Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain dinamakan

zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain dinamakan
Selamat siang, Pak Galingging.
Pada keempatan kali ini saya mau membahas sebuah pertanyaan zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain dinamakan. Pertanyaan ini datang dari seorang penanya terkenal masih dibangku sekolah.

Apa itu Zat tunggal?

Dunia terdiri dari berbagai jenis materi. Materi ini dapat diklasifikasikan dalam zat tunggal dan campuran. Apa itu zat tunggal? Dikutip dari Britannica Encycloopaedia, suatu zat tunggal adalah zat yang terdiri dari satu jenis bahan atau materi saja.

Zat tunggal ini juga dapat kita sebut zat murni. Dimana Zat murni ini adalah kumpulan atom yang identik secara kimia. Misalnya air, oksigen dan besi. Air hanya mengandung atom air.

Oksigen hanya mengandung atom oksigen. Setiap elemen yang ditemukan oleh manusia, diterbitkan dalam tabel periodik. Elemen ini dinamai dan dilambangkan oleh salah satu huruf depan atau huruf depan dan huruf kedua yang ditulis dalam huruf kecil.

Zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain dinamakan UNSUR

Rekasi secara kimia merupakan peristiwa perubahan kimia dari zat-zat yang bereaksi (reaktan) menjadi zat-zat hasil reaksi (produk). Tidak demikian halnya unsur, dimana tidak dapat diuraikan menjadi zat lain secara reaksi kimia.

Untuk dapat memahami dengan jelas, simak uraian dibawah ini:

Unsur
Pengertian unsur dikutip dari brainly adalah suatu zat tunggal murni yang tidak dapat diuraikan kembali menjadi zat yang lebih sederhana dengan secara reaksi kimia, yang artinya unsur merupakan zat terkecil yang tidak dapat diuraikan lagi.

Contoh unsur dalam kehidupan yang berapa pada sistem tabel periodik.
  • Oksigen (O)
  • Karbon (C)
  • Nitrogen (N)
Senyawa
Pengertian senyawa dikutip dari brainly adalah suatu zat tunggal yang masih dapat dibagi menjadi kembali menjadi dua unsur-unsur ataupun lebih dengan melakukan proses reaksi kimia. Senyawa-senyawa dalam kehidupan ada dua bagian yaitu: 1) Senyawa Organik dan 2)senyawa anorganik.

Contoh Senyawa dalam kehidupan:
  • Asam Sulfat (H₂SO₄)
  • Natrium klorida (NaCl)
  • Asam Klorida (HCl)
  • Air (H₂O)
Campuran homogen
Pengertian campuran homogen dikutip dari brainly adalah salah satu campuran yang terdiri dari 2 zat atau lebih yang dimana partikel-partikel penyusunnya memiliki ukuran yang kecil dan tidak kasat mata sehingga sulit membedakan antara pelarut dan zat terlarut.
  • Air Gula (Air dan gula)
  • Larutan Garam (Air dan Garam)
  • Air laut (Air dan garam-garam)
Campuran Heterogen
Pengertian campuran heterogen dikutip dari brainly adalah merupakan campuran yang terdiri dari dua zat atau lebih yang dimana partikel-partikel penyusunnya memiliki ukuran yang relatif besar dan masih dapat dibedakan antara pelarut dan zat terlarut.

Contoh dalam kehidupan:
  • Larutan pasir (Pasir dan Air)
  • Kopi (Air dan kopi)

Kesimpulan
Zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain dinamakan UNSUR. Alasannya adap pada penjelasan poin UNSUR, dimana unsur tidak dapat diuraikan lagi, sementara senyawa dan campuran masih dapat diuraikan lagi atau senyawa dan campuran terdiri dari dua atau lebih unsur

Post a Comment for "Zat tunggal yang secara kimia tidak dapat diuraikan menjadi zat-zat lain dinamakan"