Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

ARTI KODE ERROR AC SHARP INVERTER dan Cara Mudah Mengatasinya

Bertemu kembali sobat-sobat, Pak Galingging.
Arti kode error AC sharp Inverter dan cara mengatasinya. Dalam kesempatan saat ini kami sedikit menulis tentang error-error yang terdapat pada ac Sharp inverter, saya merasai pengalaman saya masih sangat kecil dan apabila terjadi kesalahan dalam analisa dan solusinya saya mohon maaf.

ARTI KODE ERROR AC SHARP INVERTER dan Cara Mudah Mengatasinya

Saya mempelajari modul inverter dimulai dari beberapa tahun yang lalu, pastinya terdapat yang gagal juga terkhusus apabila terjadi errornya di Micom dan Firmware. Beberapa jenis modul inverter yang pernah diperbaiki di bengkel kami terhitung masih tidak banyak dibandingkan dengan modul non-inverter.

Artikel arti Kode Error AC Sharp dan Cara Mudah Mengatasinya kami buat sebatas kode error outdoornya saja karena error di indoor biasanya sampai batas mati total, tidak berespon ketika diremot serta motor fan tidak kerja, berpeluang akan kami bahas dilain waktu. Apabila modul outdoor error maka LED timer di modul indoor akan menyala kedip-kedip.

ARTI KODE ERROR AC SHARP INVERTER  dan Cara Mudah Mengatasinya

Pada gambar di atas ialah tabel indikator error pada bagian outdoor AC sharp inverter yang ditunjukkan dengan kedipan atau flashing lampu LED-nya. Terdapat 3 jenis indikator led pada modul outdoor (lihat gambar tabel di atas) yakni:
  • Bulat setengah putih setengah hitam (kedip cepat) artinya kedip dengan cepat, 3 kali dalam 2 detik dan dijeda dengan kedip lambat. Bila jumlah kedip cepat sudah terpenuhi sesuai errornya maka led akan menjadi kedip lambat, jadi untuk menghitungnya lagi harus dengan cara mematikan aliran listriknya.
  • Bulat hitam artinya led menyala tanpa kedip.
  • Bulat putih (kedip lambat) artinya led kedip 1 (satu) kali dalam 2 detik.
Dibawah ini merupakan tabel sederhana yang saya bikin (minta maaf apabila tampilan tabel kurang rapi, garis batas kanan ada hilang): 

NO
TANDA LED
DIAGNOSA
SOLUSI
1
🌕
BAGUS, 1 kedipan per 2 detik
Tidak ada perlakuan, karena NORMAL.
2

🌑

Serial sinyal error, led menyala tanpa kedip
Periksa garis komunikasi data: kabel penghubung, jalur RX-TX di indoor dan outdoor
3
🌓 x 1 kali
Jalur thermis short
Periksa thermis short atau tidak, cek jalur thermis di modul
4
🌓 x 2 kali
Over heating
Periksa suhu kompresor, cek suhu pipa, cek/ganti thermis, cek pendingin (heat sink) ic IPM
5
🌓 x 5 kali
Jalur thermis putus/open
Periksa thermis, cek jalurnya di modul
6
🌓 x 6 kali
Arus DC bermasalah
Periksa kapasitor besar 450V, cek relai parallel NTC, periksa feedback IPM ke micom, periksa detector tegangan DC
7
🌓 x 7 kali
Arus AC bermasalah
periksa tegangan listrik, periksa sekring kaca dan kotak, cek NTC, periksa detector tegangan AC
8
🌓 x 9 kali
-
???
9
🌓 x 10 kali
EEPROM error
Lakukan Flashing software (memori)
10
🌓 x 11 kali
-
???
11
🌓 x 12 kali
Sekring suhu bermasalah
Periksa sekring suhu yang ada di sekitar IC IPM, sekring akan putus apabila ipm panas melebihi suhu standarnya
12
🌓 x 13 kali
Putaran kompresor trobel atau terkunci
Periksa arus yang masuk kompresor,  apabila kompresor macet maka system protek di IPM akan aktif atau IPM akan terbakar
13
🌓 x 14 kali
Pulse Amplitudo Modulation
Periksa sinyal dari micom, cek IGBT, Cek Resistor Shunt dari ground 300VDC.
































Jenis modul dari tipe AC yang berbeda-beda atau merk yang lain, bisa jadi akan berbeda pula biasanya pada sensor thermisnya: sensor thermistor udara, sensor thermistor pipa dan sensor thermistor kompresor. Apabila sobat-sobat memiliki data thermistor dari beberapa tipe dan merek lainnya, bolehlah sekiranya di bagikan ke kami kirim melalui kolom komentar atau Whatsapp nomor di atas.

Masalah yang butuh diperhatikan dalam AC Sharp inverter, yaitu:
  • Saat pencucian AC, tolong arahkan semprotan air agar tidak sampai mengenai area modul. Perlu perhatian motor fan outdoor ataupun indoor apabila kabel motornya terdapat 5 (lima) buah besar kemungkinan motor tersebut merupakan jenis inverter. Oleh karena ini usahakan motor tidak berputar pada saat kena semburan air, ganjal dengan sesuatu benda yang memungkinkan contohnya obeng ataupu lainnya. Sebab bisa dikhawatirkan ketika blade (sirip motor) berputar akan menghasilkan arus listrik dari dinamo motor. Serta arus yang tidak diharapkan ini akan menuju modul sehingga akan membuat IC ipm di dalam motor rusak. Tentunya kejadian ini  ujung-ujungnya justru membuat masalah baru.
  • Ketika pemasangan unit, kabel komunikasi data jangan tertukar arahnya, sebaiknya gunakan kabel 4 masing-masing untuk grounding, L, N dan terminal Data.
Motor listrik jenis inverter bukan cuma digunakan pada AC sharp inverter, intinya motor tidak memakai kapasitor, hal yang paling sering kami temui pada motor fan indoor Daikin, LG, dan beberapa merk lainnya walaupun AC-nya juga non-inverter. 

Seperti itu lah dulu ulasan kami, kami minta maaf apabila terdapat yang kesalahan dan mudah-mudahan bermanfaat.