai‌ ‌pekerjaan‌ ‌kayu.‌ ‌Dan‌ ‌bisa‌ ‌digunakan‌ ‌di‌ ‌lokasi‌ ‌konstruksi,‌ ‌bisa‌ ‌juga‌ ‌mengencangkan‌ ‌dan‌ ‌melepas‌ ‌sekrup‌ ‌pada‌ ‌bahan‌ ‌interior.‌

Cara Menggunakan Obeng Ketok

Biasanya obeng ketok tidak memiliki kabel, tetapi ada juga yang memiliki kabel. Karena memiliki one touch chuck (kepala bor), sehingga bisa dipakai tanpa menggunakan peralatan chuck yang beragam. Terdapat banyak jenis yang dijual yang bisa berputar secara terus-menerus tanpa merubah kecepatan perputarannya. Alat ini tidak hanya bisa digunakan untuk sekrup saja, tapi juga bisa digunakan untuk baut dan mur.

Alat Dan Bahan

Mata obeng dapat diganti-ganti sesuai ukuran yang pas dengan kepala sekrup. Berikut ini peralatan yang diperlukan pada jobsheet mengidentifikasi kelebihan obeng ketok (Impact Driver) kali ini, antara lain:
  1. Obeng Ketok 1 set
  2. Obeng biasa
  3. Bor tangan yang punya mode beton
  4. Kunci Socket (yang kecil)
  5. Palu
Keselamatan Kerja:
  1. Saat bekerja harus mengutamakan keselamatan diri maupun benda kerja.
  2. Gunakan alat dengan penuh tanggung jawab
  3. Pastikan mata obeng masuk dengan tegak lurus terhadap sekrup
  4. Pegang obeng ketok dengan erat
  5. Pukul hanya pada bagian handel obeng saja (sudah disediakan)

Langkah Kerja


Untuk menggunakan obeng ketok ini sebenarnya sangat mudah, perhatikan langkah-langkah menggunakan obeng ketok seperti dibawah berikut :
  • Pilih mata obeng ketok yang pas dan sesuai.

Langkah pertama adalah pasang mata obeng ketok sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk membuka sekrup dengan mata plus, maka gunakan mata obeng ketok dengan ujung yang berbentuk plus, begitu pula untuk model yang lainnya. Namun, tetap pastikan agar mata obeng ketok yang digunakan pas (tidak kendor). Menggunakan mata obeng ketok yang tidak sesuai bisa merusak sekrup yang akan dibuka.

1. Letakkan obeng ketok tegak lurus terhadap sekrup

Pasang obeng ketok dan masukkan mata obeng ketok ke kepala sekrup yang akan dikerjakan. Posisikan obeng ketok dan matanya tegak lurus terhadap sekrup tersebut.

2. Arahkan obeng ketok sesuai putaran yang dinginkan

Setelah obeng ketok dan matanya tertancap di sekrup, langkah selanjutnya adalah putar obeng ketok sesuai dengan arah yang di inginkan. Seperti misalnya kita ingin membuka sekrup tersebut, maka putar obeng ketok ke arah yang berlawanan dengan arah jarum jam (arah putaran ke kiri). Jika ingin mengencangkan sekrup, maka putar obeng ketok ke arah yang searah dengan jarum jam (arah putaran ke kanan).

a. Melepas Sekrup

Untuk mengendurkan baut atau sekrup caranya adalah dengan memutar obeng ke arah berlawanan jarum jam (lihat panah 1), lalu tekan dan tahan obeng ke arah baut atau sekrup yang akan dikendurkan sambil agak memutarnya ke arah berlawanan jarum jam (lihat panah 2), kemudian pukul atau ketok bagian ujung badan obeng dengan menggunakan palu (lihat panah 3). Lakukan sampai baut atau sekrup bisa dikeluarkan dengan mudah dari tempatnya.

b. Memasang Skrup

Sementara untuk mengencangkan baut atau sekrup caranya adalah dengan memutar obeng searah jarum jam sampai baut atau sekrup tidak bisa diputar dengan tangan tanpa bantuan (lihat panah 1), lalu tekan dan tahan obeng ke arah baut atau sekrup yang akan dikencangkan sambil agak memutarnya searah jarum jam (lihat panah 2), kemudian pukul atau ketok bagian ujung badan obeng dengan menggunakan palu (lihat panah 3). Lakukan sampai baut atau sekrup terpasang dengan benar dan pas sesuai torsinya.

3. Pegang dan tekan dengan erat posisi obeng ketok

Setelah mata obeng terpasang baik pada sekrup, tangan harus tetap memegang obeng ketok dengan erat. Selama itu, juga tangan menekan mata tetap tegak lurus dengan baut/skrup.

4. Pukul bagian belakang obeng ketok dengan palu

Setelah posisi obeng ketok sudah pas, tahan posisi obeng ketok sambil menekannya kebawah. Selanjutnya pukul bagian belakang obeng ketok dengan palu hingga bagian mata obeng ketok dan sekrup bergerak dan berputar dengan sendirinya sesuai arah yang sudah kita inginkan.

Itu dia pembahasan tentang fungsi obeng ketok dan cara menggunakan impact driver yang benar. Mudah-mudahan bisa membantu.
Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News
close