Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Blogspot menjadi SubDomain com Sendiri Jogjahost

A. Membuat SUBDOMAIN

1. Silahkan login terlebih dahulu ke akun cpanel milik kamu, isikan username dan password pada kolom yang tersedia.

2. Membuat subdomain di Jogjahost
Setelah menu Cpane terbuka akan ada banya menu-menu yang tersedia, anda akan memilih satu menu SUBDOMAIN. Silahkan klik menu subdomain.



3. Mengisi kolom subdomain
Isikan kolom sub domain sesuai keinginan kamu, lalu klik simpan. Pada tahap ini, tidak banyak settingan, cukup ikuti seperti pada gambar, anda akan berhasil melakukannya.

B. SETTING BLOGGER

1. Login Ke Blogger. Sebagai seorang blogger, pada tahap ini tidak ada masalah dan tidak perlu saya jelaskan panjang lebar. Gunakan akun blogger anda serta login seperti biasanya.

2. Masuk Ke setelan
Langkah selanjutnya setelah login adalah masuk ke setelan blogger. Didalam menu ini banyak sekali sub menu untuk mengatur blogger. Scroll dan temukan costum domain.
Klik Sub Menu Costum Domain
3. Pilih Costum Domain
Klik pada costum domain, isi kolom costum domain dengan subdomain yang sudah kamu miliki. 

4. Masukkan Nama Domain Anda, contoh : blog.smkn1skl.web.id kemudian klik SAVE, setelah melakukan klik save akan muncul peringatan seperti gambar berikut ini. Tulisan merah merupakan kode yang diberikan google untuk kita setting pada cpanel domain punya kamu.

5. Simpan ke empat kode ini
Kode dari Google
Misalnya:
1. blog.smkn1skl.web.id                     ghs.google.com        
2. jqhsh4umx4lf                                  gv-buddn425hof3mh.dv.googlehosted.com

C. SETTING MENU DNS ZONE EDITOR

1. Kini kita akan melakukan settingan record CName, settingan ini ada didalam menu DNS Zone Editor. Kembali ke halaman awal CPanel, lalu temukan Menu DNS Zone Editor, atau ketikkan di kolom pencarian menu.
DNS Zone Editor
2. Menampilkan semua domain dan subdomain yang kamu punya
1. Setelah menu DNS Zone Editor terbuka, kita akan membuka subdomain yang sudah kita buat tadi. Klik pada tombol manage, semua domain dan subdomain kamu akan terlihat.

2. Pilih bagian  blog.smkn1skl.web.id yang akan kita setting CNAME Recordnya.

D. Menambah CNAME Record di CPanel

1. Melakukan konfigurasi CNAME Record
Pada langkah B. Blogger tahap ke 5 kita sudah memiliki kode dari google. Kode ini terdiri dari 2 kelompok, artinya kita akan menambahkan 2 konfgurasi CNAME Record.
blog.smkn1skl.web.id                     ghs.google.com

Jangan lupa mengetikkan www
Konfigurasi berikutnya yang kedua, dapat anda perhatikan pada gambar dibawah ini. Setelah kolom Name dan Record diisi sesuai kode dari google, silahkan klik tombol add record

jqhsh4umx4lf                                  gv-buddn425hof3mh.dv.googlehosted.com


E. Blogger

Setelah 2 konfigurasi CNAME selesai dilakukan, langkah berikutnya adalah kembali ke blogger. Pada dashbord blogger ini kita hanya tinggal tekan tombol SAVE untuk menyimpan konfigurasi Mengubah Blogspot menjadi SubDomain com Sendiri.

Penutup

Setelah selesai melakukan konfigurasi, Mengubah Blogspot menjadi SubDomain com Sendiri tidak akan langsung dapat kita akses, tunggu sekitar 24 jam. Setelah 24 jam coba cek subdomain yang sudah dilakukan sebelumnya.

Post a Comment for "Cara Mengubah Blogspot menjadi SubDomain com Sendiri Jogjahost"