Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Format Laporan Praktikum Otomotif (TKRO)

contoh format laporan praktikum otomotif
Praktikum di bengkel via TribunNews

Contoh format Laporan Praktikum otomotif (TKRO) antara sekolah satu dengan lainnya berbeda. Hal ini dapat kita pastikan karena banyak faktor yang menentukan. Misalnya saja pada sekolah yang memiliki peralatan yang lengkap dan didalam bengkel masing-masing miliki komputer pada ruang teori bengkel tersebut, mungkin akan meminta siswa membuat laporan praktikum langsung di komputer.

Contoh Format Laporan Praktikum otomotif (TKRO)

Berbeda halnya pada sekolah yang memiliki peralatan/sarana praktikum yang pas-pasan, bisa saja siswa hanya diminta membuat laporan praktikum langsung dituliskan pada buku catatan mata pelajaran tersebut.

Demikian halnya pada sekolah yang memiliki sarana praktikum bengkel yang "lebih dari cukup", kemungkinan guru yang membawakan pelajaran tersebut akan meminta siswa membuat laporan praktikum di print dalam kertas A4.

Bapak ibu guru akan berkreasi menyesuaikan kemampuan peserta didik yang ia miliki. Tentu saja hal ini akan melahirkan format dan teknis laporan yang berbeda-beda antar sekolah. Jangankan untuk antar sekolah, bahkan, bisa saja antar grup satu kelas akan lain kebijakan pembuatan laporan praktikum ini.

Saya sebagai guru teknik kendaraan ringan otomotif memiki pertimbangan teknis tersendiri dalam menerapkan format dan teknik pelaporan praktikum siswa. Sebagai bahan referensi bapak ibu guru yang sedang mencari format laporan praktikum, berikut saya buatkan contoh format laporan praktikum siswa teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO), yaitu:

Berikut contoh format laporan praktikum otomotif


LAPORAN SEMENTARA INDIVIDU

JOB KE :

NAMA JOB :

NAMA SISWA :


A. TUJUAN PRAKTIKUM
    1. 
    2. 
    3. 
    ...
    ...

B. ALAT DAN BAHAN YANG DIPERLUKAN

C. FUNGSI SISTEM PADA MOBIL
.............
.............
.............


D. LANGKAH KERJA YANG DILAKUKAN

E. HASIL PRAKTIKUM

    1. NAMA SISTEM

    2. NAMA KOMPONEN

    3. MENGIDENTIFIKASI KOMPONEN (dan Fungsi singkat)
        3a.
        3b.
        3c.
        3d.
        ...
        ...


F. KESIMPULAN
.............
.............
.............


G. SARAN
.............
.............
.............

Agar bapak/Ibu guru memiliki kesamaan pemahaman dengan saya terkait bentuk/format laporan tersebut, saya mencoba membuatkan keterangan dari setiap point-point struktur laporan.

A. TUJUAN PRAKTIKUM

Keterangan contoh format laporan praktikum otomotif (TKRO) diatas. Pada bagian tujuan praktikum disebutkan target yang akan dicapai setelah melaksanakan tugas praktikum tersebut. Target ini boleh berbentuk deskripsi ataupun list, semuanya tergantung banyaknya hal yang dipraktekkan siswa. Misalnya, tujuan praktikum kali ini adalah mengidentifikasi komponen dan fungsinya.

B. ALAT DAN BAHAN YANG DIPERGUNAKAN

Kita berlanjut pada bagian kedua, alat dan bahan apa saja yang dipergunakan selama melaksanakan praktikum tersebut. Disini semuanya disebutkan tanpa terkecuali, mulai dari bahan-bahan sederhana, hingga rumit, dan juga alat yang biasa sampai alat-alat khusus, tuliskan semua pada bagian alat dan bahan.

C. FUNGSI SISTEM PADA MOBIL

Apa saja fungsi dari sistem tersebut pada mobil? Anda boleh tuliskan pada kolom fungsi sistem ini. Misalnya anda sedang praktek membongkan alternator, sehingga dapat kita simpulkan bahwa altornator berada didalam sistem pengisian konvensional ataupu IC. Buatlah fungsi sistem pengisian pada kolom ini. Mengenai bentuk, anda dapat berkreasi sendiri, apakah bentuk list ataupun deskripsi.

D. LANGKAH KERJA YANG DILAKUKAN

Tentu saja anda sudah melaksanakan overhoul (bongkar pasang alternator) dan mengetahui proses pekerjaannya. Semua proses atau tahapan yang dilakukan mulai dari melepas baut-baut, pengait, mengenali komponen, hingga memasang kembali anda sudah ada dalam pikiran anda. Ingat-ingat kembali semua proses itu dan tuliskan pada kolom langkah kerja yang dilakukan.

E. HASIL PRAKTIKUM

Kemudian hasil praktikum anda isikan pada kolom ini. Apa saja hasil yang anda peroleh? Kita kaitkan lagi dengan tujuan praktikum. Apa bila tujuan praktikum adalah mengidentifikasi komponen kelistrikan alternator, tuliskanlah semua komponen yang berhasil anda kenali disini. Namun, jika tujuan praktikum adalah mengukur, anda tuliskan hasil ukuran pada kolom ini.

Kreasi anda dibutuhkan pada bagian ini, baik itu membuat tabel, list atau daftar, maupun deskripsi atau keterangan. Pilihlah bentuk yang menarik dan mampu menunjukkan bahwa kreativitas yang kamu miliki berbeda dengan temanmu. Semakin padat informasi yang kamu sampaikan, semakin baik kemampuanmu.

F. KESIMPULAN

Buatlah uraian mengenai capaian tujuan praktikum yang diperoleh pada kolom ini. Dalam artian, masing-masing tujuan praktikum harus dijawab pada bagian ini. Sangat tidak disarankan untuk melewatkan satu pointpun dari tujuan awal dilakukan praktikum.

Apabila tujuan praktikum nomor satu tidak tercapai, anda harus menyebutkannya tidak tercapai pada bagian kesimpulan ini. Demikian pula untuk tujuan praktikum nomor dua, tiga dan selanjutnya, adan wajib sebutkan hasilnya dibagian ini.

G. SARAN

Nah, bagian terakhir yakni saran atau masukan juga penting untuk disampaikan. Tuliskan apa hal yang membuat tujuan praktikum tidak tercapai. Bahkan, kamu juga dapat memberi feedback / komentar terkait cara kelengkapan sarana praktikum pada kolom ini. Misalnya, karena alat tertentu yang belum ada, ataupun bahan tertentu yang tidak tersedia.

Selain itu, anda juga dapat menyampaikan metode-metode baru yang menurut kamu lebih baik. Misalnya, dalam proses pembongkaran terdapat langkah yang lebih efektif dalam melepas komponen. Silahkan saja disampaikan dibagian Saran ini.

Kata Penutup

Saya tidak dapat mengatakan bahwa contoh format laporan praktikum otomotif ini sudah yang terbaik. Namun, disini saya hanya ingin memberi inspirasi kepada bapak/Ibu guru. Semoga dengan adanya format laporan yang saya contohkan ini dapat menyulut kreativitas bapak/ibu guru untuk membuat laporan yang lebih padat informasi.

Saya sendiri sangat mengharapkan format dari bapak ibu guru. Untuk itu, mari kita saling bertukar informasi terkait pembelajaran praktikum dibengkel otomotif, khusunya mengenai bentuk laporan yang menarik dan informatif.

Post a Comment for "Contoh Format Laporan Praktikum Otomotif (TKRO)"