Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Modul (Materi) Pemeliharaan Sasis dan Pemindah tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) Kelas XI Lengkap

A. LATAR BELAKANG
Pemeliharaan Şasis dan Pemİndah Tenaga Kendaraan Ringan adalah salah satu mata pelajaran SMK Program Keahlian Teknik Otomotif bagi Kelas XI. Pelajaran İni termasuk pada Paket Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif(C3) pada struktur kurikulum SMK Teknik Kendaraan Ringan.

Mata pelajaran ini diajarkan selama satu tahun pelajaran, yaitu pada kelas XI. Jumlah jam tatap muka mata pelajaran keahlian memang tergolong banyak, mengingat mata pelajaran ini merupakan kompetensi penting yang membantu siswa untuk memahami cara merawat şasis dan pemindah tenaga pada kendaraan ringan.

B. DESKRIPSI
Modul  ini merupakan bahan ajar yang membahas tentang mata pelajaran Pemeliharaan Şasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI dengan ruang lingkup pembahasan sebagai berikut:

l. Melakukan cara perawatan kopling pada mobil
2. Perawatan transmisi mobil
3. Perawatan poros propeler, differential dan poros roda pada mobil
4. Perawatan sistem rem pada mobil
5. Perawatan sistem kemudi dan power steering pada mobil
6. Perawatan roda mobil
7. Perawatan ban dan evaluasi hasil perawatan berkala

C. KOMPETENSI İNTİ MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RİNGAN KELAS XI
Kelompok : C3 (Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif)
Mata Pelajaran : Pemeliharaan şasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI

Modul (Materi) Pemeliharaan Sasis dan Pemindah tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) Kelas XI Lengkap

KOMPETENSI INTI
3. Menerapkan, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidan dan lingkup kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalatn konteks pengcmbangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Kendaraan Ringan Otomotit Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaJi secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung

D. PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
Baca dan pahami isi buku ini untuk memudahkan dalam proses kegiatan belajar.

1. Bagi Fasilitator Guru
Tenaga pendidik profesional sudah memahami apa yang akan dilakukan untuk membantu anak berhasil dalam pelajarannya. Keberhasilan dalam dunia kerja dan industri juga menjadi prioritas utama guru saat ini.
  1. Pastikan peserta didik yang akan mempelajari bahan ajar ini telah mempelajari bahan-bahan ajar prasyarat secara tuntas.
  2. Bantulah peserta didik dalam mempelajari bahan ajar ini agar pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien.
  3. Identifikasi dan analisislah sarana prasarana kegiatan belajar yang ada di sekolah serta dunia perpajakan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
  4. Berikan motivasi, bimbingan, dan pendampingan agar gairah belajar peserta didik dapat meningkat.
2. Bagi Peserta Didik
Bacalah dengan cermat rumusan tujuan akhir dari kegiatan belajar ini. Tujuan tersebut memuat kinerja yang diharapkan kriteria keberhasilan, dan kondisi yang diberikan dalam rangka membentuk kompetensi kerja yang akan dicapai melalui bahan ajar ini.
  1. Bacalah dengan cermat materi setiap kegiatan belajar. Kerjakan tugas dan jawablah pertanyaan tes. Lakukan kegiatan ini sampai peserta didik tuntas menguasai hasil belajar yang diharapkan.
  2. Jika dalam proses memahami materi ini peserta didik mendapatkan kesulitan, diskusNcan dengan teman-teman peserta didik atau konsultasikan dengan fasilitator.
  3. Setelah peserta didik menuntaskan semua kegiatan belajar dalam bahan ajar ini, pelajarilah bahan ajar selanjutnya.
  4. Peserta didik tidak dlbenarkan melanjutkan ke kegiatan belajar berikutnya apabila belum menguasai benar materi pada kegiatan belajar sebelumnya.
E. TUJUAN AKHIR PEMBELAJARAAN
Setelah mempelajari bahan ajar mata pelajar Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI ini, peserta didik dapat:
  1. Melakukan cara perawatan kopling pada mobil
  2. Perawatan transmisi mobil
  3. Perawatan poros propeler, differential, dan poros roda pada mobil
  4. Perawatan sistem rem pada mobil
  5. Perawatan sistem kemudi dan power steering pada mobil
  6. Perawatan roda mobil
  7. Perawatan ban dan evaluasi hasil perawatan berkala



Post a Comment for "Modul (Materi) Pemeliharaan Sasis dan Pemindah tenaga Kendaraan Ringan (PSPTKR) Kelas XI Lengkap"