Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Mendiagnosis Kerusakan dan indikatornya

Pengertian dan indikator mendiagnosis kerusakan - Mendiagnosis kerusakan sistem mobil merupakan kemanpuan tertinggi siswa teknik kendaraan ringan. Kata mendiagnosis akan ditemukan pada kompetensi dasar mata pelajaran produktif otomotif kelas XII. 
Pengertian dan indikator mendiagnosis kerusakan
Kemampuan prinsip Mendiagnosis kerusakan sistem kendaraan mirip dengan seorang dokter yang menangani seorang pasien yang sakit. Sumber masalah terjadinya kerusakan sistem kendaraan harus ditemukan dan diperbaiki. Hanya saja ada perbedaan yang signifikan dengan prosedur kerja seorang dokter. Dimana dokter berada pada posisi kemanusiaan yang tinggi dan sedang mendiagnosis nyawa manusia.

Kita akan membahas pengertian mendiagnosis dan indikatornya agar siswa dapat melakukan self assesment terhadap pencapaiannya pada kompetensi dasar memiliki mendiagnosis.

Pengertian mendiagnosis kerusakan menurut ahli

Kata ahli Thorndike, mendiagnosis merupakan upaya atau proses menemukan kelemahan atau penyakit apa yang dialami seorang dengan melalui pengujian dan studi yang hati-hati terhadap gejala-gejala (symptons). Tidak sampai disitu, ia juga menjelaskan bahwa keputusan harus dicapai terhadap karakteristik dan latar belakang dari suatu kelemahan serta mengimplikasikan upaya meramalkan kemungkinan dan membuat saran tindakan pemecahannya.

Dengan begitu seorang mekanik harus memiliki tabel kemungkinan dan saran tindakan pemecahan kerusakan sistem kendaraan. Akan menjadi suatu rintangan tersendiri bagi seorang mekanik jika selalu memegang tabel diagnosis ini. Kegiatan dan gerak tubuh saat bekerja akan terhalang. Untuk itu tidak perlu membawa tabel diagnosis ini dalam bentuk kertas, cukup disimpan dalam pikiran dan diisi didalam pikiran.

Indikator pencapaian mendiagnosis

Berdasarkan pengertian mendiagnosis diatas, dapat kita ambil beberapa indikator telah tercapainya proses mendiagnosis kerusakan. Indikator pencapaian ini adalah a) adanya daftar kemungkinan, b) adanya pengujian terhadap kemungkinan, c) adanya saran tindakan pemecahan atau penyelesaian kerusakan, d) mobil pelanggan normal kembali.
Pengertian dan indikator mendiagnosis kerusakan
Illustrasi Tabel diagnosis kerusakan

Tabel diagnosis ini merupakan sebuah alat yang praktis bagi seorang mekanik. Sehingga ide-ide dapat ditampung sebanyak mungkin untuk segera diuji. Apabila sudah terbiasa dengan tabel ini dan tidak perlu membawanya lagi, mindtool mendiagnosis kerusakan sudah berhasil anda kuasai.
-Oleh     : Autominilab.com
-Penulis : David Sigalingging, S.Pd

Post a Comment for "Pengertian Mendiagnosis Kerusakan dan indikatornya"