Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGGUNAKAN TACHOMETER LASER KRISBOW

Tachometer Laser Krisbow - Fungsi dari alat ini adalah untuk mengukur putaran, baik itu mesin atau benda berputar lainnya. Tachometer laser ini sudah didesain dengan kemampuan yang baik untuk mengukur rpm dari benda yang berputar, tidak hanya mesin saja.
CARA MENGGUNAKAN TACHOMETER LASER KRISBOW
Jika anda pengguna Tachometer laser KW06-563, alat ini dapat digunakan untuk mengukur rpm secara kontak maupun tidak kontak. Jarak ukur non-kontak nya pun terbilang cukup jauh dan dapat memberi rasa aman kepada kita ketika melakukan pengukuran benda berkecepatan tinggi, rentang ukur yakni 50 mm sampai dengan 500 mm.

Tachometer ini dapat mengukur putaran hingga 99.999 randement per menit (rpm). Jumlah ini cukup bagi anda pemiliki bengkel mobil atau bubut. Namun, untuk mengukur putaran turbin gas dari mesin pesawat, kemungkinan alat ini tidak dapat digunakan.

Pada unit alat ukur tachometer laser krisbow terdapat tiga tombol, yaitu tombol 'MEAS', 'MEM', 'MODE'. Masing-masing tombol ini memiliki fungsi yang saling mendukung. Tombol 'MEAS' kita tekan ketika melakukan pengukuran rpm atau lainnya. Sementara tombol 'MEM' kita perlukan saat ingin mereset mode, atau tombol "Home". Lalu 'MODE' berfungsi untuk memilih jenis pengukuran yang dilakukan, M/M, HZ, RPM, F/I dan lain-lain.

CARA MENGGUNAKAN TACHOMETER LASER KRISBOW

Cara menggunakan tachometer laser krisbow cukup mudah. Ketika anda ingin mengukur secara kontak, cukup mudah hanya dengan memasangkan alat tambahan yang sudah disediakan ke ujung tip nomor 1 alat ini. Rotor anda pasang dengan kuat dengan mengunci secukupnya saja.

Mengukur secara kontak

Kemudian tempelkan karet pemutar nomor 2 atau 3 atau nomor 4 pada ujung tip yang sebelumnya dipasang. Bagian terakhir yang dipasang ini yang akan kita kontak atau tempelkan ke benda yang berputar.

1. Pasang ujung tip no. 1 pada alat ukur. Terdapat drat pada kedua bagian untuk dapat terpasang.
2. Sematkan ujung nomor 2 atau 3 atau 4, pilihan ini tergantung bentuk benda yang akan diukur. Gunakan karet pemutar no. 3 saat mengukur poros kecil.
3. Tempelkan alat, karet pemutar pada benda yang berputar sehingga alat ikut berputar.
4. Tekan tombol 'MEAS' untuk mulai mengukur.
5. Baca hasil pengukuran pada layar yang tersedia.

Mengukur secara non-kontak

1. Beri tanda putih pada benda yang berputar, tanda putih ini yang akan dihitung oleh alat
2. Posisikan alat sebaik mungkin agar laser dapat mengenai tanda putih
3. Tekan tombol 'MEAS' untuk mulai mengukur
4. Baca hasil pengukuran pada layar

Memilih mode

Langkah memilih mode pada tachometer laser krisbow adalah sebagai berikut :
1. Tekan tombol 'MEM'
2. Kemudian tekan tombol 'MEAS'
3. Pastikan tampilan pada layar ada kode 'rpm'
4. Alat siap digunakan kembali

Post a Comment for "CARA MENGGUNAKAN TACHOMETER LASER KRISBOW"