Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana kereta magnet maglev menggunakan gaya magnet

Autominilab - Pertanyaan ini akan muncul dibenak anda saat melihat kereta Super cepat Maglev (kereta magnet). Kereta magnet menggunakan suspensi elektromagnetik. Kereta magnet terangkat karena adanya gaya tolak menolak antara rel dan kereta. Untuk mendapatkan gaya tolak menolak ini, kedua bagian magnet ini harus dibuat sama kutub.

Menuru buku fisika, sifat magnet akan tolak menolak jika bertemu dengan kutub yang sama. Prinsip ini yang digunakan pada kereta magnet buatan jepang.
Untuk sekedar informasi kata Maglev adalah singkatan dari magnetic levitation. Kereta ini melaju dengan memanfaatkan gaya dorong secara elektro-mekanikal tanpa adanya kontak permukaan.

Pada gambar (a) roda kereta konvensional yang bergesekan langsung dengan rel kereta api. Sementara pada gambar (b) support (levitation) adalah rel, rel yang mendorong kereta terangkat.

Oke, untuk sementara itu informasi yang saya miliki mengenai Bagaimana kereta magnet magnet menggunakan gaya magnet. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Post a Comment for "Bagaimana kereta magnet maglev menggunakan gaya magnet"