Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur

Ensiklopedi Otomotif - Baiklah pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur, yang lebih tepatnya mengenai cara menggulung motor listrik atau juga bisa disebut dinamo. Anda sampai ke artikel ini karena kita satu profesi, tukang listrik.

Sama-sama kita sudah mengetahui bahwa terdapat berbagai macam dinamo yang merupakan mesin penggerak untuk berbagai macam keperluan seperti halnya pada peralatan rumah tangga listrik seperti pompa air, kipas angin, mesin cuci dan masih banyak lagi peralatan rumah tangga yang menerapkan ini.

Saya tidak dapat membuatkan banyak skema rangkaian, karena itu untuk saat ini saya akan khususkan berbagi mengenai cara menggulung dinamo pompa air merk Shimizu saja. Anda boleh menggunakan skema ini sebagai dasar pada dinamo pompa air merek lainnya.

Pada dasarnya setiap dinamo memiliki rumus maupun skema lilitan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan serta besar kecilnya dinamo tersebut. Pada beberapa produk pompa air dengan merek yang sama saja memiliki, terkadang memiliki perbedaan skema antara merk satu dengan yang lain.

Berikut ini adalah gambar skema gulungan dinamo pompa air merek Shimizu 125 watt yang juga sudah lengkap kami informasikan data lilitan kumparannya juga.

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur
Skema Gulungan Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur
Pada gambar terdapat kode warna kami buatkan, arti dari warna merah dan hitam untuk dihubungkan ke sumber tegangan listrik PLN. Lalu ada kabel dengan warna abu-abu, jalur ini adalah untuk starting, nantinya akan langsung dihubungkan ke kapasitor.

Data Lilitan Shimizu 125 Watt 

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur
Lilitan Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur
Mungkin masih pemula dan kesulitan saat memasukkan kawatnya, kaya sarankan anda bisa mengurangi jumlah lilitannya. Manun, jangan mengurangi lilitan terlalu banyak, karena semakin banyak anda menguranginya, akan berdampak semakin cepat panas dinamonya nanti.

Berikut kami berikan panduan mengurangi lilitan bantu (starting) masing-masing 5 putaran misal 55,85,165,165 menjadi 50,80,160,160. Demikian juga dalam mengurangi lilitan utama (running) anda bisa menguranginya masing-masing minimal 3 putaran, misal 45,75,111,121 menjadi 42,72,108,118.

PENTING : Skema Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur ini bisa anda terapkan pada pompa air shimizu dengan type sebagai berikut.
  • PS-121BIT
  • PS-125BIT
  • PS-126BIT
  • PS-128BIT
  • PS-130BIT
  • PS-135E
Kenapa saya berani mengatakan beberapa tipe diatas cocok, karena memang semua type diatas memiliki kesamaan dalam hal daya listrik yang dipakai (watt). Selain itu juga, terdapat kesamaan pada ukuran kern dinamo dan juga ukuran capasitornya yakni sebesar 8uf/450volt.

Jika anda memiliki informasi wat dan kern yang sama atau sangat mendekati nilai ini, selain type diatas anda juga bisa menerapkan skema gulungan diatas pada kern dinamo yang sama ukuran dan alurnya meskipun pompa air tersebut bermerk lain.

Jika anda merasa masih kurang paham Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur yang kami berikan ini. Anda dapat melihat artikel lainnya diinternet. Jika anda memiliki kuota internet lebih, silahkan berkunjung ke youtube untuk melihat videonya langsung.

Demikian artikel ini dari saya semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur"