Merawat Mesin Diesel Turbo Biar Makin Bertenaga dan Awet : 7 Cara

Cara Merawat Mesin Diesel Turbo – Hingga dengan saat ini mesin mobil dengan bahan bakar gasoline memang menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang, pun demikian terdapat banyak juga orang lebih suka dengan memakai mobil mesin diesel. Malahan dengan semakin berkembangmya teknologi seperti saat ini ada beberapa varian kendaraan telah menerapkan mesin diesel turbo, dimana teknologi ini di klaim mampu menghasilkan tenaga lebih power full namun irit bahan bakar.

Merawat Mesin Diesel Turbo Biar Makin Bertenaga dan Awet : 7 Cara
Sudah semestinya kalian ingat bahwa mobil dengan mesin diesel turbo wajib mendapat perawatan secara maksimal, karena pada komponen tersebut lebih mudah panas dikarenakan putaran turbin sangat cepat mencapai kira-kira 10.000 rpm. Disebabkan karena itu kita sangat menganjurkan agar selalu cek oli mesin apakah tetap bagus atau udah tidak layak dipakai, gara-gara manfaat dari oli selanjutnya untuk mendinginkan mesin diesel turbo.

Pada komponen turbo diesel perlu mendapat perawatan supaya performa yang dihasilkan tetap terjaga, kecuali kalian meremehkan hal tersebut maka sanggup mengakibatkan turbo cepat panas dan apalagi mengakibatkan oli mesin akan keluar. Tentu hal layaknya ini tidak dambakan terjadi terhadap kendaraan kesayangan kalian seluruh bukan ? Maka berasal dari itu rawat bersama dengan benar supaya turbo awet, adapun langkah merawat mesin turbo benar-benar simpel serupa layaknya  CARA MERAWAT RADIATOR MOBIL serta beberapa komponen lain pada unit kendaraan atau mobil.

Kendati beberapa MOBIL ENGINE DIESEL TERBAIK sudah menerapkan teknologi yang canggih, namun pengguna diharuskan untuk melakukan perawatan tidak hanya pada saat melakukan service rutin saja. Laindari pada melakukan service secara rutin, kalian juga harus merawat beberapa komponen lain yang diharuskan dilakukan sendiri seperti pengecekan oli mesin dan beberapa tahap tahap lainnya yang akan Pak Galingging bahas pada artikel kali ini.

Ketika merawat mesin diesel turbo tidak memakan waktu sangat lama, malahan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja kok dan untuk mengetahui bagaimana cara merawat mesin diesel turbo yang benar seperti apa? Yang tersebut dibawah ini kami sudah menyiapkan pembahasan tentang apa saja langkah untuk merawat mesin turbo pada kendaraan, supaya lebih jelas, silahkan langsung simak saja sebagai berikut.

Apa Fungsi Mesin Diesel Turbo

Tidak langsung Lanjut ke pembahasan utama, sebelumnya terlebih dahulu menjelaskan fungsi utama dari mesin diesel turbo dengan tujuan agar kalian paham dan bisa memperhitungkan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dalam merawat mesin diesel turbo. Lantaran tidak mungkin jika merawat mesin turbo tanpa harus mengetahui terlebih dahulu fungsinya, kalau terjadi seperti demikian bukan menjadi awet malah tambah rusak.

Peran mesin diesel turbo untuk menekan gas masuk agar menuju ke dalam ruang silinder dan nantinya akan di putarkan oleh turbin, pula nantinya akan memanfaatkan dari gas buang. Gas buang terbut akan memutarkan turbin dan menghisap udara dari box filter agar menuju ke intek. Seagaknya itulah penjelasan mengenai fungsi utama dari mesin diesel turbo yang sudah dibawakan pada beberapa kendaraan terbaru.

Bagaimana Cara Merawat Mesin Diesel Turbo

Lalu berlanjut ke pembahasan utama yakni cara merawat mesin diesel turbo, diatas juga telah dijelaskan dalam merawat turbo pada mobil cukup sederhana dan bisa dilakukan sendiri. Kira kira apa saja harus dilakukan ? Untuk menjawab rasa penasaran kalian, silahkan simak langsung sebagai berikut.

Rutin Cek Kualitas Bahan Bakar

Kemudian tips merawat mesin diesel turbo ialah selalu mengecek kualitas bahan bakar yang digunakan pada kendaraan kalian, meskipun terbilang cukup sepele. Akan tetapi sangat berdampak bagus terhadap mesin diesel turbo pada mobil kalian, Oleh sebab itu jangan beranggapan hal sepele pada mesin mobil.

Service Rutin


Adapun cara merawat mesin diesel turbo harus dilakukan pertama ialah service secara rutin baik itu melalui bengkel resmi dari jenis kendaraan kalian, atau tidak di bengkel langganan. Waktu saat service, informasikan kepada mekanik untuk melakukan pengecekan turbo agar mengetahui kondisinya masih oke atau tidak.

Teratur Melakukan Ganti Oli


Terdapat waktunya untuk melakukan pergantian oli secara rutin meskipun oli pada mesin turbo masih banyak, bahkan banyak orang lebih menyarankan untuk melakukan pergantian oli sebelum habis dan mengental warna hitam. Hal ini bertujuan agar komponen pada turbo diesel tetap bekerja dengan sempurna.

Selalu Cek Kualitas Oli


Kemudian kita teruskan ke cara merawat mesin diesel turbo yang kedua selalu cek oli mesin apakah masih cukup dan masih berkualitas bagus. Jika oli sudah kental dengan warna hitam serta oddo meter menunjukan untuk melakukan pergantian oli, maka segara ganti oli tersebut.

Selalu Panaskan Mesin Terlebih Dahulu


Selanjutnya tips merawat mesin diesel turbo yang baik yakni selalu panaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan dengan tujuan agar pelumas pada mesin kendaraan menyebar ke seluruh bagian bagian terkecil sekalipun. Untuk memanaskan mesin mobil tidak terlalu lama, 5 menit saja sudah cukup baik itu kendaraan mau digunakan ataupun tidak digunakan.

Rutin Bersihkan Filter Udara


Selalu rutin membersihkan filter udara merupakan langkah Selanjutnya pada turbo diesel, dapat dikerjakan sebulan sekali (1x bulan) atau dua bulan sekali tergantung dari pemakaian kendaraan setiap harinya. Jika kendaraan sering digunakan untuk bepergian, maka wajib membersihkan satu bulan sekali atau setiap kali service rutin filter udara juga dibersihkan.

Pakai Bahan Bakar Sesuai


Bahan bakar yang digunakan juga harus sesuai dengan ketentuan, itu tidak hanya membuat performa mesin semakin bertenaga saja. Didalam mesin mobil juga terjaga kebersihannya, hal itu dikarenakan menggunakan bahan bakar standar sesuai dengan anjuran dari pabrik.

Kata Penutup

Jika anda setia melakukan ini, ada hal positif yang terjadi antara anda dan mobil, yaitu chemistry yang sangat terpaut. Uraian diatas itu adalah pembahasan lengkap mengenai tips dan cara merawat mesin diesel turbo pada mobil kesayangan beserta fungsi utama turbo diesel yang bisa Pak Galingging sampaikan kepada pembaca semua. Mudah-mudahan saja dengan adanya informasi seperti ini dapat membantu semua sedang membutuhkannya.