Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Memulai Belajar Arduino Menghidupkan LED dan setting Aplikasi Android Bluetooth Controller

Pak Galingging - Jika anda seorang yang hobby dengan elektronik terapan yang sederhana, saya sarankan anda untuk mencoba belajar arduino. Menurut saya, materi arduino sangat gampang dan mudah dicerna. Apalagi, hasil atau produk dari belajarnya langsung kita buat.

Kepuasan tersendiri akan anda temukan pada materi belajar arduino. Setiap pembelajaran yang dilakukan anda menghasilkan karya. Meski saat itu, hasil karya anda masih meniru, namun rasa senang akan anda peroleh.

Memulai Belajar Arduino

Program yang kita pelajari pada belajar arduino ini sangat logis untuk diterima pikiran kita. Ini yang membuat saya sangat tertarik dengan arduino. Jika ada kesalahan pada program yang kita buat, akan terdeteksi dan tidak bisa disuntik kedalam arduino.

Program yang digunakan pada arduino ini biasanya diberi nama SKETCH. Membuatnya pun tidak diperlukan kemahiran khusus. Anda perlu berlatih dan berlatih, agar dapat mengerti setiap baris perintah pada sketch.
Memulai Belajar Arduino Menghidupkan LED dan setting Aplikasi Android Bluetooth Controller

Pada kesempatan ini seri belajar arduino untuk pemula saya mulai dari Menghidupkan LED dan setting Aplikasi Android Bluetooth Controller. Kenapa saya mengangkat materi ini ? Alasannya adalah holistik, alias lengkap.

Materi menghidupkan LED dan setting aplikasi sudah bisa mewakili banyak materi dasar pemrograman arduino. Apa saja yang saya dapatkan sebagai orang awam dan tidak punya background dibidang pemrograman saat belajar materi ini?

Pejelasan lengkapnya ada dibawah ini. Saya akan mencoba menguraikan apa saja yang saya peroleh saat menggunakan materi Memulai Belajar Arduino Menghidupkan LED dan setting Aplikasi Android Bluetooth Controller ini.

Persiapan Alat dan Bahan
Dalam membuat proyek sederhana arduino uni ini saya memerlukan bahan dan alat-alat. Langkah ini sudah menjadi kewajiban dalam membuat proyek. Sebagai sebuah pekerjaan, tentu saja kita harus memiliki bahan.

Adapu bahan-bahan yang kita perlukan dalam membuat proyek sederhana ini, yaitu:
• Breadboard
• Arduino UNO
• Bluetooth HC-05
• 1 buah LED
• Kabel Jumper
• Resistor 220 Ohm

1. Cara Membuat Sketch

Anda tidak usah berpikir yang tidak-tidak dulu mengenai belajar arduino. Cukup niatkan, lalu mulai action dengan cara membeli peralatan yang diperlukan. Proyek sederhana kali ini menggunakan sketch dibawah ini. Silahkan copy dan pastekan pada aplikasi Arduino IDE.

 /* PAK GALINGGING
PROJECT : Menyalakan LED menggunakan smartphone via Bluetooth
INPUT   : Bluetooth
OUTPUT  : 1 LED Biru dan Serial Print
PAK GALINGGING */

#include  
SoftwareSerial module_bluetooth(0, 1); // pin RX | TX

/* Sebelum program di Upload, cabut terlebih dahulu pin RX dan TX 
pada arduino, setelah selesai di Upload pasangkan kembali pin RX dan TX*/

char data = 0;  
#define led 13         
void setup() 
{
  Serial.begin(9600);         
  pinMode(led, OUTPUT);  //inisialisasi LED menjadi output
}
void loop()
{
  if(Serial.available() > 0)  
  {
    data = Serial.read();
    Serial.print(data);    //Pembacaan dan ditampilkan data yang masuk   
    Serial.print("\n"); 
    //Data yang masuk      
    if(data == '1'){
    digitalWrite(led, HIGH);//diberikan waktu tunda 1 detik
    }
    else if(data == '0')      
    digitalWrite(led, LOW);  
  }                            
}
 

2. Bagaimana mengupload sketch ke arduino

Berikutnya yang perlu kita pahami dalam belajar arduino adalah cara mengupload sketch kedalam arduino uno. Langkah ini tentunya sebagai langkah penting dalam keberhasilan proyek yang kita buat. Cara mengupload sketch kedalam arduino sangat mudah. Anda cukup mengklik tombol panah (upload), lalu aplikasi akan melaksanakan upload.
Silahkan anda hunbungkan kaki positif LED yang berukuran lebih panjang menuju pin 13 pada papan arduino. Kemudian kaki negatif LED yang lebih pendek, kita hubungkan ke pin GND pada arduino. Kedua terminal ini merupakan LED OUTPUT. Dimana ini berberan sebagai hasil yang kita inginkan.

3. Hal yang perlu diperhatikan sebelum upload sketch

Sebelum mengupload sketch, anda perlu memastikan beberapa hal, yaitu kabel-kabel pastikan terpasang baik, modul bluetooth pastikan dicabut terminal TX dan RX terlebih dahulu. Terakhir, pastikan anda memasang port USB dari arduino dan laptop anda.

Beberapa hal inilah yang perlu anda perhatikan sebelum upload sketch. Dimana, tujuanya adalah menghindari kegagalan saat proses dan juga sebagai tindakan keselamatan kerja dalam melakukan proyek sederhana ini.

4. Schematic Menghidupkan LED dan setting Aplikasi Android Bluetooth Controller


Ada beberapa sub rangkaian yang kita lakukan pada pembelajaran kali ini, sub rangkaian yang pertama adalah pada breadboard. Pada bagian ini kita akan menempatkan LED dan resistor 220Ohm. Terlihat jelas pada gambar skeatik dari proyek kita kali ini.
Ada tiga bagian yang perlu kita rangkai, yaitu breadboard dengan LED dan resistor, papan arduino dengan kabel jumper, serta modul bluetooth dengan kabel jumpernya. Lalu ketiga bagian ini kita hubungkan sesuai gambar diatas.

Setting Aplikasi Arduino Bluetooth Controller

Hal menarik yang saya dapatkan pada tutorial kali ini adalah pada Aplikasi Androidnya. Jujur, seumur-umur, baru kali ini saya mengetahui aplikasi ini. Ternyata kita bisa membuat remote untuk menghidupkan listrik, seperti LED pada proyek sederhana kali ini.

Setelah saya pikir-pikir, rasanya keren sekali punya rumah yang bisa diremote untuk menghidupkan lampu teras, lampu kamar mandi dan peralatan rumah tangga lainnya. Dari prinsip ini dapat kita kembangkan menjadi seperti bayangan saya ini.

Saya sudah membuatkan video tuturialnya di youtube. Bagi anda yang ingin memulai belajar arduino dan sedang bertanya bagaimana memulai belajar arduino. Silahkan tonton video saya dibawah ini.