Gugus fungsi dalam senyawa glutamin

Gugus fungsi dalam senyawa glutamin
Daftar ISI :
Oke kini kita bahas gugus fungsi dalam senyawa glutamin yang lagi trend sekarang ini. Kita akan bahas adengan detail dan kontekstual. Kita akan mulai dengan mencari Apa sih gugus fungsi itu? Kemudian kita lanjutkan dengan senyawa glutamin.

Pengertian gugus fungsi

Gugus fungsi dalam senyawa glutamin
Pada gambar diatas merupakan screenshoot dari pengertian gugus fungsi secara umum. Berdasarkan gambar diatas kita memperoleh informasi apa yang dimaksud dengan gugus fungsi adalah kelompok atom dengan susunan tertentu yang menentukan struktur dan sifat suatu senyawa, tidak hanya kelompok atom tetapi termasuk atom juga. Ada banyak kelompok gugus fungsi contohnya gugus fungsi senyawa organik dan gugus fungsi senyawa glutamin. Pada kali kita fokus pada gugus fungsi senyawa glutamin.

Apa itu senyawa glutamin

Gugus fungsi dalam senyawa glutamin
Kita akan bahas lebih lanjut lagi yaitu glutamin. Glutamina merupakan satu dari 20 asam amino yang memiliki kode didalam kode genetik standar. Rantai samping yang terjadi adalah suatu amida. Glutamina dibuat dengan menukarkan rantai samping hidroksil asam glutamat menjadi gugus fungsional amina.

Manfaat glutamine


Gugus fungsi dalam senyawa glutamin
Sekarang kita bahas mengenai manfaat glutamine. Menurut dokter sehat, glutamine berfungsi sebagai komponen penyusun protein bagi tubuh. Glutamine memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh, misalnya dalam sistem imun dan kesehatan usus pencernaan. Glutamin juga sangat sering digunakan dalam dunia olahraga karena diklaim dapat merangsang pertumbuhan otot dan meningkatkan performa fisik, imbuh dr. Sehat.

Kesimpulan

Gugus fungsi dalam senyawa glutamin terkadang disebut sebagai asam amino ini adalah mempunyai dua gugus fungsi, yaitu pertama gugus asam amino dan kedua gugus asam karboksilat. Pada asam a-amino kedua gugus fungsional tersebut terikat pada atom C-a yang sama. Perhatikan gambar dibawah ini, pada gambar itu menjelaskan bahwa protein pada umumnya disusun oleh asam a-amino.
Gugus fungsi dalam senyawa glutamin
Protein pada umumnya disusun oleh asam a-amino
Semoga saja artikel Gugus fungsi dalam senyawa glutamin bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi. Silahkan dinikmati.