close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Stang motor goyang dapat membahayakan pengemudi dan bisa menimbulkan kecelakaan fatal. Terdapat beberapa penyebab stang motor goyang yang bisa Anda deteksi sendiri di rumah. Penyebab stang goyang dipengaruhi oleh beberapa komponen yang mengalami kerusakan, mulai dari ban motor hingga bagian segitiga dudukan stang motor.

Umumnya motor yang mengalami stang goyang yaitu motor harian yang selalu digunakan. Kalau mengalami stang motor goyang, sangat disarankan berhenti dahulu untuk memastikan kerusakannya. Kalau terdapat kerusakannya fatal, rekomendasi kami baiknya motor dituntun ke bengkel terdekat untuk mendapat perbaikan.

Namun jika kerusakan tidak kronis dan bisa dikontrol, dapat dikemudikan ke bengkel berlangganan Anda. Motor yang nyaman dikemudikan bukan masalah jok yang lebar saja, tapi juga keadaan stang. Stang motor harus imbang dan konstan, apa lagi bila kerap dipakai pada jalanan yang hancur.

Keadaan dari stang ini dikuasai oleh beberapa sisi, apabila ada salah satunya bagiannya yang hancur karena itu stang motor dapat goyang. Ada banyak penyebab dan cara memperbaiki stang motor goyang yang dapat Anda check lebih dulu.

Ketahui pemicunya mempermudah Anda untuk ketahui bagaimana cara untuk memperbaiki nanti di bengkel. Jangan dibiarkan stang motor goyang saat berkendaraan, sebab bisa menyebabkan kecelakaan.

Pada umumnya, rekan - rekan tentu berpikir jika stang motor goyang umumnya karena motor pernah jatuh atau alami kecelakaan sepanjang dikemudikan. Rupanya, motor yang sempat jatuh atau alami kecelakaan bukan satu - satunya penyebab stang motor goyang.

Namun, penyebab dari stang motor goyang ini bisa berbagai - jenis. Karena itu, kita perlu ketahui lebih dulu pemicunya. Sesudah kita mengetahui pemicunya, tentu saja kita bisa pilih cara memperbaiki stang motor goyang sesuai pemicunya.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Ini ditujukan supaya cara memperbaiki stang motor goyang pas target dan membuat stang jadi tenang dan nyaman karena konstan. Dalam masalah ini Mas David akan memberi info tentang beberapa penyebab dan cara memperbaiki stang motor goyang supaya jadi tenang dan nyaman saat dipakai.

Penyebab Stang Motor Goyang dan Cara Memperbaiki

Sebelum mengetahui cara untuk memperbaiki stang motor goyang kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Tanpa mengetahui penyebabnya tentunya kita akan salah dalam menentukan metode untuk memperbaiki stang motor yang goyang tersebut. Apabila ditelusuri, ternyata penyebab stang motor goyang itu lumayan beragam.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan stang motor Anda goyang. Seperti kondisi ban yang buruk karena sudah gundul, kondisi velg yang tidak mulus semisal ada retakan atau patahan, bearing roda yang rusak.

Selain itu juga penyebab stang motor goyang juga bisa disebabkan karena kondisi komstir yang berfungsi sebagai pengatur agar motor dapat belok kanan atau kiri sudah rusak, kondisi schokbreaker yang tidak presisi atau rusak, serta posisi yang tidak sejajar pada dudukan segitiga stang yang berfungsi sebagai penghubung antara stang dan shockbreaker.

Apabila Anda sudah mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa memperbaiki stang motor goyang dengan lebih efektif. Yuk sekarang kita simak apa sih penyebab stang motor goyang di bawah ini. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab stang motor goyang, antara lain.
  1. Kondisi Ban tidak Baik
  2. Kondisi Velg bermasalah
  3. Bearing Roda Aus
  4. Komstir Rusak
  5. Kondisi Shockbreaker Depan tidak sejajar
  6. Segitiga Dudukan Stang Bengkok
Motor yang dikendarai setiap hari dengan rutin bisa saja mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Kerusakan tersebut bisa menimbulkan stang motor goyang. Hal ini merupakan hal yang umum dan ketika terjadi jangan panik.

Apabila Anda mengalami masalah ini, ada beberapa penyebab yang bisa di cek terlebih dahulu. Sebaiknya jangan teruskan berkendara supaya tidak terjadi kecelakaan. Cek beberapa kondisi berikut ini yang bisa jadi penyebab stang motor goyang.

a. Kondisi ban tidak baik

Ban adalah bagian dari motor yang sangat penting. Ketika ban kempes atau bocor dan terus digunakan untuk berjalan, bisa merusak kondisi velg termasuk stang motor. Kondisi ban yang sudah tidak layak digunakan ada beberapa jenis.

Pertama, terdapat beberapa benjolan yang diakibatkan karena terlalu sering berbenturan dengan jalan rusak dan ban sudah tipis. Kedua adalah ban kempes, baik itu karena bocor atau kurangnya tekanan angin.

Ban yang kempes akan menimbulkan ketidakstabilan pada stang motor. Ketiga adalah ukuran ban yang tidak tepat dengan velg motor. Ketika ukurannya lebih kecil, maka kestabilan stang saat melewati jalan rusak akan berkurang.

b. Kondisi velg bermasalah

Penyebab kedua bisa juga berasal dari velg motor. Ada beberapa kondisi velg yang membuat stang motor jadi goyang. Pertama adalah velg bengkok karena sebelumnya motor pernah terjatuh atau mengendarai dalam kondisi ban kempes.

Kedua adalah karena velg retak yang membuat kondisinya tidak stabil ketika berjalan. Ada cara yang bisa digunakan untuk melihat kondisi velg ini. Standarkan motor dengan standar dua, kemudian putar roda dan lihat dari arah depan atau belakang.

Apabila velg yang berputar terlihat bergoyang artinya ada masalah pada velg, entah itu karena retak atau bengkok. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah velg adalah dengan menggantinya yang baru.

Anda tidak bisa mempertahankan dan menggunakan velg bengkok atau hanya dengan menambal bagian retakan. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan velg yang ukurannya tepat.

c. Komstir yang mulai longgar

Komstir adalah bagian dari kendaraan yang sangat penting dalam pengendalian laju motor. Letaknya terdapat pada rangka motor bagian depan, yakni di antara segitiga garpu. Komstir bisa rusak tergantung pada lama pemakaian kendaraan.

Kerusakan yang biasanya terjadi adalah komstir menjadi longgar dan menyebabkan stang sulit untuk digerakkan. Tanda-tanda yang terasa adalah stang menjadi goyang dan sulit untuk dibelokkan. Ketika Anda ingin belok, stang terasa akan berjalan lurus.

Bentuk dari komstir sendiri adalah bulat seperti donat dengan bola-bola kecil ada di dalamnya. Kerusakannya adalah ketika bola-bola di dalamnya mulai aus. Efek yang didapatkan adalah saat setting stang akan sulit dilakukan.

d. Bearing roda yang longgar

Bearing roda adalah leher yang terdapat pada bagian tengah roda. Fungsi utamanya adalah untuk membuat as roda tidak bergesekkan secara langsung dengan rumah roda. Bearing roda juga akan membuat putaran roda jadi lebih stabil.

Kerusakan yang terjadi pada bearing roda ini biasanya terdapat pada bantalan peluru bulat di dalamnya yang pecah. Cara mengecek apakah bearing roda yang menjadi penyebab stang motor goyang adalah dengan menggoyangkan roda ke arah kiri dan kanan.

Ketika roda terasa tidak kencang setelannya maka bearing pasti rusak dan stang motor pun goyang. Jika memang ini adalah masalahnya, maka segera ganti bearing roda dengan yang baru. Karena sama seperti komstir, ketika longgar maka tak bisa diperbaiki lagi.

Untungnya biaya komponen ini tidak terlalu mahal, jadi Anda tidak perlu khawatir soal biaya penggantian.

e. Masalah pada segitiga dudukan motor

Penyebab yang selanjutnya adalah segitiga dudukan motor yang merupakan komponen untuk menghubungkan stang dengan shockbreaker. Apabila pada bagian garpu kiri dan kanan tidak sejajar, maka akan menciptakan kondisi goyang pada stang motor.

Cara untuk mengetahui jika segitiga dudukan motor yang jadi penyebabnya adalah dengan mengeceknya langsung. Gunakan alat ukur fuller untuk mengukur kesejajaran dudukan segitiga motor tersebut di tempat yang datar.

Apabila muncul bagian yang tidak sejajar maka harus segera diperbaiki. Cara memperbaiki stang motor goyang karena masalah ini adalah dengan pergi ke bengkel resmi. Dudukan tersebut akan dipress, sehingga posisinya bisa kembali seperti semula.

f. Ada masalah pada shockbreaker

Penyebab terakhir yang bisa membuat stang tidak stabil adalah shockbreaker. Ada dua masalah yang bisa muncul, pertama karena shockbreaker bergeser dan tidak lurus. Biasanya masalah pertama ini terjadi karena motor mengalami benturan keras.

Kedua adalah masalah pada bantalan karet yang tidak rapat. Apabila shockbreaker dalam kondisi salah satu hal tersebut, maka stang otomatis akan goyang.

Mengapa begitu? Karena fungsi utama dari shockbreaker adalah untuk mencengkeram roda dan menyerap kejutan saat berjalan di permukaan yang tidak rata. Ketika settingan karetnya tidak rapat atau ada pergeseran, maka stang akan terasa goyang.

Cara Memperbaiki Stang Motor

Stang pada motor ialah sisi yang penting untuk jaga kesetimbangan dan pergerakan motor. Tanpa stang Anda pasti susah untuk memakai, bahkan juga mobil sekalinya. Jika Anda alami stang motor goyang dan perlu menukar salah satunya elemen tidak boleh kerjakan sendiri.

1. Ganti Ban

Cara memperbaiki stang motor goyang yang disebabkan oleh ban ialah menukarnya sama yang baru. Yakinkan ukuran ban dengan velg sama sesuai standard pabrikasi dan tidak boleh membeli ban sisa. Belilah ban baru yang keadaannya masih bagus, tidak begitu tipis hingga kuat.

Janganlah lupa untuk pastikan angin pada kendaraan mempunyai penekanan yang cocok. Ban kempes atau terlampau keras membuat stang tidak konstan. Hingga mengusik kenyamanan saat berkendaraan.

Keadaan ban yang kurang angin atau botak dapat mengakibatkan stang motor goyang atau mungkin tidak konstan. Ukuran ban yang tidak sesuai standard bisa juga membuat stang goyang saat melalui jalan hancur akan berlubang. Check adakah tonjolan pada ban yang umumnya karena dari bentrokan dengan batu atau ketebalan ban mulai menyusut. Bila pemicunya karena ban, lebih bagus tukar sama yang baru.

2. Press Velg

Penyebab stang motor goyang juga bisa karena ada kerusakan di bagian velg. Bisa jadi velg alami peyang karena menghajar lubang saat kecepatan tinggi. Untuk ketahui keadaan velg masih konstan, pasang standard dua motor lalu putar ban motor.

Lihat dari sisi depan, bila bergoyang bisa ditegaskan velg memiliki masalah. Jalan salah satu untuk menangani permasalahan velg dengan menukarnya sama yang baru. Janganlah lupa untuk selalu memakai velg yang ukuran sama sesuai standard motor Anda.

3. Memperbaiki Komstir

Cara memperbaiki stang motor goyang karena permasalahan komstir ini ialah menukar sama yang baru. Tidak ada cara lain untuk memperbaiki komstir yang telah kendur. Bahkan juga dengan memberi pelumas juga tidak punya pengaruh.

Kendur Komstir ialah sisi dari kendaraan yang penting dalam pengaturan pergerakan motor. Terletak ada pada kerangka motor sisi depan, yaitu antara segitiga garpu. Kerusakan yang umumnya terjadi ialah komstir jadi kendur dan mengakibatkan stang susah untuk digerakkan.

Pertanda yang dirasa ialah stang jadi goyang dan susah untuk dibelokkan. Saat Anda ingin belok, stang berasa akan jalan lempeng. Untuk kembalikan stir motor supaya tidak goyang, tidak ada cara lain selainnya menukarnya sama yang baru.

4. Ganti Bearing Roda

Selain masalah pada komstir dan kaki-kaki, penyebab stang motor goyang adalah kerusakan pada bearing roda. Bearing sendiri berfungsi untuk menjaga agar as roda tidak langsung bergesekan dengan rumah roda. Selain itu, bearing memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan putaran roda, sehingga motor bisa melaju secara stabil.

Di dalam bearing tersedia bantalan peluru berbentuk bulat yang bisa pecah sewaktu-waktu. Nah apabila bantalan peluru tersebut pecah, maka kestabilan roda terganggu dan menjadikan stang goyang. Untuk mengecek kerusakan tersebut, kita hanya perlu menggoyang roda ke kanan dan ke kiri. Nah apabila roda terasa oblak, maka bisa dipastikan penyebab stang goyang adalah kerusakan pada bearing.

Bearing yang sudah rusak akan sulit diperbaiki. Paling tidak masbro harus membeli bearing yang baru. Lagi pula harga bearing motor cukup terjangkau, jadi tak jadi masalah asalkan motor kembali stabil dan nyaman dikendarai.

5. Pres/Las Segitiga Stir

Cara menangani stang motor goyang setelah itu dengan mengecek segitiga dudukan stang. Pasalnya elemen itu berperan untuk menyambungkan di antara stang dan shockbreaker. Nach jika status shockbreaker kanan dan kiri yang ditaruh pada segitiga stang motor tidak akurat, maka jadikan stang goyang.

Penyebab permasalahan di atas bukan karena shockbreaker, tetapi segitiga dudukan stang yang tidak sejajar. Untuk menangani permasalahan itu, masbro perlu tiba ke tukang press supaya status segitiga duduka stang kembali akurat.

6. Service Shockbreaker

Penyebab paling akhir yang dapat membuat stang goyang ialah shockbreaker. Ada dua permasalahan yang dapat ada, pertama karena shockbreaker berubah dan tidak lempeng atau bantalan karet yang tidak rapat.

Cara memperbaiki bila permasalahannya karena hal itu, Anda harus membawa ke bengkel berlangganan. Mekanik bengkel langsung akan melakukan perbaikan, baik itu kencangkan bantalan karet atau kembalikan status shockbreaker seperti

7. Bawa langsung ke Bengkel

Sebetulnya jalan keluar terbaik untuk memperbaiki stang motor goyang dengan kita ke bengkel, karena di bengkel motor kita akan diatasi oleh teknisi yang sudah eksper.

Tetapi, seharusnya rekan - rekan perlu ketahui lebih dulu peluang penyebab stang motor jadi goyang.

Hingga, saat kita bawa pergi motor ke bengkel kita dapat sampaikan keluh kesah - keluh kesah yang terjadi pada motor yang memungkinkannya jadi penyebab stang motor jadi goyang.

Beberapa point di atas tentu saja memberi penglihatan lain jika stang motor goyang bisa disebabkan karena banyak hal, bukan karena hanya motor pernah pernah jatuh atau alami kecelakaan.

Tentu saja, dari tiap penyebab itu akan membuat cara memperbaiki stang motor goyang tidak sama.

Seharusnya, kita lakukan pengujian periodik pada tiap sparepart yang ada di motor, ditambah yang terkait langsung dengan stang, baik keadaan ban, keadaan velg, status bearing roda, keadaan komstir, keadaan shockbreaker, atau keadaan segitiga dudukan stang.

Hingga, dengan keadaan dari tiap sparepart yang bagus dan tidak alami kerusakan, akan membuat pengendara sepeda motor jadi merasakan aman, ditambah stang motor jadi tenang dan nyaman.

Disamping itu, jika dibutuhkan pergantian sparepart, Mas David anjurkan rekan - rekan ke bengkel sah sepeda motor, hingga sparepart yang dipakai mempunyai kualitas yang bagus dan tentu saja orisinal.

Ini karena sparepart yang orisinal umumnya lebih tahan lama dan mempunyai periode saat yang semakin lama dalam penggunanya.

Demikianlah informasi yang bisa Mas David bagi berkenaan cara memperbaiki stang motor goyang supaya jadi tenang dan nyaman untuk dipakai dalam aktivitas satu hari - hari. Hingga, akan menambahkan perasaan aman rekan - rekan dalam memakai motor kecintaannya.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang"