Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara bongkar ac tanpa membuang freon aman


Cara bongkar AC tanpa membuang freon aman dilakukan sepanjang mengikuti prosedur kerja yang diinstruksikan oleh pabrikan. Instruksi ini berupa prosedur kerja dan peringatan penting mengenai keselamatan kerja menangani unit AC.

Peringatan penting mengenai keselamatan kerja menangani unit AC

AC Split rumah memiliki komponen-komponen yang perlu ditangani dengan hati-hati. Seperti freon, kapasitor, unit outdoor dan kelistrikan. Jika terjadi kesalahan atau salah penanganan pada komponen penting ini, dapat menyebabkan kerusakan unit dan juga dapat mencemari lingkungan.

1. Freon

Keselamatan kerja dalam menangani freon adalah tidak membuang freon langsung keudara bebas. Anda perlu membuang freon dengan terlebih dahulu melewatkannya melalui media air. Anda dapat menggunakan botol kemasan air mineral berisi air, kemudian mencelupkan selang manifold pembuangan freon kedalam botol berisi air selama proses pembuangan. Jangan sesekali mengangkat selang sehingga menyebabkan freon terbuang ke udara bebas. Freon sangat abrasive terhadap lapisan ozon, sehingga harus dihindari membuang langsung ke udara bebas.

2. Unit Outdoor

Pada unit outdoor AC split anda perlu melakukan penanganan yang hati-hati saat bekerja melepas dan memasang AC. Unit outdoor AC split ini memiliki kisi-kisi aluminium tipis untuk mempercepat pelepasan panas freon ke udara bebas. Kisi-kisi ini mudah bengkok atau rusak jika terkena benda keras.

3. Kelistrikan

Keselamatan kerja saat menangani listrik AC split sangat perlu anda terapkan agar terhindar dari hal-hal yang merugikan, seperti korslet, tersengat listrik atau bahkan terbakar. Terutama pada bagian kapasitor, anda tidak boleh menyentuhnya sembarangan. Komponen ini menyimpan muatan listrik yang besar dan akan dilepaskan jika anda menyetuhnya.

4. Pipa-pipa AC Split

Keselamatan kerja pada penanganan pipa AC split adalah menutup lubang pipa dengan kain atau plastik bersih. Hal ini bertujuan agar tidak masuk debu atau kotoran kedalam pipa. Jika debu atau kotoran masuk kedalam pipa dan kita pasang, debu atau kotoran akan ikut bersirkulasi dengan freon. Pada bagian sempit debu atau kotoran ini akan menyumbat aliran freon.

Cara bongkar ac tanpa membuang freon aman

Setelah memahami bagian keselamatan kerja saat bekerja memasang atau membongkar AC split. Kita akan membahas cara bongkar ac tanpa membuang freon aman. Kita perlu melakukan langkah-langkah kerja yang tepat untuk menangani bongkar AC agar freon tetap didalam sistem. Sehingga saat memasang AC split kembali kita tidak perlu menambahkan freon kembali.

Prinsip cara bongkar ac tanpa membuang freon aman adalah dengan menyimpan freon kedalam kondensor dan kompressor unit outdoor. Kita perlu menarik semua freon dari seluruh pipa AC dan mengumpulkannya pada unit outdoor. Freon dari indoor harus ditarik menggunakan kompressor outdoor dan dikumpulkan didalam outdoor. Setelah semua freon ini terkumpul pada unit outdoor, kita harus menutup valve salurannya dengan menggunakan kunci L 4 mm, kemudian unit AC split sudah dapat kita bongkar dari dudukannya.
Unit Outdoor
  1. Hidupkan AC pada suhu paling kecil
  2. Tutup valve 1/4 inch (pipa yang kecil terlebih dahulu). Pipa ini adalah pipa freon keluar dari kompressor.
  3. Setelah valve pada pipa kecil ini tertutup penuh, proses pengisapan freon dari indoor ke outdoor sedang berlangsung. Silahkan tunggu 30 detik sampai 1 menit (perhatikan getaran outdoor akan meningkat).
  4. Lalu tutup valve 3/8 (pipa ukuran besar) dengan gerakan cepat agar tidak terlalu lama outdoor bergetar.
  5. Sekarang unit AC split sudah dapat anda bongkar dari dudukannya, karena freon sudah disimpan didalam outdoor.
Mungkin demikian yang dapat saya bagikan pada artikel Cara bongkar ac tanpa membuang freon aman ini. Semoga dapat membantu anda dalam belajar service AC split. Komentar dan saran sangat kami nantikan.

Post a Comment for "Cara bongkar ac tanpa membuang freon aman"