Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Bracket alat pemadam api ringan (APAR) Tabung 3 kg

Anda menemukan artikel ini karena sedang mencari cara membuat bracket alat pemadam api ringan (APAR) Tabung. Yup! APAR yang sudah dibeli, pastinya harus ditempatkan pada posisi masing-masing sesuai denah yang dibuat. Karena itu anda perlu membuat gantungan dari alat ini.

Jika anda bigung untuk membuatnya, tenang saja, kami akan bantu dan beri inspirasi kepada anda. Pada kali ini kami sudah membuat alat gantung apar yang tidak sederhana. 

Cara Membuat Bracket alat pemadam api ringan (APAR) Tabung

Kami melakukan produksi di bengkel resmi kami, yaitu bengkel NUASA. Mirip labolatorium yang meneliti luar angkasa, bukan. Apa saja bahn dan alat yang kita perlukan dalam membuat alat ini, Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

A. Bahan Membuat bracket APAR

1. Besi plat strip 3 mm x 30 mm x 6000 mm 1 lembar
2. Besi beton 8 mm 1 batang
3. Draw latch (Engsel gembok) 1 set
4. Gembok (Jika perlu) 1 set
5. Karet secukupnya
6. Cat kaleng warna hitam 0.8 l 1 kaleng

B. Gambar Kerja Bracket APAR

Tentu saja kita sangat memerlukan gambar kerja agar dapat terwujud produk yang kita inginkan. Seperti apa gambar kerjanya, lihat dibawah ini. Gambar yang saya buat sangat jelek dan hanya menggunakan pena tanpa penggaris dalam membuatnya.
Cara Membuat Bracket alat pemadam api ringan (APAR) Tabung 3 kg

C. Langkah -Langkah Pembuatan Bracket APAR:

  1. Kita bentuk potong plat sepanjang 16 cm sebanyak 2 potong (Plat A), sepanjang 35 cm sebanyak 1 (satu) potong (Plat B).
  2. Beri lubang D 4mm pada plat A dikedua sisinya perhatikan gambar (2), lalu pada plat B juga beri lubang 3 lubang dengan Diameter 4 mm. Lubang pada plat B ini berfungsi sebagai tempat penggantungan brackect APAR di diding. Lalu las ketiga part menjadi bentuk gambar (2). Rangka pertama selesai.
  3. Sekarang saatnya membuat bulatan bawah bracket menngunakan plat juga, potong plat sepanjang 49 cm, lalu bentuk menjadi bulat.
  4. Setelah itu las pertemuan kedua ujung plat tersebut, sehingga bulatannya terkunci.
  5. Bundaran ini, tempatkan pada bagian bawah rangka pertama tadi, lalu las.
  6. Sekarang pembuatan krengkeng bracket APAR, kita potong besi bulat sebanyak 6 potong dengan panjang 28cm.
  7. Kemudian keenam besi tadi dibentuk seperti gambar (5).
  8. Kemudian kita bentuk part seperti gambar (4) dan gambar (3) sebagai tempat dudukan keenam potongan besi bulat tadi.
  9. Sekarang krengkeng sudah jadi. Berikutnya adalah memasang krengkeng pada rangka pertama tadi, jika kurang pas, silahkan berimprovisasi agar krengkeng bisa bergerak buka-tutup pada rangka pertama.
  10. Sekarang saatnya pengecatan dengan menggunakan cat minyak. Pengguaan warna adalah: rangka pertama diberi warna hitam, sementara krengkeng diberi warna merah.
  11. Tunggu sampai kering.
Bracket APAR 3kg sudah jadi.

Demikian cara membuat bracket alat pemadam api ringan (APAR) tabung berukuran 3kg. Untuk anda yang ingin mencoba, silahkan! Karena ini sudah dibuatkan oleh anak didik saya dan BERHASIL. Semoga bermanfaat.

Catatan: Kami meminta maaf, Gambar asli dari karya ini tak sempat saya ambil, karena siswa saya buru-buru mengumpulnya keruang yayasan, karena itu, yang saya buatkan adalah gambar serupa.

Post a Comment for "Cara Membuat Bracket alat pemadam api ringan (APAR) Tabung 3 kg"