close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menerapkan Penataan Interior Kantor (Office Arrangement)

Menerapkan penataan interior kantor (office arrangement) - Kantor sering diartikan sebagai tempat untuk bekerja. Bekerja merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk memperoleh uang maupun karir kesuksesan, namun terkadang bekerja bisa menjadi hal yang membosankan karena dalam satu hari karyawan/pegawai menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk bekerja bahkan disaat lembur.

Menerapkan Penataan Interior Kantor (Office Arrangement)

Bagaimana perasaan Anda jika memiliki kantor dengan fasilitas lampu yang redup, tampilan ruangan yang monoton dan tidak beraturan? Tentunya tidak dapat berkonsentrasi saat bekerja. Ruang kerja dengan fasilitas dan penataan interior yang tepat, dapat mendorong karyawannya untuk bekerja dengan penuh semangat. Semangat karyawan/pegawai dapat muncul apabila disertai adanya rasa nyaman. 
Menerapkan Penataan Interior Kantor (Office Arrangement)
Kenyamanan perlu didapatkan setiap orang ketika bekerja, karena bila tidak nyaman, sesuatu yang dikerjakan tidak akan menjadi maksimal hasilnya. Kenyamanan itulah yang sebisa mungkin diberikan kepada para karyawan/pegawai agar merasa nyaman dan senang bekerja sehingga memberikan kinerja terbaik. Untuk dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna ruang diperlukan adanya interior kantor yang baik dengan penataan yang baik pula.

Dengan kenyamanan yang dirasakan, maka produktivitas dalam bekerja akan meningkat sehingga berdampak pada tercapainya tujuan perusahaan yang optimal. Pada bab ini Anda akan mempelajari interior kantor seperti definisi interior kantor, jenis-jenisnya dan penataan interior kantor agar dapat menata interior kantor dengan baik, pelajarilah materi dengan sungguh-sungguh!
Menerapkan Penataan Interior Kantor (Office Arrangement)
Gambar 8.1 contoh penataan interior ruang kantor
Setelah mempelajari materi tentang regulasi sarana dan prasarana kantor diharapkan peserta didik mampu menjelaskan definisi, Menguraikan macammacam interior kantor, Mengemukakan prosedur penataan interior kantor.

1. Definisi interior kantor

Salah satu jenis sarana dan prasarana kantor adalah interior kantor. Interior kantor adalah benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan. Contoh: gambar-gambar, patung, lukisan bendera, vas bunga.

Interior kantor merupakan hal yang penting karena dengan adanya interior kantor membuat pegawai betah bekerja di ruangan sehingga produktivitas meningkat. Interior kantor juga dapat meningkatkan nilai estetika suatu ruangan. Tanpa adanya interior kantor, pegawai menjadi kurang bersemangat dalam bekerja sehingga dapat berpengaruh pada terhambatnya aktivitas perkantoran.

Fungsi dari interior kantor, yaitu :
  1. Membuat tampilan ruang kantor rapi, bagus dan nyaman, sehingga orang yang berkepentingan dengan kantor tersebut akan menjadi nyaman.
  2. Mempengaruhi semangat dan etos kerja karyawan ke arah yang lebih baik
  3. Mencerminkan profil perusahaan
Interior kantor mempunyai tujuan fungsi seperti dikutip dari https://interiorkantor.com/fungsi-interior-kantor/, antara lain :
  1. Menciptakan suasana kantor yang nyaman dan kondusif
  2. Membangkitkan semangat dalam bekerja ke arah yang lebih baik
  3. Menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang aktifitas perkantoran.
  4. Melengkapi kebutuhan ruang dengan memperhatikan tata letak dan efisiensi dari ruang kantor.
  5. Menciptakan ruangan yang memperhatikan kebutuhan estetika, fungsi dan ruang gerak.
  6. Menampilkan citra kantor yang bertaraf profesional dengan adanya fasilitas yang memadai.
  7. Meningkatkan hubungan antar unit kerja
  8. Meningkatkan produktifitas dan kualitas dalam bekerja.
  9. Memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi pihak yang berkepentingan.

2. Macam-macam interior kantor

Macam-macam interior kantor yang umum digunakan di kantor yaitu :

a. Vas bunga
Gambar 8.2 Vas bunga di atas meja kerja
Vas bunga merupakan wadah terbuka yang diisi dengan rangkaian bunga yang diletakkan di atas meja kerja. Vas bunga bisa dibuat dari bermacammacam bahan, misalnya dari tanah liat, gelas, besi, plastik. Vas bunga mempunyai fungsi untuk menambahkan nilai estetika meja kerja dan ruangan.

Adanya kombinasi yang tepat antara vas bunga dan taplak meja dapat memperindah ruang kantor.

b. Kalender meja
Gambar 8.3 Kalender diatas meja kerja
Kalender meja atau yang disebut juga sebagai kalender duduk memiliki ukuran yang cenderung kecil. Biasanya kalender ini ditempatkan di atas meja kerja. Kalender meja dibuat menggunakan bahan spiral dan hardcover, sehingga harganya lebih mahal.

Ketika memilih kalender meja sebaiknya memilih bentuk kalender standar dengan desain unik. Desain kalender yang menarik secara tidak langsung akan memperindah ruang kerja agar terkesan lebih menyenangkan.

c. Akuarium
Gambar 8.4 Aquarium penghias ruangan
Akuarium dipercaya dapat memberikan perasaan yang rileks, terutama suara air yang muncul dari dalam akuarium. Warna warni ikan hias di dalam akuarium bisa membuat suasana lebih tenang karena memberikan kesan menyatu dengan alam. Itu sebabnya akuarium cocok digunakan sebagai penghias ruangan.

d. Lukisan
Gambar 8.5 Lukisan di ruang kantor
Lukisan selain dapat dijadikan strategi ruangan terlihat luas, juga bisa membuat pandangan lebih fokus. Pilihlah lukisan yang unik dengan warnawarna yang bisa membuat pikiran lebih nyaman dan semangat. 


Kombinasi antara warna dasar lukisan dengan warna dinding yang senada dapat membuat ruangan terlihat lebih cantik. Lukisan dapat menampilkan kesan yang baik ketika ada tamu yang berkunjung dan menciptakan suasana yang nyaman agar pengguna merasa betah berada di ruangan.

e. Lampu hias
Gambar : 8.6 lampu hias di kantor
Lampu hias mempunyai fungsi sebagai alat penerang untuk dijadikan pencahayaan tambahan di kantor. Selain itu, lampu hias juga memiliki fungsi untuk mempercantik interior ruangan.

Banyak ragam jenis lampu hias yang tersedia di pasaran, pastikan memilih yang paling cocok untuk ruangan, memperhatikan material, warna, dan gaya yang benar-benar sesuai sehingga meningkatkan nilai estetika dalam ruangan. Lampu hias juga dapat menghadirkan ruangan menjadi hangat dan nyaman.

f. Tanaman hias
Gambar : 8.7 Tanaman hias di ruang kantor
Menghadirkan nuansa cantik sebuah kantor dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan menghadirkan tanaman hias. Tanaman hias memberikan sirkulasi udara yang sejuk dan efek kesegaran di dalam ruangan.
Tanaman dengan daun yang berwarna hijau bagus untuk merilekskan mata yang lelah seharian bekerja di dalam ruangan. Itulah sebabnya, tanaman hias sangat dianjurkan disimpan di kantor.

3. Prosedur penataan interior kantor

Ruang kantor yang tertata dengan rapi membuat pegawai merasa nyaman dalam bekerja, jika merasa nyaman dalam bekerja maka dapat bekerja dengan baik sehingga akan meningkatkan produktivitas. Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menata ruang kantor yang baik yaitu :

a. Menentukan kebutuhan ruangan.

Ditinjau dari aspek bidang pekerjaan, sebuah kantor terdiri dari susunan ruang yang mempunyai bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Kantor yang baik tentu saja harus bisa mengakomodasi semua aktivitas dari masing-masing ruangan.

Untuk mendapatkan ruangan-ruangan yang efisien sesuai dengan aktivitas yang dilakukan maka harus mempertimbangkan penentuan kebutuhan setiap ruangan, karena setiap ruangan pasti mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda akan ruangan lain mengacu pada bidang pekerjaan yang dikerjakan setiap hari.

Ada baiknya untuk menentukan interior apa saja yang akan dipakai di ruangan dan menentukan posisi untuk meletakkan benda-benda tersebut.

b. Menentukan desain interior

Penentuan desain merupakan hal penting karena penentu dimanakah interior kantor akan diletakkan karena akan mempercantik ruangan dan menjadi penentu kenyamanan dalam bekerja.

Desain kantor yang bagus adalah desain kantor yang mencerminkan perusahaan dan dapat menunjang proses bekerja. Untuk membantu menciptakan desain interior kantor yang menarik diperlukan proses perencanaan yang matang.

c. Memastikan pencahayaan terpenuhi.

Pencahayaan merupakan aspek penting di dalam ruangan. Pencahayaan yang bagus dalam kantor akan membantu terciptanya tempat kerja yang nyaman, membantu melaksanakan aktivitas juga membantu memberikan semangat untuk bekerja.

Usahakan dalam mengatur letak pencahayaan disesuaikan dengan posisi duduk atau posisi membaca, hal ini dimaksudkan agar cahaya yang terpancar tidak menyilaukan ataupun redup karena dapat menyebabkan mata cepat lelah.

Ciri-ciri penerangan yang baik, yaitu :
  1. Sinar cahaya yang cukup
  2. Sinarnya yang tidak menyilaukan.
  3. Tidak ada kontras yang tajam.
  4. Pemancaran cahaya yang rata
  5. Cahaya yang terang.
  6. Warna yang sesuai.
Jenis pencahayaan yang biasa digunakan dalam kantor, yaitu :

  1. Ambient lighting, yaitu pencahayaan seluruh ruang. Ambient lighting artinya total sinar yang datang dari semua arah, untuk seluruh ruang. Dalam membuat ambient lighting, sinar haruslah cukup fleksibel untuk berbagai situasi atau peristiwa yang mungkin terjadi di ruangan
  2. Task Lighting yaitu pencahayaan terarah yang dibuat untuk tujuan tertentu. Pencahayaan ini memberikan lebih banyak cahaya pada area tertentu. Lampu meja atau lampu gantung merupakan contoh pencahayaan ini. Sebuah lampu meja di ruang kerja dapat memberikan pencahayaan tambahan yang diperlukan untuk membaca buku atau surat kabar.
  3. Accent Lighting yaitu pencahayaan dengan aksen, serupa dengan pencahayaan terarah akan tetapi mampu menghadirkan nuansa berbeda melalui bentuk-bentuk visual yang menarik. Pencahayaan ini digunakan untuk menyorot atau memfokuskan pada suatu benda agar lebih terlihat detailnya, misalnya lukisan ukiran, tanaman, dan bisa juga dibuat untuk menonjolkan tekstur dinding. Pencahayaan jenis ini setidaknya memerlukan tiga kali lebih banyak cahaya pada titik fokus dibanding pencahayaan di sekitarnya.
  4. Natural lighting yaitu pencahayaan menggunakan cahaya matahari yang masuk melalui jendela dan pintu.
Jendela Kantor

d. Memastikan adanya ventilasi dan sirkulasi udara yang baik

Kantor dengan kondisi cukup ventilasi dan sirkulasi udara yang baik tentu saja akan membuat orang yang bekerja didalamnya menjadi lebih nyaman, dan juga hal ini akan memberi efek jangka panjang yang baik pula untuk kesehatan.

Minimnya ventilasi udara dapat menyebabkan udara panas yang berasal dari luar terperangkap di dalam ruangan. Sirkulasi udara tidak dapat mengalir dengan baik sehingga membuat ruangan menjadi tidak nyaman. Secara umum, ventilasi berfungsi mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya, sehingga terjadi pergantian udara yang sehat untuk dihirup.

Manfaat ventilasi yang baik tak hanya membuat ruangan terasa lebih nyaman, tetapi juga membuat orang-orang yang berada didalam ruangan menjadi lebih sehat. Sirkulasi udara bertujuan menciptakan ketersediaan udara bersih yang rendah polusi dengan maksud menjaga kelembapan dan suhu yang nyaman bagi pegawai. Ventilasi dan sirkulasi udara yang baik adalah faktor penting yang bisa berdampak terhadap tercapainya produktivitas kerja yang optimal.

Ruangan kantor memerlukan penataan interior yang baik karena kantor merupakan pusat aktivitas yang tentunya harus memberikan rasa nyaman, kesan menarik dan tidak membosankan. Dengan adanya penataan interior kantor tentunya membuat kantor menjadi lebih ramah.

Pada dasarnya, standar perusahaan yang baik itu bisa dilihat dari interior menarik yang dimilikinya. Hal tersebut untuk menjadikan sebuah lingkungan kerja yang nyaman. Penataan interior yang tepat pada suatu ruangan, akan membantu memaksimalkan fungsi dari ruangan tersebut. Beberapa konsep penataan interior di berbagai perusahaan, antara lain :

a. Konsep Minimalis
Gambar 8.8 Kantor dengan konsep minimalis
Desain kantor minimalis saat ini sangat berkembang, dilihat dari banyaknya jumlah penggemar. Kelebihan desain terletak pada tingkat kepraktisannya, terlebih lagi konsep desain ini mengaplikasikan bentuk-bentuk sederhana dalam proses pembuatan dan hasil akhir.

Ciri dari desain interior minimalis terlihat dari penggunaan warna dinding yang hanya membutuhkan dua-tiga warna, tidak membutuhkan beragam warna. Untuk mendapatkan akses yang lebih indah dapat menambahkan aksen wallpaper pada satu sisi dindingnya.

Furniture untuk konsep minimalis pilihlah furniture yang sederhana dan jenis furniture minimalis. Konsep penataan interior minimalis banyak memberi kemudahan kepada seluruh pengguna ruang dan memberikan kesan simpel, namun tetap elegan.

b. Konsep Kontemporer
Gambar 8.9 Contoh kantor dengan desain konsep kontemporer
Desain interior kontemporer bermain pada pemilihan warna yang digunakan. Desain kontemporer biasanya memusatkan pilihan pada satu warna saja yang menjadi aksen, biasanya pilihannya adalah warna netral misalnya warna krem yang lembut, grey maupun warna monokrom seperti putih dan hitam.

Desain interior kontemporer, penataan cahaya merupakan aspek penting. Pencahayaan berfungsi untuk memperkuat elemen desain interior yang ada sehingga focal point yang ada pada desain interior kontemporer dapat terlihat lebih menarik dan memberikan makna dan suasana berbeda sesuai dengan yang diinginkan.

Konsep kontemporer akan selalu terus berkembang sesuai tren yang ada. Desain interior kontemporer tidak mempertahankan kesan dan ciri desain interior pada era sebelumnya. Akan tetapi lebih memilih untuk menunjukkan diri dan tampil dalam “kedewasaan” masa sekarang

c. Konsep Klasik
Gambar 8.10 Contoh ruang kantor konsep klasik
Desain interior konsep klasik biasanya menggunakan beberapa pilihan warna seperti putih klasik dipadu dengan biru keabu-abuan. Selain warna itu, masih ada beberapa warna lain yang bisa menjadi kombinasi adalah kuning, hijau dan coklat.

Perpaduan dari warna-warna tersebut akan menciptakan seperti suasana tempo dulu yang tetap menawan untuk masa kini. Desain interior klasik banyak didominasi oleh profil dan uraian. Furniture untuk konsep klasik sebaiknya pilih dengan bahan kayu sehingga membuat suasana ruangan kantor lebih natural dan kuat.

Penggunaan warna natural seperti coklat kayu, kuning emas, hijau daun serta warna tanah akan lebih memperkuat suasana klasik yang natural namun terasa kental.

d. Konsep Victoria
Gambar 8.11 Kantor dengan desain konsep victoria
Desain interior konsep victoria atau disebut konsep ventura merupakan produk dari Eropa dan digemari para designer. Desain interior konsep victoria menggabungkan gaya tradisional dan kontemporer-modern.

Desain ini lebih banyak mengeksplorasi warna netral misalnya warna warna merah tua, hijau tua dan juga warna emas dan menonjolkan ruangan dengan pencahayaan sangat baik yang berasal dari lampu konsepram ataupun dari lilin.

Penambahan permadani yang terhampar di atas lantai mampu membuat kesan mewah dan elegan pada ruangan dengan desain konsep victoria karena konsep victoria menghasilkan tampilan yang sangat kuat akan kemewahan, keanggunan, dan berkelas.

e. Konsep Retro
Gambar 8.12 Kantor dengan penataan interior konsep retro
Ruang kantor dengan penataan interior konsep retro lebih memilih warna-warna cerah seperti orange, biru dan merah. Selain itu motif geometris yang dikombinasikan dengan desain modern juga dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan desain kantor berkonsep retro.

Elemen dekorasi pada konsep retro terlihat pada pemilihan dan penempatan aksesoris ruangan seperti lampu, lukisan, vas bunga, dan juga bingkai foto yang akan memberikan suasana yang nyaman. Untuk pemilihan lampu, gunakan gemerlap lampu vintage untuk memberi kesan dramatis. Ciri dari desain interior konsep retro adalah sifatnya yang atraktif.

Tujuan penggunaan desain retro untuk memberikan sentuhan klasik pada ruangan, memunculkan memori yang berkaitan dengan gaya-gaya yang berkembang pada masa itu.

f. Konsep Bohemian
Gambar 8.13 Kantor dengan penataan interior konsep bohemian
Desain interior kantor berkonsep bohemian merupakan wujud kebebasan, tampil modern dan dilengkapi koleksi warna lembut. Konsep bohemian identik dengan khas kaum gipsy yakni kaum nomaden karena tidak suka menetap dalam suatu tempat dalam jangka waktu yang lama.

Desain interior konsep bohemian hadir karena adanya ketidak teraturan dan ketidakpastian. Pada awalnya desain ini dibuat dengan spontan melalui pemanfaatan benda-benda yang ada, akan tetapi desain ini semakin banyak digunakan karena hasil tampilan yang memanjakan mata. Konsep bohemian adalah konsep yang penuh warna dan bercampur antara gaya etnik, hippies dan juga vintage.

g. Konsep Coastal
Gambar 8.14 Penataan interior kantor konsep coastal
Desain interior konsep coastal merupakan desain interior yang biasa disebut dengan nautical. Konsep coastal identik dengan suasana pantai yang berhubungan dengan matahari, ombak dan pasir. Semua itu dipercaya akan mampu membuat otak lebih santai, fresh dan tidak mudah stres sehingga memberikan inspirasi untuk mengerjakan tugas-tugas kantor.

h. Konsep Eclectric
Gambar 8.15 Kantor opera software dengan penataan interior konsep eclectric
Desain konsep eclectric merupakan desain penataan interior yang tidak mempunyai aturan di dalamnya. Pengguna desain ini dapat bebas berekspresi dan menggunakan permainan mix and match di dalamnya sesuai keinginan. Konsep eclectic merupakan penggabungan berbagai aspek, ide, teori yang ditujukan untuk membuat arsitektur terbaik dengan kombinasi yang ada.

Desain konsep eclectic tidak selalu menggabungkan, kadang-kadang hanya menerapkan salah satu gaya saja, akan tetapi dalam bentuk konstruksi, fungsi, dan sisi konseptual dibuat berbeda dari sistem yang asli.

i. Konsep Industrial
Gambar 8.16 Kantor dengan penataan interior konsep industrial
Penataan interior dengan konsep industrial dapat dipilih untuk menciptakan ruangan yang unik dan tidak terkesan kaku karena konsep industrial merupakan desain yang menggunakan campuran material yang masih mentah. Ciri khas dari desain industrial mengacu pada penggunaan dinding yang fungsional dan langitlangit yang tinggi.

j. Konsep Skandinavia
Gambar 8.17 Kantor dengan penataan interior konsep skandinavia
Konsep desain interior kantor skandinavia menawarkan kesederhanaan sehingga sering disamakan dengan desain interior minimalis. Padahal keduanya berbeda, desain skandinavia lebih mengandalkan fungsi sehingga banyak menjadi pilihan terbaik di dunia.

Konsep ini mempunyai gaya yang khas dan ikonik membuatnya banyak disukai. Desain konsep skandinavia identik dengan pencahayaan, tampilan dan fungsi, flooring, dan taman indoor. Desain skandinavia mempunyai prinsip memprioritaskan fungsionalitas tanpa menghilangkan keindahan dan keanggunan suatu ruangan.

k. Konsep Vintage
Gambar 8.18 Desain ruang kerja dengan konsep vintage
Desain kantor vintage menggunakan konsep yang mewakili model kuno, biasanya digunakan untuk perabot yang sudah berusia puluhan tahun namun tetap terlihat kokoh dan bagus. Desain interior konsep vintage biasanya dilengkapi dengan koleksi barang-barang antik dan peralatan klasik.

Desain ini akan memberikan suasana dengan kombinasi yang indah dan menarik sehingga nyaman digunakan dengan menghadirkan barang-barang dari era lama dan ketinggalan zaman yang diberi sentuhan modern.

Lembar Praktikum
Judul :
Mendesain interior kantor

Tujuan:
Mampu mendesain interior ruang

Peralatan dan bahan
1 Styrofoam
2 Karton
3 Lem/perekat
4 Kertas mika
5 Bahan pendukung seperti asesoris taman, tanaman
6 ATK
7 Gunting, cutter

Petunjuk Kegiatan Praktek
1 Lakukan kegiatan praktik dengan hati-hati dan memperhatikan K3!
2 Jaga kebersihan lingkungan!
3 Setelah selesai, kembalikan peralatan praktik ke tempat semula dengan rapi!

Langkah Kerja
1 Mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan
2 Mencari informasi terkait cara menata interior kantor
3 Membuat sketsa miniatur sebuah ruang
4 Praktikan membuat miniatur sebuah interior kantor untuk salah satu ruang kantor
5 Kumpulkan hasil miniatur

CAKRAWALA

Gambar 8. Desain interior ruang kantor perusahaan google
Pada masa sekarang ini hampir semua orang pengguna internet mengetahui tentang google yang merupakan perusahaan multinasional dari Amerika Serikat yang bergerak di bidang teknologi informasi dengan produk andalan yaitu mesin pencari “google”.

Perusahaan google merupakan perusahaan yang mempunyai tatanan interior ruang kantor dengan konsep terbaik dan kreatif di dunia. Kantor pusat Google yang terletak di Amerika Serikat dan merupakan kantor terbesar yang diberi sebutan Googleplex.

Perusahaan ini kreatif dalam menata interior kantor dan menyediakan banyak fasilitas untuk menunjang seluruh karyawan agar bisa bekerja lebih efektif dan merasa nyaman dalam berkarya. Selain kantor pusat yang terletak di Amerika Serikat, kantor Google yang terletak di Kuala Lumpur mengadopsi kekayaan budaya setempat.

Ruang kantor untuk meeting dibangun seperti gua, lengkap dengan stalaktit. Sementara itu, cafe yang ada di sebelahnya dirancang dengan nuansa pantai dan hutan, lengkap dengan dedaunan. Kantor google yang berada di Jakarta di ruang rapat tidak berisi kursi, akan tetapi kasur dan bantal dengan susunan berundak mirip sawah di pegunungan selain itu adanya gambar tokoh wayang punakawan berupa gambar Semar, Petruk, Bagong dan Gareng yang tertempel di panel kaca besar membuat rapat berjalan dengan baik karena suasana dibuat lebih santai sehingga gagasan ide lebih mudah keluar.


RANGKUMAN
  1. Interior kantor adalah benda-benda kantor yang digunakan untuk menambah suasana jadi menyenangkan sehingga memberi semangat dan kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan.
  2. Macam-macam interior kantor antara lain vas bunga, kalender meja, akuarium, lukisan, lampu hias dan tanaman hias.
  3. Interior kantor mempunyai fungsi yaitu :
    • Membuat tampilan ruang kantor rapi, bagus dan nyaman, sehingga orang yang berkepentingan dengan kantor tersebut akan menjadi nyaman.
    • Mempengaruhi semangat dan etos kerja karyawan ke arah yang lebih baik
    • Mencerminkan profil perusahaan
  4. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penataan interior kantor yaitu
    • Menentukan kebutuhan ruangan.
    • Menentukan desain interior
    • Memastikan pencahayaan terpenuhi
    • Memastikan adanya ventilasi dan sirkulasi udara yang baik
  5. Penataan interior kantor terdiri dari bermacam-macam konsep antara lain konsep minimalis, konsep kontemporer, konsep klasik, konsep victoria, konsep retro, konsep bohemian, konsep coastal, konsep eclectic, konsep industrial, konsep skandinavia, konsep vintage.
Demikian cara menerapkan penataan interior kantor (office arrangement) agar sesuai dengan tema usaha yang anda jalankan.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Menerapkan Penataan Interior Kantor (Office Arrangement)"