Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

CARA MENGHIDUPKAN SEPEDA MOTOR DENGAN PAKAI HP ANDROID SEMUA MOTOR DENGAN SUARA DAN TOMBOL

CARA MENGHIDUPKAN SEPEDA MOTOR DENGAN PAKAI HP ANDROID SEMUA MOTOR DENGAN SUARA DAN TOMBOL

Pak Galingging -Apakah sepeda motor dapat hidup dengan perintah suara dari HP Android? Pada video ini kami jelaskan step by step dan langkah jelas, cara merakit arduino dalam menghidupkan sepeda motor dengan perintah suara HP Android.

Selain dengan perintah suara, anda dapat menggunakan tombol yang tersedia pada aplikasi android yang sudah dipasangkan dengan arduino Dengan begitu, anda dapat mengontrol atau menyalakan sepeda motor meski di tempat yang sangat berisik.

CARA MENGHIDUPKAN SEPEDA MOTOR DENGAN ANDROID SEMUA MOTOR DENGAN SUARA DAN TOMBOL

Menghidupkan Sepeda Motor dengan Perintah Suara HP Android sangat mungkin untuk dilakukan. Hal ini karena kemajuan perangkat keras yang diprogram sangat mudah kita temukan.

Perangkat keras ini memiliki kelebihan yang unik, yaitu dapat diprogram sesuai dengan keinginan kita. Program yang diterima oleh perangkat ini adalah pemrograman bahasa C. Iya, hardware ini disebut dengan ARDUINO.

Tentu saja kita memerlukan perangkat lainnya selain arduino, dimana semua perangkat ini akan berkerja bersama dalam menjalankan program bahasa C yang suntik kedalam processor Arduino.

Secara sekilas, dalam mengidupkan sepeda motor dengan pakai HP android dapat kita identifikasi. Dalam hal ini, kita memerlukan Input dan Output yang kita tuliskan dalam bahasa C.

Berikut komponen yang kita perlukan dalam membuat Rangkaian Menghidupkan Sepeda Motor dengan Pakai HP Android, yaitu:
a. Arduino Uno R3
b. Modul Bluetooth HC05
c. Modul Relay versi 4 Relay
d. Kabel USB
e. Breadboard
f. Kabel Jumper Male to Famele secukupnya
h. Sketch 
Selanjutnya semua komponen ini kita rangkaia dengan mengikuti hubungan terminal pada Arduino dengan Bluetooth HC05, juga hubungan arduino dengan modul relay versi 4 relay. Secara detail dapat anda perhatikan pada tabel dibawah ini.
Rangkaian Arduino dengan HC05

Seperti anda lihat diatas, kita menghubungkan terminal TXD arduino dengan terminal RXD pada HC05 dengan mengggunakan kabel jumper male to female.

Berikutnya juga anda hubungkan Terminal RXD arduino dengan terminal TXD pada HC05. Bagian ini terlihat terbalik, dan mungkin akan menimbulkan pertanyaan bagi anda yang baru mengenal arduino.

Untuk rangkaian selanjutnya dapat anda lanjutkan sesuai dengan yang diberikan pada tabel Rangkaian Arduino dengan HC05.
Rangkaian Arduino dengan Modul Relay

Mengupload sketch kedalam arduino
Setelah anda mendownload sketch yang kami berikan linknya, saatnya untuk upload ke arduino uno R3. Proses ini tidak sulit, dan boleh saya katakan sangat mudah. Karena kita hanya perlu membuka file sketch, setelah terbuka, anda akan melihat tombol Upload.

CATATAN:
1. Jangan UPLOAD sketch jika terminal TXD dan RXD belum dilepaskan.
2. Lepaskan kedua terminal ini, baru boleh anda tekan tombol upload.

Langkah-Langkah Detail HIDUPKAN SEPEDA MOTOR DENGAN PAKAI HP ANDROID dapat kami jelaskan pada video tutorial dibawah ini.


 Download : Sketch Menghidupkan Sepeda Motor dengan Kontrol Perintah Suara https://drive.google.com/file/d/1yGnm7hU20nd6NNIi-jKouzzzBZzpizut/view?usp=sharing

Dowload Aplikasi Android Remote Sepeda Motor : https://drive.google.com/file/d/1XBCHh3jGPxx7rA7BthMEQJ61NYmbblR2/view?usp=sharing


Post a Comment for "CARA MENGHIDUPKAN SEPEDA MOTOR DENGAN PAKAI HP ANDROID SEMUA MOTOR DENGAN SUARA DAN TOMBOL"