-->

Efek Negatif Strut Bar Dan Positif: 5 Dampak Dan Ulasan

Begini efek negatif dan positif pemasangan strut bar pada sasis kendaraan - Penerapan strut bar pada bagian suspensi beberapa mobil diharapkan mendapat performa tinggi dan biasanya disukai pemilik yang suka modifikasi. Akan tetapi pemasangan komponen strut bar ini dapat memiliki efek negatif dan positif.
Adapun komponen ini terpasang pada ke-2 baut atas shock suspensi di sisi depan sebuah mobil membentang diatas mesin atau dibawah kap mobil. Secara umum strut bar ini digunakan untuk menjaga kestabilan suspensi kendaraan. Dimana komponen ini dipakai untuk memperkuat kaki-kai bagian depan yang biasanya memakai sebuah palang besi yang dibautkan kedua suspensi depan.
Apa sih yang diperoleh pemilik mobil apabila mengaplikasikannya pada suspensi? Dilansir dari situs lifefal.co.id mengenai produk strutbar, bahwa dengan pemakaian strut bar biasanya akan mengurangi elastisitas suspensi sehingga meningkatkan kekakuan mobil saat membelok. Strut bar membuat proses berbelok jadi lebih kokoh dan stabil.

Efek Negatif Strut Bar Dan Positif: 5 Dampak Dan Ulasan

Apa lagi saat mobil tengah membelok saat dipicu dengan kecepatan tinggi. Untuk lebih jelasnya terkait efek negatif dan positif pemasangan strut bar pada mobil akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Efek Negatif Strut Bar

Apakah ada konskuensi tidak bagus dari pemakaian strutbar? Berikut beberapa dampak atau efek negatif dari pemasangan strut bar pada kendaraan. Namun ini tidak menjadi patokan, memang negatif bagi mobil untuk keperluan sehari-hari, tetapi akan lain halnya pada mobil hard cornering Efek negatif strut bar tersebut terdiri dari:

Menambah sifat rigid atau kaku

Ada hal lainnya memang berfungsi untuk menghubungkan sasis, strut bar juga berperan untuk memberi sifat rigid atau kaku pada suspensi mobil. Dimana efek strut bar yang satu ini dapat dirasakan ketika mobil berbelok. 

Pada suspensi mobil akan terasa adanya tekanan pada permukaan jalan. Pada kondisi tersebut, strut bar akan menjaga tekanan pada kedua sisi mobil sehingga mobil jadi lebih seimbang. 

Ketika mobil lebih seimbang, maka handling mobil saat melintasi tikungan juga akan semakin stabil. Lebih-lebih lagi kalau mobil dipacu dengan kecepatan tinggi di tikungan.

Mengurangi fleksibilitas suspensi

Efek pemasangan strut bar ini memang akan membuat fleksibilitas suspensi berkurang. Akan tetapi, hal ini bertujuan untuk mengurangi ayunan berlebih sehingga mobil tetap seimbang meskipun melaju dalam kecepatan tinggi. 

Kendaraan juga jadi lebih mudah mengendalikannya karena traksi ban dan roda bagian kiri dan kanan bisa berputar secara optimal. Tak hanya mengurangi fleksibilitas suspensi, kendaraan juga mungkin akan merasa kurang nyaman saat berkendara di jalan yang tidak rata dan berlubang. 

Kok bisa? Iya karena hal ini suspensi menjadi lebih kaku, namun percaya lah bahwa kekakuan akan membuat mobil stabil saat berada di tikungan tajam. 

Beban Kerja Lebih Berat

Efek negatif lain dari pemasangan strut bar yaknik beban kerja menjadi lebih besar. Beban kerja ban makin berat karena gaya saat bermanuver akan tertumpu pada ban, akan sangat terasa pada jalan basah karena grip ban lebih sulit diketahui karena bodi roll yang kurang.

Karena alasan ini kami sarankan untuk memilih stabilizer sesuai keperluan, sumbangsih pada kenyamanan berkendaraan tidak sesuai dengan peralihan karakteristik sebuah mobil yang mempunyai potensi mencelakakan.

Kenyamanan Menyusut

Efek negatif yang terakhir dari pemasangan strut bar atau stabilizer bar yaitu kenyaman berkendaraan jadi menyusut. Mobil yang terpasangkan strut bar dan sway bar tentu saja akan jadi lebih rigid karena elastisitas suspensi yang menyusut.

Hal itu karena elastisitas suspensi pada sasis sudah direduksi oleh strut bar, kenyamanan berkendaraan tentunya akan makin sedikit, walau kestabilan terwujud secara baik.

Efek Positif Pemasangan Strut Bar

Namun selain efek negatif terdapat pula efek positif pemasangan dari strut bar pada kendaraan diantaranya yaitu:

Kestabilan Bertambah

Efek positif strut bar yang pertama yaitu kestabilan meningkat. Strutbar dipakai untuk memperkuat kaki sisi depan yang biasanya memakai batang besi yang menyangkutkan ke-2 suspensi depan. Dengan pemakaian strutbar biasanya akan tingkatkan 'kekakuan' mobil saat membelok. Strut bar membuat proses meliak-liuk jadi lebih teratasi dan stabil.

Apa lagi saat mobil tengah membelok saat dipicu dengan kecepatan tinggi. Feature ini benar-benar bermanfaat jaga kestabilan mobil di jalan menikung ekstrim.

Performa

Efek positif lain dari pemasangan strut bar yaitu menambah dari segi tampilan. Kadang strut bar cuma dipakai sebagai salah satunya aksesori. Elemen ini terpasang untuk menambahkan performa dari mobil supaya lebih gagah.

Membagi gaya pada kedua roda

Dengan terikatnya kedua baut suspensi kiri dan kanan sehingga mereka terhubung oleh strutbar ini dapat membagi gaya dan tekanan pada kedua poros roda saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi 

Disaat suspensi mulai bergerak, gaya yang sudah dibagi akan membuat kedua roda mobil ikut berputar secara maksimal. peristiwa ini dikarenakan strutbar mengikat support atas dari shockbreaker kiri dan kanan.

Mengurangi body roll

Apa kontribusis strut bar selanjutnya yakni dapat mengurangi body roll. Body roll atau mobil limbung adalah suatu kondisi di mana mobil terlempar keluar dari jalur jalan.

Kondisi ini biasanya terjadi saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi lalu ingin berbelok atau melakukan manuver yang sangat tajam. Akibatnya, mobil jadi terlempar keluar area jalan. 

Namun, kondisi ini tidak akan terjadi apabila kamu menggunakan strut bar pada ruang mesin mobil. Strut bar akan menjaga kondisi mobil tetap stabil meskipun mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi saat ingin berbelok atau melakukan manuver. 

Menjaga kestabilan mobil

Menurut pemilik mobil yang sudah berpengalaman memakai strutbar, bahwa penggunaan strut bar sangat direkomendasikan untuk mobil yang sering dikendarai dengan kecepatan tinggi. Apa alasanya? adalah salah satu fungsi strut bar adalah komponen ini dapat menjaga mobil agar tetap stabil sehingga mudah untuk dikendalikan. 

Untuk mobil jenis sport tidak perlu lagi memasang strut bar ini karena biasanya memang sudah dilengkapi dengan komponen ini. Namun, untuk mobil pada umumnya bisa menambahkan strut bar meskipun tidak terlalu berpengaruh. 

Namun, jika kendaraan dipakai untuk melintasi jalan bebas hambatan atau tol, pemasangan strut bar ini akan sangat direkomendasikan karena bisa menjaga kestabilan dan keselamatan saat berkendara sekaligus meminimalisir terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh mobil lepas kendali. Akan tetapi, apabila hanya dikendarai di jalanan perkotaan yang rawan macet, sebaiknya kamu tidak memasang komponen ini. 

Tidak hanya kurang berfungsi, pemasangan strut bar pada mobil yang dikendarai di jalanan yang rawan macet juga hanya membuang-buang uang saja karena harga strut bar sendiri terbilang tidak murah. 

Untuk masalah harga strut bar bagian depan berkisar antara Rp700.000 hingga Rp1.300.000, sementara strut bar belakang sekitar Rp1.400.000 hingga 1.500.000. Harga bisa berbeda, tergantung masing-masing merk strut bar yang kamu pilih. 

Sekarang ini sobat sudah mengetahui efek negatif maupun positif pemasangan strut bar pada kendaraan. Mudah-mudahan dapat menambah masukan untuk pertimbangan memakai strutbar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel