Penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan dan Solusinya

Penyebab mcb turun saat ac dinyalakan - Keadaan ketika MCB listrik langsung turun saat menyalakan AC mungkin saja bisa terjadi. Adapun kejadian ini juga telah sangat familiar untuk didengar oleh telinga masyarakat luas secara umum.
Pengistilahan kejadian ini beragam penyebutannya oleh masyarakat, ada yang meng-istilahkannya dengan sebutan "jeglek" (listrik mati mendadak dikarenakan MCB turun) ada juga jepret (trip). Penggunaan istilah jeglek, jepret, ataupun trip tak hanya terbatas pada satu daerah saja melainkan istilah tersebut sering disebut-sebut atau diperbincangkan diberbagai daerah.

Penyebab Listrik Turun Saat AC dinyalakan dan Solusinya

Dalam kasus AC sendiri kita juga mengenal istilah jeglek atau MCB yang turun saat menyalakan penyejuk udara (AC split). Lalu mungkin anda bertanya-tanya apakah sebenarnya yang menyebabkan listrik padam ketika AC tersebut dinyalakan?

Pada dasarnya MCB yang turun bisa disebabkan oleh adanya hubung singkat (konslet) pada bagian tertentu dari rangkaian kelistrikan rumah termasuk kabel instalasi dan peralatan rumah tangga yang digunakan. MCB bisa turun atau memadamkan sumber listrik ini menandakan bahwa terdapat gangguan listrik pada mesin AC Split anda dan MCB bertugas mengamankannya dengan respon memutuskan aliran listrik secara keseluruhan.


Jika bicara soal penyebabnya maka ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab utama dari masalah turunnya MCB ketika AC dinyalakan. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa membuat MCB turun saat AC dinyalakan.

Penyebab MCB Turun (Listrik Padam) Ketika Menyalakan AC rumah

1. Kapasitor Outdoor AC lemah sehingga mengakibatkan konsleting listrik

Apakah AC bisa konslet? Apabila kapasitor lemah juga bisa mengakibatkan terjadinya konsleting. Misalnya saja kapasitor tersebut sampai terdapat benjolan atau terbakar.
Kapasitor Rusak Penyebab Konsleting Listrik

Kegunaan kapasitor itu sendiri untuk menyimpan arus listrik sementara yang tujuannya untuk membantu menggerakkan mesin kompresor saat pertama kali AC dinyalakan.

Ini artinya hal ini juga menjadi faktor yang mengakibatkan listrik turun saat AC dinyalakan bukan ?. Penjelasan lengkap tentang fungsi kapasitor itu sendiri pun juga sudah pernah di bahas pada tulisan saya yang lain.

Baiklah, agar bisa mengatasi kapasitor yang rusak Sobat harus ganti dengan yang baru. Masalah harganya pun juga tidak begitu mahal, biasanya tergantung ukuran uF ( mikro ) dari kapasitor tersebut. Sangat diwajibkan untuk menggantinya dengan ukuran yang sama dengan kapasitor bawaan AC itu sendiri.

2. Terdapat Kabel terkelupas pada Instalasi kelistrikan AC

Kenapa listrik mati saat menyalakan AC? Apabila telah dipastikan tidak ada kelebihan daya listrik namun masih saja MCB turun (jeglek) ketika AC dinyalakan maka kemungkinan penyebabnya adalah karena disebabkan oleh konsleting listrik pada kabel maupun dinamo kompressor AC. Short circuit atau dalam bahasa indonesia-nya disebut hubungan pendek arus listrik (konslet) merupakan salah satu penyebab utama dari masalah MCB yang turun (jeglek), jika dalam kasus AC rumah kemungkinan besar konsleting bisa terjadi pada kabel atau kompressor AC-nya.
Banyaknya kabel yang digunakan pada indoor

Karena hal ini, wajib memeriksa pada bagian kabel AC sepanjang jalur saklar hingga pada unit AC tidak ada konsleting antara kabel netral dengan kabel fasa, periksalah dengan seksama barangkali ada kabel yang sambungannya longgar atau terkelupas sehingga berpotensi membuat konsleting listrik.

Apabila keadaan kabel sudah dinyatakan aman tanpa ada gangguan konsleting listrik, namun AC rumah masih saja membuat MCB listrik mati maka kemungkinan besar penyebab lainnya adalah karena konslet pada bagian dinamo AC itu sendiri. Dinamo kompressor yang sudah konslet pada dasarnya tidak memungkinkan lagi untuk diperbaiki secara biasa karena mengingat kerusakan tersebut tergolong sebagai kerusakan yang parah dan memerlukan perbaikan khusus yaitu dengan rewinding atau menggulung ulang kawat dinamo-nya.

Dalam hal ini sayangnya anda tak bisa melakukan apapun selain mempercayakan kepada ahlinya yaitu jasa rewinding dinamo yang sudah lebih berkompeten tentunya untuk mengatasi masalah kerusakan dinamo.

3. Ampere mesin kompressor AC tinggi melebihi batas maksimal

Kenapa ampere kompresor AC tinggi? Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah kompresor ampere tinggi. Dalam kata lain ampere juga bisa disebut kekuatan, jadi jika ampere tingga bisa diartikan kekuatan mesin kompresor tersebut telah melebihi batas maksimal.


Contohnya, Sobat punya AC berkapasitas 3⁄4 PK dan disana tercantum ampere kompresor 2,5 A. Sedangkan ampere pada panel MCB listrik 6 A, maka jika kompresor tersebut mengalami ampere tinggi nilai ampere nya bisa lebih dari 2,5 A dan juga bisa melebihi ampere pada MCB listrik itu tadi. Sangat mungkin hal MCB listrik tersebut tidak kuat dan akhirnya turun alias jepret.

Apabila sebuah mesin kompresor mengalami ampere tinggi tidak ada cara lain selain ganti kompresor. Meskipun sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan di gulung ulang, namun biasanya hal tersebut tidak akan kuat dan bertahan lama.


Sobat bisa menggantinya dengan kompresor baru atau hanya outdoor unit nya saja dengan yang bekas. Apabila tidak ingin direpotkan bisa langsung ganti AC baru. Apabila Anda minat outdoor unit second atau AC baru juga, Sobat bisa langsung hubungi kontak teknisi terdekat untuk keperluan pemasangan.

4. Kapasitas Panel MCB utama terlalu kecil

Apa yang menyebabkan MCB trip? Apabila Sobat punya banyak peralatan listrik dirumah maka sebaiknya gunakan peralatan tersebut dengan teratur yakni setidaknya dengan menggunakannya secara bergantian terutama bagi anda yang memiliki golongan daya listrik tingkat rendah, tentu saja hal ini bertujuan agar MCB listrik tidak turun (jeglek). AC Split rumah sendiri tergolong sebagai peralatan listrik rumah yang berdaya besar dan kalau alat ini digunakan berbarengan dengan peralatan lainnya maka bisa saja listrik akan langsung mati apabila daya yang terpakai telah melebihi batasan maksimal dari MCB atau meteran listrik anda.
MCB 6 Ampere hanya mampu Maksimal 1200 watt

Jadi, pastikanlah bahwa daya listrik yang terpakai pada seluruh peralatan listrik dirumah anda termasuk penggunaan AC rumah sudah cukup dan tidak melebihi batas. Contohnya, kalau MCB yang Sobat miliki memiliki batas maksimal 900 watt, maka jangan pergunakan peralatan listrik sampai melebihi angka tersebut, untuk AC split rumah konvensional biasanya menyedot daya sebesar 600 watt hingga ada juga yang 750 watt sampai 900 keatas.

Apabila memang penyebabnya dari kelebihan daya listrik maka untuk memastikannya akan sangat mudah yakni dengan cara menghidupkan AC-nya saja saat semua peralatan listrik rumah dikondisikan dalam keadaan mati/off atau bisa juga dengan menggunakan alat ukur watt meter.

5. Daya listrik sedang rendah sehingga tidak mampu mengoperasikan AC secara normal

Kediaman Sobat memiliki instalasi listrik hanya 900 watt, dan Anda sekarang menggunakan AC yang 1 PK tentu saja hal tersebut akan membuat listrik turun.

Tegangan Normal 220 V

Karena daya yang dibutuhkan untuk AC dengan ukuran 1 PK berkisar 600 – 800 watt. Itu belum termasuk peralatan elektronik Anda lainnya seperti TV, kulkas, mesin cuci, dan yang lainnya.

Oleh sebab itu, penting bagi seseorang yang ingin menggunakan AC memperhatikan terlebih dulu berapa daya listrik yang dia gunakan saat ini.

Jangan sampai kita sudah membeli AC ternyata listrik di tempat Anda tidak cukup. Oleh karenanya sebelum membeli AC kita juga harus tahu berapa daya yang dibutuhkan AC tersebut.

Tentunya solusi untuk masalah listrik turun saat AC dinyalakan akibat dari kekurangan daya listrik, kita juga harus menambah daya listrik tersebut. Silahkan hubungi PLN terdekat, namun juga harus Anda ingat semakin besar daya listrik di tempat Anda maka juga bisa semakin besar tagihan bulanannya.

Selain itu, Anda juga bisa memilih AC yang hemat listrik ( low watt ) seperti AC yang menggunakan teknologi inverter. Dengan cara seperti itu Anda pun juga bisa lebih irit daripada menggunakan AC konvensional.

Demikian informasi menarik tentang penyebab listrik turun sesaat setelah Sobat menyalakan penyejuk udara. Untuk masalah teknis pastinya (agar lebih pasti), Sobat bisa menelpon teknisi AC di daerah dengan kontraktor AC profesional. Agar AC tidak mengalami masalah yang sama secara berulang, pastikan lakukan perawatan secara teratur. Minimalnya, AC perlu diperiksa satu kali dalam 60 hari.