Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat alat press tambal ban sederhana

Cara Membuat alat press tambal ban sederhana
Cara Membuat alat press tambal ban sederhana
Saya bahas lagi Cara Membuat alat press tambal ban sederhana. Dimana ide ini terlahir dari pemikiran panjang agar dapat menghemat pengeluaran walaupun ban bocor. Alat ini tercipta dari rasa miskin, terus tidak punya uang saat perjalanan panjang dari kantor ke rumah, dikantong tidak pernah ada uang.

Saya Membuat alat press tambal ban sederhana ini sebagai pengendara motor yang cinta banget sama motor, sampai-sampai agan tidak rela motor kamu disentuh orang lain. Mulai dari doorsmeer sendiri, ganti oli sendiri, service sendiri, bahkan tambal ban sendiri.

Cara Membuat alat press tambal ban sederhana

Terlalu manis paragraf dua diatas untuk anda cerna, poin utamanya ada pada paragraf satu. Saya sebagai pengendara motor yang sejati, cieee... kita harus punya ban serap sendiri. Coba agan bayangkan kalau ban yang kita bawa itu lemgkap dengan tromolnya, mau agan gantung dimana tuh ban.

Kali ini saya mau berbagi dengan agan, cara membuat alat press tambal ban portable alias bisa agan kantongi sepanjang perjalanan. Jika ban agan mengalami kebocoran, tak jadi masalah deh! Karena agan bisa tambal sendiri dengan bantuan alat ini.

Bahan :
  1. Besi plat ukuran 12 cm x 5 cm x 4 mm sebanyak 2 potong
  2. Mur dan baut 10 mm panjang 15cm sebanyak 2 set
  3. Baut 17mm sebanyak 2 potong
  4. Mur 17 sebanyak 1 batang

Alat yang diperlukan:
  1. Gerinda
  2. Mesin las
  3. Bor dan mata bor 12 dan 14
  4. Dan lainnya, menyesuaikan.
Berikut Langkah kerja membuat alat press tambal ban sederhana:

1. Pembentukan plat landasan, sehingga didapat ukuran Panjang 12 cmm x Lebar 5cm x tebal 4mm

2. Lalu bor disisi pinggir plat tersebut dengan ukuran 12mm

Cara Membuat alat press tambal ban sederhana

3. Pembentukan plat baut press, sehingga didapat ukuran Panjang 12 cmm x Lebar 5cm x tebal 4mm
lalu bor dikedua sisi pinggir dengan ukuran D 12mm, dan bor disisi tengan dengan ukuran D 14 mm

4. Las kedua mur 17 dari sisi atas dan sisi bawah.

5. Sekarang kita tinggal merakit kedua plat dengan mur baut 10 seperti gambar diatas.

6. Alat press sederhana sudah jadi.

Saya rasa langkah-langkah pada cara membuat alat press tambal ban sederhana sangat jelas. Dan semoga saja tidak ada yang sulit anda pahami. Untuk gambar setelah jadinya tidak saya punya lagi. Karena alat press tambal ban sederhana ini saya buat pada tahun 2014 silam.

Kelengkapan alat press tambal ban sederhana

Alat ini sudah saya gunakan selama beberapa tahun dan berguna. Saya menyimpan alat press tambal ban sederhana ini didalam jok sepeda motor saya berbarengan dengan mantel hujan dan yang lainnya.


Alat ini tidak akan akan berguna apabila tidak didukung peralatan lain. Hanya saya ada kelengkapan lain yang harus saya beli dan selalu bawa dalam jok motor, yaitu pompa tangan, dan pembakar.

Jika anda ingin menambal ban, tentunya harus bongkar ban hingga ban dalam keluar untuk diperiksa kebocoran. Untuk melakukan hal ini kita butuh air dan wadah untuk merendam ban yang terisi angin.

Karet tambal, kikir, lem, dan pembakaran sangat diperlukan untuk mematangkan karet tambal bisa melekat pada bagian yang bocor. Pokonya, jok motor saya penuh dengan peralatan, padahal hanya untuk menambal ban saja. Hitung-hitung, sebenarnya rugi, sih. Tetapi ada manfaat yang saya dapat, KREATIVITAS.

Itulah cara sederhana membuat alat press tambal ban. Semoga bermanfaat!

Terimakasih blog lama saya http://laborteknik.blogspot.com/. Saya lupa email untuk login, sekarang blog ini terbengkalai.

Post a Comment for "Cara Membuat alat press tambal ban sederhana"