Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis serta berikan contohnya

Jelaskan perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis serta berikan contohnya

Perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis Pertanyaan berikut ini, jelaskan perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis serta berikan contohnya ? Akan kita jawab dengan detail dan sesuai dengan ilmu pengetahuan. Materi benda magnetis dan nonmagnetis ini akan didapatkan di kurikulum kelas 6 SD.

Perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis

Banyak hal yang dapat kita lihat dan identifikasi atas perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis. Kedua jenis benda ini sangat berbeda jika kita identifikasi dari sudut ilmu bahan. Benda yang magnetis dapat kita gerakkan dengan menggunakan gaya magnet. Benda magnetis ini akan menempel pada magnet jika didekatkan.

Lain halnya dengan benda nonmagnetis, benda ini tidak digerakkan oleh gaya magnet. Sekalipun magnet sudah ditempelkan ke benda nonmagnetis ini, tetap tidak akan menempel dengan gaya magnet. Kekuatan gaya magnet tidak dapat mempengaruhi benda ini. Sehingga tidak ia disebut nonmagnetis (bersifat tidak magnetik).

1. Benda magnetis

Penggunaan istilah benda magnetis sudah sesuai dengan kata baku KBBI, untuk materi ini kita tidak menggunakan kata benda magnetik (tidak baku menurut KBBI). Pengertian benda magnetis adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet. Benda ini terbuat dari logam Fe (besi), Baja (Fe3C) dan Nikel (Ni). Semua logam yang memilik campuran dari ketiga logam ini akan menjadi benda magnetis. Namun, sifat dan daya tariknya terhadap magnet akan berbeda-beda.

2. Benda Nonmagnetis

Benda nonmagnetis merupakan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Benda ini tidak memiliki unsur besi, baja, dan nikel sama sekali. Baik itu plastik, kayu, karet, kertas, batu bata maupun benda lain yang tidak memiliki unsur benda magnetis didalamnya.

Kesimpulan

Jika anda mengetikan pertanyaan ini akan anda temukan banyak sekali jawaban. Namun jawaban perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis serta berikan contohnya ini dapat kita bedakan menjadi dua versi. Saya akan bagi dua versi jawaban soal ini dari link internet yang ada.

Versi 1

Versi 2

Pilihan terbaik saya adalah jawaban versi 1, karena sesuai dengan ilmu pengetahuan dan kaidah bahasa Indonesia. Mana satu pilihan anda? Silahkan berikan komentar anda pada kolom komentar ya.

Post a Comment for "Jelaskan perbedaan benda magnetis dan nonmagnetis serta berikan contohnya"