close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Materi Profesi dan Kewirausahaan dibidang Otomotif

Adapun tujuan mempelajari Materi Profesi dan Kewirausahaan dibidang Otomotif kalian diharapkan dapat :
  • Menjelaskan jenis profesi di bidang otomotif
  • Menjelaskan peluang usaha dibidang otomotif
  • Menjelaskan peluang usaha jual beli bidang otomotif
  • Menjelaskan peluang usaha industri otomotif
3.1 Apersepsi

Perhatikan gambar 3.1 dibawah ini!

Materi Profesi dan Kewirausahaan dibidang Otomotif


Gambar 3.1 Trilogi technopreneurship
Sumber : https://accurate.id/

PROFESI DAN KEWIRAUSAAN OTOMOTIF

Apa yang kalian tahu tentang gambar diatas?

3.2 Pengantar Materi

Dengan kemajuan teknologi saat ini, seorang technopreneur memulai bisnisnya hanya dengan ide secara spontanitas dan kreativitas. Dia mengidentifikasi praktik saat ini dan menilai beberapa ide baru untuk melakukan sesuatu yang berbeda, sebagai contoh adalah bidang otomotif baik roda empat atau pun roda dua. Bidang otomotif menjadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan di Indonesia.

Bisnis yang berkaitan dengan kendaraan mobil dan motor ini juga sangat menguntungkan jika dikembangkan dengan benar seperti yang sering kita lihat bengkel mobil atau motor yang ada di setiap sudut jalan raya. Bagi Anda yang memiliki hobi atau kesukaan di bidang otomotif, sangat cocok menjalankan bisnis otomotif ini. Faktor utama yang mendukung bisnis di bidang otomotif ini adalah dengan kebutuhan otomotif di masyarakat yang semakin meningkat.

Kewirausahaan dibidang otomotif harus menggabungkan antara teknologi dan entrepeneur, karena seorang pengusaha tanpa adanya pembaruan teknologi akan tertinggal dan punah. Seperti contoh dulu banyak orang menggunakan angkutan becak atau delman dengan tenaga manual, lama kelamaan jasa angkutan tersebut kurang diminati masyarakat lebih memilih angkutan dengan kendaraan bermotor. 

Persaingan jasa angkutan untuk saat ini dikota-kota dengan kemajuan teknologi komunikasi, jasa angkutan kendaraan bermotor manual mulai ditinggalkan pelangganya karena munculnya ojek online.

Tugas 3.1. Technopreneurship
Bersama teman kelompok lakukan pencarian melalui buku bacaan di perpustakaan atau melalui internet tentang :
• Perbedaan entrepreneur, intrapreneur dan technopreneur.
• Kisah tokoh entrepeneur/technopreneur yang sukses.
Apa yang anda pahami, tuliskan analisa kalian pada lembar berikut :

A. PROFESI KERJA DI BIDANG MESIN DAN OTOMOTIF

Perlu kalian diketahui bahwa profesi dan pekerjaan merupakan hal yang berbeda dimana profesi bagian pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian khusus.

Pengetahuan dalam profesi diperoleh dari pendidikan formal seperti sekolah, pelatiahan-pelatihan dan sebagainya, sedangkan keterampilan dan keahlian diperoleh dari pengalaman kerja.
Gambar 3.2 Pekerjaan pada perakitan mobil
Sumber : https://asia.nikkei.com/

profesi di bidang otomotif yang berarti seseorang mampu menguasai ilmu yang berhubungan dengan dunia otomotif. Adapun beberapa profesi di bidang otomotif antara lain :

1. Profesi kerja / jabatan di bengkel otomotif.
Profesi kerja / jabatan di bengkel otomotif berbeda-beda tergantung kebuutuhan dari bengkel tersebut berikut beberapa jabatan dalam bengkel otomotif 

a. Kepala Cabang (Branch Head)
Membuat perencanaan strategis arah dan target dari intrksi pusat, dalam pengelolaan penjualan, administrasi service dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada

b. Kepala Bengkel (Workshop Head)
Mengelola segala kegiatan bengkel dalam rangka meningkatkan mutu dan kecepatan pelayanan sesuai prosedur operasional standar.

c. Kepala Mekanik (Service Advisor)
Mengatur dan mengordinasi mekanik dalam melaksanakan pekerjaanya serta mengontrol keluhan pelanggan.

d. Partman
Mengelola barang masuk dan keluar, jual-beli pengambilan suku cadang yang dibutuhkan mekanik.

e. Front desk
Menerima keluar masuk pelanggan yang datang untuk melakukan berbagai layanan bengkel.

f. Kepala regu
Mengembangnkan, mengawasi dan membantu kerja mekanik dalam menghadapi persoalan trouble shooting.

g. Mekanik
Mengerjakan perbaikan dan perawatan kendaraan sesua kebutuhan pelanggan.

h. Office boy
Menjaga dan merawat area bengkel agar selalu nyaman dan bersih.

i. Sales
Sales yaitu segala aktivitas penjualan barang / jasa, biasanya sales dalam menjalan kegiatan menggunakan tiga strategi antara lain :
  • Menentukan daerah atau wilayah, untuk menentukan peluang dalam penjualan barang/jasa.
  • Strategi menentukan kekuatan atau kelebihan barang /jasa yang akan di jual
  • Target pasar untuk menentukan jumlah pelanggan yang harus dicapai. Target pasar inilah yang seringkali menjadi kunci keberhasilan dari seorang sales.
2. Profesi kerja / jabatan di industri otomotif
Adapun golongan pokok area pekerjaan industri kendaraan bermotor roda empat sub area pekerjaan sesuai SKKNI nomor 179 TAHUN 2020 antara lain:

1. Casting
adalah proses pembuatan produk dengan menggunakan teknik pengecoran.
Gambar 3.3 Casting pengecoran logam
Sumber : https://intercast.com/

2. Stamping
Yaitu proses pembentukan bahan baku logam baik menggunakan panas atau tidak kemudian dilakukan penekanan atau di press.

Gambar 3.4 Mesin stamping
Sumber: Sumber: Sumber: Sumber: https ://rcincorporated.com/

3. Welding
Welding adalah proses menyatukan dua buah logam atau lebih dengan menggunakan panas untuk mencairkan logam yang akan disatukan dengan bahan tambah atau tidak dan menghasilkan sambungan yang kuat.

4. Assembly
adalah salah proses perakitan komponen atau bagian-bagian menjadi satu kesatuan, dalam industri otomotif berati perakitan komponen otomotif.

Gambar 3.6 Assembling
Sumber: https://www.assemblymag.com

5. Production maintenance
Ialah proses yang digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas produksi dengan cara merawat peralatan kerja seperti mesin, equipment dan lainya, agar tetap terjamin kualitas produk yang dihasilkan.
Gambar 3.7 Maintenance produksi
Sumber: https://img.testdriveguru.in/

6. Painting
Ialah proses pelapisan pada material dalam hal ini logam supaya terlindung dari pengaruh suhu dan kelembaban sehingga tahan dari karat, painting juga berfungsi memperindah tampilan dengan berbagai warna pilihan.
Gambar 3.8 Painting vehicle
Sumber: https://dc-corp.resource.bosch.com/

7. Quality Control
Proses pemeriksaan visual untuk menguji produk dari kesalahan yang timbul sehingga dapat di jaga kualitasnya. Pemeriksaan dilakukan pada awal produksi, selama produksi dan setelah produksi.
Gambar 3.9 Quality Control
Sumber: https://t1-cms-1.images.toyota-europe.com/

8. Logistic
Yaitu proses pengaturan bahan baku, bahan jadi dalam pendistribusianya, kegiatan ini biasanya meliputi perencanaan, implementasi, perawatan dan pengawasan pada perpindahan barang dan perlengkapan dari tempat awal sampai tempat penggunaanya.

TUGAS MANDIRI
1. Carilah melalui internet tentang jenis-jenis profesi di bidang otomotif dengan gaji yang besar.
2. Dari berbagai jenis profesi bidang otomotif, Jenis profesi apa yang akan kalian pilih ? jelaskan!!!
3. Langkah apa yang akan kalian tempuh untuk dapat mewujudkan profesi tersebut?
Lembar Tugas
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

B. PELUANG USAHA BIDANG JASA OTOMOTIF

Bidang otomotif juga menjadi salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Bisnis yang berkaitan dengan kendaraan mobil dan motor ini juga sangat menguntungkan jika dikembangkan dengan benar. Seperti yang sering kita lihat bengkel mobil atau motor ada di setiap sudut jalan raya. Bagi Anda yang memiliki hobi atau kesukaan di bidang otomotif, sangat cocok menjalankan bisnis otomotif ini. Faktor utama yang mendukung bisnis di bidang otomotif ini adalah dengan kebutuhan otomotif di masyarakat yang semakin meningkat.

Jenis usaha bidang otomotif yang paling sering dipilih oleh banyak orang, diantaranya yaitu jasa perawatan atau perbaikan kendaraan, jasa transportasi hingga franchise di bidang otomotif. Berikut ini beberapa jenis peluang usaha otomotif yang paling umum di Indonesia :

1. Bengkel Servis Mesin Mobil dan Motor
Bengkel merupakan salah satu jenis usaha otomotif yang paling banyak dipilih. Misalnya bengkel yang melayani servis ringan atau servis rutin pada kendaraan. Contohnya membersihkan karburator, ganti oli, membersihkan radiator atau servis yang lainnya. Ketika memiliki usaha bengkel ini, menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen adalah hal penting yang harus dilakukan.

2. Jasa Montir Panggilan
Jasa montir panggilan merupakan salah satu pilihan tepat dalam usaha, karena sering kendaraan mengalami masalah ringan yang perbaikanya tidak harus dibawa ke bengkel. Usaha ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang otomotif.

3. Jasa Air Brush, Cutting Sticker Mobil Branding
Dibutuhkan keahlian khusus dalam bisnis yang satu ini. Terutama dalam bidang seni gambar. Hasil pekerjaan Anda akan terlihat dari body bus, bak truk, mobil-mobil perusahaan, body motor, dan sebagainya.

4. Jasa Cuci Mobil dan Motor
Usaha cuci mobil dan motor merupakan usaha pilihan yang tepat karena setiap pengguna kendaraan tersebut memerlukan kendaraanya selalu tampil bersih dan mengkilap, pada saat melewati jalan yang berlumpur membuat kendaraan akan kotor namun tidak semua orang memiliki waktu yang lebih untuk membersihkanya.

Usaha cuci mobil dan motor ini dapat dilakukan dengan skala perumahan hingga pencucian dengan peralatan lengkap seperti single posh car lift dan lain sebagainya.

5. Bengkel Modifikasi
Bengkel ini biasanya khusus menerima modifikasi pada motor atau mobil yang kini mulai banyak dilirik oleh para pebisnis pemula. Bagi konsumen yang hobi otomotif, biasanya tidak akan ragu mengeluarkan uang dalam jumlah besar dalam memodifikasi kendaraan mereka. Ada pula kendaraan yang dimodifikasi karena urusan perniagaan.

6. Jasa Instalasi Audio atau Video Sound System Mobil
Kebanyakan orang yang mempunyai hobi mendangarkan musik dan bernyanyi, biasanya kurang puas dengan sound system standar bawaan mobil, mereka cenderung menggantinya dengan biaya yang tinggi untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.

C. PELUANG USAHA JUAL BELI BIDANG OTOMOTIF

Semakin banyaknya pengguna kendaraan baik roda dua, roda empat atau lebih maka akan membuka peluang untuk melayani kebutuhan meraka, baik dari segi spare part komponen tambahan dan lain sebagainya.

Setiap tahun produk kendaraan mengeluarkan jenis dan model baru membuat pengguna kendaraan menjual kendaraan lamanya dan membeli produk kendaraan yang baru tersebut.

Ada beberapa bisnis jual beli di bidang otomotif yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk usaha yaitu :

1. Jual beli Aksesoris
Jual beli aksesoris kendaraan merupakan salah satu usaha perlengkapan kendaraan, sehingga kendaraan akan terlihat lebih keren atau mempunyai nilai lebih sehingga pengendara akan semakin percaya diri dalam mengendarai kendaraanya, barang barang aksesoris sangat banyak dalam otomotif yang sering diminati masyarakat antara lain : perangkat audio, alarm, kaca film, knalpot, ban, velk dan lain sebagainya.

2. Jual beli Spare Part.
Setiap kendaraan yang digunakan akan mengalami penurunan kinerjanya, maka setiap kendaraan membutuhkan perawatan, baik perawatan pada mesin atau pada sasis sehingga kendaraan selalu dalam kondisi maksimal untuk menghindari kerusakan lebih parah pada kendaraanya.

Spare part yang paling dibutuhkan yaitu jenis spare part yang mempunyai batas waktu pemakaian seperti, oli mesin, kampas rem, saringan oli saringan udara, busi, dan lain sebagainya.

3. Jual beli Kendaraan Bekas
Jual beli kendaraan bekas sangat diminati masyarakat indonesia di kalangan ekonomi tertentu, kendaraan bekas menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau.

Tempat penjualan mobil bekas sering dikenal dengan nama showroom kendaraan, namun akhir akhir ini jual beli kendaraan bekas lebih diminati secara online dengan memanfaatkan beberapa aplikasi sosial dan market place.

4. Jual jasa sewa kendaraan
Sewa kendaraan di daerah tertentu sangat menjanjikan seperti daerah pariwisata seperti di bali dan daerah lain, pada usaha ini harus memiliki cukup modal karena satu unit kendaraan saja harganya lumayan besar. Jenis sewa kendaraan yang umum antara lain sepeda motor, mobil, truck, bus dan lain sebagainya.

D. PELUANG USAHA INDUSTRI BIDANG OTOMOTIF

Pemerintah Indonesia bertekad untuk mengubah Indonesia menjadi pusat produksi global untuk manufaktur mobil dan ingin melihat produsen-produsen mobil yang besar untuk mendirikan pabrik-pabrik di Indonesia karena negara ini bertekad untuk menggantikan Thailand sebagai pusat produksi mobil terbesar di Asia Tenggara dan wilayah ASEAN. Dalam jangka panjang, Pemerintah ingin mengubah Indonesia menjadi sebuah negara pemanufaktur mobil yang independen yang memproduksi unit-unit mobil yang seluruh komponennya dimanufaktur di Indonesia.

Seperti kalian ketahui satu unit mobil saja membutuhkan puluhan bahkan ratusan industri kecil untuk memasoknya, di indonesia industri kecil masih terbatas untuk dapat memasok komponen otomotif, ini suatu tantangan buat kalian melihat adanya peluang yang besar dalam industri kecil pemasok komponen otomotif ini.

Industri manufaktur otomotif di Indonesia didominasi oleh industri yang memprokduksi spare part dan aksesories kendaraan. Ada ratusan industri kecil dan menengah dibidang industri otomotif antara lain : pembauatan helm, shockbreaker, velk, bak truck (box atau pick up), kampas rem, spion, bearing, jok motor, ban, busi, gear, rantai, kabel rem, kabel kopling, seal, accu, baut, cover handle, tutup bensin, piston, platina, koil, kondensor, kap mesin, speedo meter dan lain sebagainya.

Beberapa industri kecil yang sudah memproduksi komponen otomotif antara lain, koperasi batur jaya (KBJ) klaten, beberapa sentra logam di Tegal, Purbalingga, Semarang, Yogyakarta, Sukabumi, Pasuruan Sidoarjo dan Jabodetabek.

Industri Kecil Menengah (IKM) ini terus berkembang disamping tantangan pandemi Covid dan revolusi industri 4.0. yang menuntut kecanggihan teknologi untuk dapat bersaing. Teknologi otomotif indonesia saat ini sedang mengembangkan kendaraan ramah lingkungan atau mobil listrik, walupun di berbagai negara sudah mengembangkan kendaraan otonom seperti google dan tesla yang sudah berhasil mengujicoba produk mobil otonom mereka.

Contoh beberapa IKM di indonesia sebagai referensi kalian dalam usaha di bidang industri otomotif antara lain :
  • PT Senalapan Perkasa Indonesia memproduksi berbagai mesin pencuci otomotif seperti ultrasonic washer, dry ice blasting, dsb. http://ultrasonic.co.id/
  • PT. Ganding Toolsindo bergerak dalam penyediaan peralatan rumah tangga dari logam, aksesoris atau komponen otomotif. http://gandingtoolsindo.co.id/
  • UD. Cantenan Jogja bergerak pada bidang industri jasa pengecoran logam yang juga menyediakan produk aksesori dari logam seperti tempat lilin dari logam, asbak, juga knalpot logam dan sebagainya. http://cantenanlogam.com/
  • PT. Fuboru Indonesia merupakan perusahaan industri yang bergerak pada bidang aksesoris dan komponen otomotif dari logam. http://fuboruparts.co.id/
  • PT. BIMUDA KARYA TEKNIK Bimuda Karya Teknik bergerak pada bidang industri komponen otomotif dan furniture. http://www.suryaabadisteel.com/
  • PT REKADAYA KREASI PT Rekadaya Kreasi bergerak pada bidang produksi mesin Aksesoris atau komponen otomotif dan mesin pertanian juga perkebunan. http://rekadaya-kreasi.co.id/
  • PT. ARDON INTI PRESISI Ardon Inti Presisi bergerak pada kategori alat angkut dalam produksi komponen otomotif, serta produk elektronik. http://machiningfabrikasi.co.id/
  • PT Sun Auto Acessoris bergerak pada bidang kategori alat angkut dengan spesialisasi produksi aksesoris / komponen otomotif. http://sunauto.co.id/
RANGKUMAN
  1. Beberapa profesi di bidang otomotif antara lain : Desainer Industri, Operator Industri, Mekanik Industri, Mekanik Bengkel, Sales.
  2. Berikut ini beberapa jenis peluang usaha otomotif yang paling umum di Indonesia : Bengkel Servis Mesin Mobil dan Motor, Jasa Montir Panggilan, Jasa Air Brush, Cutting Sticker Mobil Branding, Jasa Cuci Mobil dan Motor, Bengkel Modifikasi, Jasa Pemasangan dan Instalasi Audio atau Video Sound System Mobil.
  3. Peluang usaha jual beli bidang otomotif : Toko Aksesoris, Jasa Service dan Spare Part, Jual beli Kendaraan Bekas, Bisnis Rental Mobil, Usaha Cuci Mobil atau Motor.
  4. Industri manufaktur otomotif di Indonesia didominasi oleh industri yang memprokduksi spare part dan aksesories kendaraan. Ada ratusan industri kecil dan menengah dibidang industri otomotif antara lain : pembauatan helm, shockbreaker, velk,bak truck (box atau pick up), kampas rem, spion, bearing, jok motor, ban, busi, gear, rantai, kabel rem, kabel kopling, seal, accu, baut, cover handle, tutup bensin, piston, platina, koil, kondensor, kap mesin, speedo meter dan lain sebagainya.
Demikian materi profesi dan kewirausaan  dibidang otomotif yang bisa dipaparkan. Semoga bisa membantu.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Materi Profesi dan Kewirausahaan dibidang Otomotif"