Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi

Ini Penyebab Kipas Radiator Mati dan Cara mengatasinya - Siapa yang tidak kesal jika Anda mengalami masalah ini. Anda telah mengikuti jadwal perawatan mesin mobil sesuai dengan waktu. Eh, jangan tahu tiba-tiba kipas radiator yang tidak berkinerja. Sebenarnya kita perlu melakukan perawatan khusus untuk komponen sistem yang pendendekan ini agar tidak mati. Meski begitu, kipas radiator sudah mati. Jadi apa yang menyebabkan kipas radiator mati?

Seperti kita ketahui bahwa kipas radiator adalah komponen dari sistem pendingin yang berfungsi untuk menyedot udara di depan radiator dan menekan udara sehingga dapat mengalir lebih cepat ke gril radiator. Proses ini bertujuan untuk mempercepat proses pelepasan panas dari air pendingin pada sistem. Dengan begitu, suhu air pendingin dingin sebelum disalurkan ke jaket air. Anda dapat membaca secara penuh pada artikel tentang langkah-langkah kerja radiator di Internet.

So, apa sih penyebab sebuah kipas radiator bisa mati? Dan bagaimana cara mengatasinya? Peristiwa ini menyebabkan proses pendinginan yang terjadi pada sistem radiator akan sangat terganggu. Sehingga air pendingin yang telah mengambil panas mesin tidak dapat melakukan pendinginan dengan benar. Ini akan menyebabkan suhu air pendingin secara keseluruhan terus naik.
Ini Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Kipas Radiator Mati
Dengan kata lain, jika kipas radiator mobil mati, air pada radiator tidak mengalami pendinginan dengan benar. Mesin yang harus mendapatkan air "dingin" dari pendinginan kipas bahkan diberi air panas, kemudian mengacu pada mesin overheating. Di bawah ini adalah ulasan sehubungan dengan penyebab kipas radiator untuk mati di mesin mobil.

Berikut Penyebab Kipas Radiator Mati dan Cara Mengatasinya

Saya tidak akan menjelaskan segera sebelum penyebab penggemar radiator mati. Tetapi saya akan sedikit tangen tentang beberapa jenis penggemar radiator mobil yang perlu Anda ketahui. Saat ini jenis kipas radiator mobil terdiri dari dua jenis, jenis pertama kipas radiator mobil konvensional dan kedua jenis penggemar radiator listrik.

Ada perbedaan antara penggemar radiator mobil konvensional dan listrik, Palin jelas dalam proses bagaimana kipas berputar. Dalam jenis kipas radiator konvensional itu akan berfungsi ketika mesin menyala dan kipas ini mengikuti rotasi dari mesin itu sendiri.

Sementara dalam jenis kipas radiator listrik akan bekerja secara elektrik, dan hidup ketika mobil mengalami suhu tinggi sehingga terdeteksi membutuhkan pendinginan ekstra. Lalu apa penyebab kipas radiator mobil untuk mati? Ayo! Mari kita dengarkan beberapa penyebab kipas radiator mobil mati berikut.

  • Rusaknya Sekring Kipas

Penyebab lain dari kipas radiator mobil mati lainnya disebabkan oleh kerusakan kipas penggemar. Komponen ini bertindak sebagai keselamatan untuk menahan listrik yang berlebihan ke dalam rangkaian. Penggunaan sekering pada kipas radiator mobil ini menunjukkan apakah kipas radiator yang digunakan adalah jenis kipas listrik.

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Sekring Fan Putus

Sekring atau fuse memiliki peranan sebagai keselamatan untuk menahan arus listrik yang terlalu berlebihan ke dalam seri. Ketika arus listrik yang mengalir ke dalam sekring terlalu berlebihan, itu membuat sekering akan terputus.

Ketika ada listrik yang berlebihan memasuki, maka sekering akan secara otomatis putus. Jika Anda tahu kipas penggemar yang rusak, wajib memeriksa semua serangkaian penggemar terlebih dahulu. Intinya adalah untuk menghindari kekurangan ke tanah (pendek ke tanah) yang terjadi ketika kipas sepeda motor terbakar, kabel dikupas dan yang lainnya.

Ketika fuse break, masalahnya adalah saluran listrik yang menuju motor kipas radiator akan berhenti dan menghasilkan kipas radiator untuk mati dan tidak ingin berputar lagi.

  • Rusaknya Motor Kipas Pendingin

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Motor Fan Radiator Hangus

Penyebab kipas radiator mobil mati dan tidak berputar setelah itu motor kipas pendingin rusak. Ketika motor kipas radiator rusak, kipas radiator secara otomatis tidak berputar sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga pada akhirnya mesin tidak mendapatkan pendinginan yang optimal.

  • Rusaknya Fan Belting Kipas Radiator

Penyebab berikutnya kipas radiator mobil mati adalah sabuk kipas yang rusak. Ini masalah yang umum dalam jenis kipas radiator konvensional / manual. Kipas sabuk itu sendiri bertindak sebagai penggerak penggemar radiator sehingga dapat memutar.

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Fan Belting Putus

Ketika sabuk kipas rusak, ini ditandai dengan kipas tidak berputar-putar karena tidak mendapatkan energi untuk diputar. Dalam beberapa jenis kendaraan, biasanya penggemar pendingin radiator dihubungkan oleh alternator atau power steering. Desain seperti itu memiliki tujuan penggemar Agara masih dapat berputar-putar meskipun sabuk kipas terputus. Sabuk kipas yang rusak dapat disebabkan oleh sabuk karet rapuh karena usia penggunaan sampai memiliki cairan panas seperti kebocoran minyak, cairan rem dan lainnya.

  • Rusaknya Visco Fan

Penyebab kipas radiator mobil mati berikutnya adalah kerusakan pada kipas visco. Visco Fan adalah salah satu jenis kipas yang menggunakan oli untuk menyesuaikan kecepatan kipas. Sistem yang menganut kipas visco sangat tergantung pada kecepatan mesin.

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Visco Fan Radiator

Ketika suhu mesin rendah karena kipas visco akan menderita selip sehingga kipasnya rendah. Namun, ketika suhu tinggi, kipas visco akan berputar sangat tinggi. Jika kipas Viscco diizinkan, itu membuat omset kipas tidak teratur. Bisa jadi ketika suhu rendah kipas berputar cepat dan ketika suhu suhu mobil tinggi bahkan kipas berputar rendah.

  • Rusaknya Kabel Connector Kipas Radiator Mobil

Penyebab Radiator Fan Car Dead Yaknik Disconnect Connector Connector yang mengarah ke seri penggemar radiator. Kabel dengan konektor terputus atau telah kedaluwarsa akan membuat arus listrik digunakan untuk memutar kipas jadi berhentilah atau jatuhkan. Ini membuat, kipas tidak ingin berputar yang membuat pendinginan mobil tidak optimal.

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Letak Konektor Rangkaian Kipas Radiator

Banyak hal menjadi penyebab konektor atau kabel hancur, mulai dari soket yang meleleh, kabel kabel, kabel digigit oleh tikus, kabel yang telah kedaluwarsa dan secara tidak sehat lagi. Karena itu, pastikan untuk memeriksa kelayakan kabel dan soket sehingga kipas berfungsi baik.

  • Rusaknya Fan Controller Unit


Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Fan Controller Unit

Ada lebih banyak penyebab penggemar radiator mobil mati lainnya, yaitu kerusakan pada regulator penggemar (Unit Pengontrol Kipas). Dalam jenis kendaraan ini, unit ini adalah unit pengontrol rotasi kipas radiator. Ketika elemen ini hancur, karena itu adalah kipas radiator otomatis untuk mati dan tidak berputar-putar.

  • Rusaknya Refrigerant pressure sensor

Pada kendaraan yang tidak dilengkapi dengan ekstra fan AC dan hanya mengandalkan satu fan radiator saja, biasanya proses penataan kipas radiator di tautkan dengan refrigrant pressure sensor.

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Contoh Refrigerant pressure sensor

Konsep yang digunakan dalam refrigeran ini sama dengan sensor suhu pendingin. Hanya pada rujukan ini yang diukur adalah penekanan pada AC Freon. Oleh karena itu, ketika sensor tekanan refrigeran memiliki masalah / hancur, itu mempengaruhi pergantian kipas radiator sampai menjadi satu antara penyebab kipas radiator untuk mati dan tidak ingin berputar

  • Rusaknya Relay Kipas Radiator


Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Skema Rangkaian Fan Radiator

Juga periksa kondisi kipas radiator relai, karena dapat menyampaikan kipas radiator untuk memecah koil atau relai kontak tidak terhubung meskipun pekerjaan relai yang disebabkan oleh kerutan relai kotor yang memblokir saluran listrik ke kipas angin atau sepeda motor plastik di sekitar relai kontak menetes karena panas sampai relai kontak adalah crowsya yang berbeda. Acara ini dapat menjadi penyebab kipas radiator mati.

  • Rusaknya  Karbon Brush Motor Kipas Radiator 

Penyebab kipas radiator mati paling banyak muncul pada mobil-mobil terbaru karena karbon brush habis.

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Rumah Brush Motor Radiator

Selain kuas karbon habis, itu dapat muncul karena sikat karbon macet atau mungkin tidak dapat bergerak, sikat karbon ditelusuri karena dengan sikat karbon terlihat retak yang membuat ukuran fisiknya memperbesar.

  • Rusaknya Sensor Suhu Pendingin


Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Contoh Sensor Suhu Pendingin

Penyebab kipas radiator mobil dihancurkan dan tidak melingkari selanjutnya, kerusakan pada sensor suhu adalah suhu pendinginan. Sensor suhu adalah bagian yang mengirimkan sinyal ke arah ECU (Unit Kontrol Listrik) untuk menghidupkan kipas radiator atau mematikan secara otomatis sesuai dengan suhu air di radiator. Kerusakan sensor ini akan menghasilkan kesalahan membaca pada ECU.

  • Rusaknya Coolant temperature sensor

Penyebab kipas radiator sudah mati sehingga tidak memutar selanjutnya, sensor suhu pendingin yang memiliki masalah atau telah rusak. Suhu sensor pendingin adalah komponen pengirim sinyal untuk kondisi suhu mesin ECU yang ada dalam mekanisme pendinginan.

Penyebab Kipas Radiator Mati, Cara Mengatasi
Coolant Temperature Sensor

Jika sensor menunjukkan kondisi mesin terlalu panas, ini ditandai dengan mengirim sinyal ke ECU untuk mengaktifkan kipas radiator. Karya ini bertujuan untuk membuat proses pendinginan lebih optimal lagi.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Mati

Berikut cara menangani kipas radiator untuk mati di mesin mobil favorit Anda:
  • Ganti sekering, jika keributan / sekering rusak
  • Ganti motor kipas radiator
  • Ganti dengan belting baru
  • Beli kipas visco baru, pasang
  • Buka kipas dan ganti kabel konektor kipas
  • Ganti dengan yang baru, meskipun harga pengontrol kipas mahal
  • Ganti sensor tekanan refrigeran dengan yang baru
  • Ganti relai kipas radiator yang rusak dengan yang baru
  • Mengubah radiator motor sikat karbon kipas dengan yang baru
  • Ganti sensor suhu pendingin dengan yang baru
  • Pertukaran sensor suhu pendingin dengan yang baru
Tanpa kita jelaskan poin-poin di atas yang bisa Anda bayangkan. Tentu saja jika komponen yang rusak tidak dapat diperbaiki, itu akan diganti dengan yang baru. Demikian juga, masalahnya adalah penyebab kipas radiator untuk mati, bagaimana cara mengatasinya ya, diganti dengan suku cadang baru.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan mekanis yang baik, Anda dapat melakukannya sendiri. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk memperbaikinya, panggil mekanika terdekat. Agar kipas radiator Anda diperbaiki langsung di rumah Anda.

Akhirnya ulasan mengenai penyebab kipas radiator mati dan ini atas puncaknya. Semoga ... dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pembaca semua.