Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BEGINI CARA MENGHITUNG BERAPA LAMA CAS AKI MOBIL

Sudahkah anda tahu Begitu Mudah Menghitung Berapa Lama Cas Aki Mobil. Anda akan bisa menjawab, Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk cas sebuah aki mobil ? Soalan ini mungkin yang sering nongol di benak para sobat Pak Galingging ketika ingin mencas ulang setrum aki mobilnya.

Waktu lamanya untuk mencas sebuah aki mobil ini bisa bervariasi, karena sangat tergantung dari besaran arus yang dimiliki aki serta bagaimana metode pengisian yang dilakukan. Kedua hal ini bisa menjadi faktor penting untuk menentukan berapa lama cas aki mobil bisa dilakukan.

berapa lama cas aki mobil

Selain hal diatas, tegangan untuk mencas aki kita perlukan tegangan yang lebih tinggi dari tegangan aki (standar tegangan aki mobil adalah 12V). Hal ini bertujuan agar terjadi beda postensial antara alat cas dengan aki mobil sobat.

Saat terjadi beda potensial tegangan ini, maka arus listrik bisa mengalir dari tegangan yang tingi ke tegangan yang rendah. Dalam pengisian aki umumnya menggunakan tegangan sebesar 13,8V sampai 14,4 volt.

Sementara untuk melihat besaran arus yang dimiliki aki, anda dapat langsung melihat ke bodi aki yang sobat miliki, berikut contoh gambar untuk mengetahui besaran arus yang dimiliki sebuah aki mobil

berapa lama cas aki mobil

Anda akan menemukan pada beberapa merek aki ada menggunakan kode-kode angka dan huruf untuk mengetahui besarnya arus yang dimiliki aki, seperti misalnya NS60 untuk 45Ampere, NS40 untuk 32 Ampere, 34B19L untuk 33 Ampere dan lain sebagainya.

Setelah anda mengetahui besarnya arus listrik (ampere) dan tegangan yang dibutuhkan untuk cas aki, kini saatnya mengetahui rumus untuk menghitung berapa lama cas aki dan metode yang digunakan untuk cas aki.

Rumus menghitung lamanya cas aki mobil

Durasi cas aki (jam) = (Besar kapasitas aki (Ah) /  Besar arus Charging (Ah)) + (20% * (Besar kapasitas aki (Ah) / Besar arus Charging (Ah))
Sementara dibawah berikut kami uraiakan dua metode pengisian cas aki mobil dengan model Slow Charging dan Fast Charging.

1. Metode Fast Charging

Jika anda berniat menggunakan metode Fast Charging ini, anda membutuhkan arus maksimal sebesar 40% dari kapasitas aki yang sobat miliki. Jadi, jika aki mobil sobat sebesar 55Ah, maka sobat butuh alat cas yang mampu mengeluarkan arus listrik sebesar 22Ampere yang dihitung dari (40%*55Ah=22A).

Maka arus sebesar 22A, dengan demikian lama waktu yang dibutuhkan untuk mengecas aki berkapasitas 55Ah ini adalah
= (55Ah/ 22Ah) + ((20/100) x 2,5)
= 2,5 +(0,2* 2,5)
=2,5 + 0,5
= 3 jam

Lama cas Aki yang memiliki kapasitas sebesar 55Ah membutuhkan setidaknya 3 jam untuk pengisian ulang dengan metode Fast Charging.  

2. Metode Slow Charging

Metode kedua adalah pengisian slow charging membutuhkan arus pengisian minimal sebesar 10% dari kapasitas arus yang dimiliki aki mobil sobat.

Maka dari itu, misalnya anda memiliki aki mobil yang kapasitas arusnya sebesar 80Ah, dengan begitu minimal arus yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian dengan metode Slow Charging ini adalah 8A (baca : 8 Ampere). Artinya, sobat harus punya alat cas aki yang bisa mengalirkan arus minimal 8A (lebih tinggi nilai yang dimiliki alat cas sobat maka lebih baik).

Contoh...
Aki mobil sobat memiliki kapasitas 80Ah, maka arus yang dibutuhkan untuk pengisian normal adalah 10% dari 80Ah yaitu 8A. Jadi, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki anda dengan metode Slow Charging ini adalah
= (80Ah/ 8Ah) + ((20/100) x (80Ah/ 8Ah))
= 10 + (0,2*10)
=10 + 2
= 12 jam

Maka dari itu, untuk lama cas aki mobil dengan kapasitas sebesar 80Ah, membutuhkan waktu 12 jam jika dicas dengan metode slow charge.

Saat cas aki dengan metode slow charging ini, anda masih dapat menggunakan alat cas aki yang kini banyak di jual di toko-toko online. Secara umum, produk-produk ini masih dapat memenuhi kebutuhan arus yang diperlukan untuk melakukan cas aki dengan metode slow charging.

Selain itu, mudah dalam penggunaannya juga harga yang ditawarkan untuk alat-alat cas aki inipun cukup beragam, mulai dari 50 sampai 250 ribuan.
 
Ingat prinsip ekonomi, harga turut menentukan kualitas produk alat cas aki. Anda harus memastikan juga untuk memilih alat cas aki yang sesuai dengan batas minimal ampere dengan aki yang anda miliki.

Meskipun pengecasan aki lebih cepat, akan lebih baik jika anda menghindari pengisian ulang aki mobil dengan metode fast charging karena arus listrik yang besar umumnya mempercepat kerusakan elemen pada aki mobil sobat sendiri seperti mendidihnya air aki hingga munculnya panas yang berlebih ketika aki mobil di cas pada metode FAST.

Post a Comment for "BEGINI CARA MENGHITUNG BERAPA LAMA CAS AKI MOBIL"