Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Master Kopling Atas Rusak dan Cara Memperbaiki

Berbagai ciri ciri master kopling atas rusak yang dapat diidentifikasi dengan berbekal pengetahuan mekanik. Potensi kerusakan terutama pada master kopling atas sangat besar, hal ini menyangkut tugasnya yang paling sering digunakan. Jika timbul kerusakan akan muncul berbagai gejala atau ciri yang mengarah kepada bagian ini. Lantas apa saja ciri ciri master kopling mengalami kerusakan?

Komponen kopling khususnya master kopling atas merupakan satu elemen yang terdapat pada mekanisme kopling mobil. Master kopling atas ini juga memiliki nama lain di masyarakat yaitu sebutan master clutch. Tugas dari master kopling atas adalah untuk menggantikan penekanan mekanis dari pedal kopling menjadi penekanan hidrolik yang akan disalurkan ke bagian master kopling bawah (power clutch).

Berdasarkan tugas aktif ini, master clutch tersebut akan mengganti penekanan pedal kopling yang sudah dilakukan dari kaki sopir berubah menjadi tekanan hidrolik yang diteruskan melalui pipa hidrolik dan digunakan untuk menggerakkan clutch cover. Sesudah seperti ini kampas kopling akan terlepas dari putaran engine dari fly wheel.

Pastinya dalam penerapannya memerlukan berbagai proses perawatan yang dilakukan secara berkala. Jika hal ini dilalaikan oleh pemilik tentu akan mempercepat terjadinya kerusakan pada master kopling mobil. Hal ini akan mengakibatkan sistem kopling tidak dapat bekerja dengan optimal.

Alasan pentingnya pengetahuan yang satu ini membuat kami menghasilkan artikel berikut ini akan mengulas tentang gejala gejala yang terjadi pada saat master kopling atas rusak. Silahkan dibaca ya, hingga habis beberapa gejala master kopling atas rusak di bawah ini.

Ciri Ciri Master Kopling Atas Rusak dan Cara Memperbaiki
Master Kopling Atas

Ciri Ciri Master Kopling Atas Rusak dan Cara memperbaiki

Pada umumnya, master kopling atas rusak akan mempunyai gejala yang langsung bisa berasa saat kita berkendara ataupun waktu kita akan mengawali menyetir mobil itu. Berikut ini akan coba kami paparkan kepada anda hasil pengalaman dilapangan yang banyak ditemukan pada kendaraan:

a. Luka dinding tabung karena Usia pakai

Hal selanjutnya terkait ciri ciri master kopling atas rusak ialah saat dinding dalam tabung telah alami guratan,goresan, atau tergerus karena karat. Penyebab kerusakan pada silinder master kopling ini umumnya terjadi karena banyak hal seperti di bawah berikut ini:
  • Minyak kopling mengandung lumpur karena jarang sekali diganti atau dikuras
  • Usia penggunaan master kopling atas sudah sangat lama hingga banyak lecet dan tergores.
Ketika dinding dalam tabung master kopling atas sudah luka dan lecet. Hal ini akan membuat pemisahan minyak kopling yang sudah dilakukan oleh seal master kopling jadi tidak berguna meskipun seal masih keadaan baru.

Apabila kondisi dinding dalam tabung master silinder telah mengalami kerusakan ini, dengan kata lain jalan keluar yang terbaik adalah mengganti master kopling atas secara lengkap.

b. Pedal tidak mau kembali ketika ditekan

Ketika anda menekan pedal kopling dan terasa ngempos dan tidak ingin balik saat diinjak. Analoginya mirip seperti merasakan tidak ada tekanan dan perlawanan yang umumnya terjadi di saat tekan pedal kopling.

Bahkan juga pada mekanisme pedal kopling di mobil tertentu, pedal kopling tak lagi naik kembali lagi ke atas dan masih tetap jeblos di bawah sesudah diinjak penuh. Biasanya, keadaan ini terjadi karena minyak kopling yang habis hingga tidak ada penekanan balik yang hendak menggerakkan pedal untuk kembali naik.

c. Over gigi sulit

Disisi lain yang menjadi satu konsekuensi dengan pedal kopling yang ngempos dan tidak mau balik ini, masalah berikutnya yang menjadi ciri ciri master kopling atas rusak yakni sangat sulit berpindah gigi persneling khususnya saat keadaan mesin hidup.

Ketika master kopling atas telah mengalami rusak, tekanan hidrolik yang diperlukan untuk menekan clutch cover agar kampas kopling terlepas dari putaran fly wheel mesin tidak ada atau menghilang. Kondisi ini mengakibatkan saluran tenaga putar dari mesin ke transmisi tetap berlangsung. Kondisi seperti ini pastinya akan membuat kita sulit menukar gigi persneling.

d. Terdapat rembesan minyak kopling

Sebaiknya perhatikan juga gejala yang muncul ketika master kopling atas rusak pada bagian seal master kopling yang telah bocor atau rusak. Ketika seal master kopling atas rusak dan bocor akan meninggalkan bekas minyak kopling di sekitar tabung master kopling. Selain itu, anda juga dapat memperhatikan jumlah minyak kopling pada tabung reservoir akan berkurang bahkan habis.

Agar dapat memastikan bahwa seal master kopling atas bocor ini pastinya memerlukan pembongkaran master kopling atas. Jika master kopling atas sudah di bongkar, biasaya seal master kopling memiliki bentuk tidak kembali mekar, namun bentuknya akan terlihat meruncing dan pada bagian yang bersentuhan dengan dinding tabung master kopling akan terlihat goresan aus dan terluka.

Jika kondisi kerusakan yang terjadi pada master kopling atas ini hanya terdapat pada sealnya saja, beruntung saja, bahwa kita dapat memperbaiki master kopling atas ini dengan menggantinya dengan seal baru.

Langkah Mendiagnosis Kerusakan Master Koping atas Mobil

  • Luka dinding tabung karena Usia pakai
  • Pedal tidak mau kembali ketika ditekan
  • Over gigi sulit
  • Terdapat rembesan minyak kopling

Cara Mengganti Master Kopling atas Mobil

Jika sudah dapat anda identifikasi bahwa ciri ciri master kopling atas rusak tersebut sudah tepat, saatnya mengganti. Ada beberapa cara mengganti master kopling atas mobil yang dapat dilakukan. Cara-cara ini tidak sulit, bahkan orang awam sekalipun bisa melakukanya. Berikut ini kami uraikan cara mengganti master kopling atas mobil:
  1. Kondisinya yang sangat berdebu membuat kita wajib membersihkan pipa pipa kopling dari adanya kotoran-kotoran debu. Jika minyak kopling terlihat berbeda dengan warna aslinya atau bahkan kotor, menadakan minyak kopling harus dibuang dari saluran pembuangan master kopling bawah.
  2. Membuang minyak kopling dari reservoir apabila sudah kelihatan kotor kehitaman. Kotoran tersebut akan menahan laju pergerakan fluida dalam reservoir minyak kopling masuk ke aliran master kopling atas sehingga membuat buntu aliran.
  3. Isi dengan minyak kopling baru melalui reservoir. Dengan cara ini minyak kopling akan masuk sedikit demi sedikit memenuhi ruang pada pipa-pipa sistem kopling. Kemudian akan berlanjut masuk ke pipa aliran minyak kopling hingga ke master kopling bawah. Lakukan hal ini dengan pedal kopling tidak diinjak. Tips yang perlu kami ingatkan untuk proses pengisian minyak kopling, anda dapat melakukannya sambil menginjak pedal untuk mempercepat proses pengisian.
  4. Selepas langkah pengisian maka cara mengganti master kopling atas mobil berikutnya yaitu bleeding sistem kopling. Adapun tujuan dari langkah ini merupakan untuk menghilangkan beberapa sisa udara yang terperangkap dalam aliran minyak kopling. Lakukan sampai pedal kopling terasa memiliki tenaga menggerakkan fork kopling untuk menggeser plat penenkan kopling.
Kopling merupakan bagian yang paling penting saat mengendari mobil. Karena itu mengenai ciri ciri master kopling atas rusak dan cara mengganti master kopling atas mobil jika boleh saya katakan, wajib untuk dipahami pemilik mobil. Semoga saja tulisan sederhana ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan pembaca sekalian.