Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Form yang Mudah & Jelas (Tutorial Lengkap)

BintanNews - Waktu lalu, orang-orang memanfaatkan Google Spreadsheets (Sheets) untuk menginput data. Akan tetapi, seiring berkembangnya inovasi Google, kini anda bisa membuat formulir dari Google. Mari, pelajari cara membuat Google Form pada artikel kali ini!

Apa bila dulu banyak orang yang menginput data secara manual menggunakan Google Sheets, sangat berbeda dengan sekarang. Masa kini, anda bisa menggunakan Google Form untuk berbagai keperluan, baik untuk mengoleksi data kuesioner, mengumpulkan daftar keanggotaan, atau menyusun alamat untuk mengirimkan produk toko online, dan sebagainya. Walaupun, sebenarnya kamu bisa menginput data alamat pembeli langsung dari website toko online.

Berikut Cara Membuat Google Form dengan Google Drive

Sebelum memulai cara membuat Google Form, kamu harus terlebih dulu mempunyai akun Google yang bisa dibuat gratis di Google Accounts.
  • Buka Google Drive, kemudian klik “New” di sebelah kiri atas seperti gambar.
  • Setelah muncul beberapa pilihan layanan Google, pilih “Google Forms” dan kamu sudah bisa mulai membuat Google Form sesuai keperluanmu.

Cara Membuat Google Form Melalui Link Google

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat Google Form melalui link Google:
  • Klik link berikut ini untuk membuat Google Form.
  • Pada halaman utama Google Form, pilih formulir kosong (blank) atau gunakan template yang ada.
  • Form terbuat dan kamu akan memasuki halaman editor untuk menyesuaikan formulir.
Tips: Kamu juga dapat menggunakan shortcut dengan mengetik form.new pada kolom URL di browser favoritmu.
Setelah berhasil membuat Google Form baru, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini untuk menambahkan pertanyaan dan membuat Google Form yang baik.

  • Tentukan tujuanmu membuat formulir, di contoh ini adalah pendataan peserta perjalanan ke Pulau Pahawang. Setelah itu, berikan judul formulir dan deskripsi yang mewakili tujuan formulir.

  • Langkah selanjutnya adalah membuat daftar pertanyaan. Ada beberapa jenis jawaban yang bisa kamu pilih, seperti jawaban pendek, panjang, pilihan ganda, checkbox, tanggal, waktu (jam), unggah file, dan sebagainya, yang akan menentukan jenis respon pengisi formulir.  Pada contoh berikut, kita akan mencoba mengambil data peserta menggunakan fitur yang disediakan Google Form, seperti nama, jenis kelamin, pilihan layanan, jadwal keberangkatan, dan sebagainya.

  • Klik ikon “+” di sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru.
  • Tentukan apakah pertanyaanmu wajib dijawab atau tidak. 
  • (Opsional) Tambahkan gambar dengan mengklik icon seperti pada kotak merah di gambar berikut
  • Dalam pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda atau checkboxes, kamu bisa menambahkan pilihan bebas yang bisa diisi sendiri oleh pengisi formulir, caranya dengan mengklik ‘add “Other”’ seperti contoh di bawah ini.
  • Terdapat beberapa jenis jawaban lain yang bisa kamu minta ke pengisi formulir sesuai kebutuhanmu, seperti skala linear yang biasanya digunakan untuk kuesioner atau unggah file (File Upload) untuk meminta data berupa konten visual, audio, atau video.
  • Apabila dibutuhkan, jangan lupa meminta informasi pribadi untuk bertukar informasi seperti nomor telepon, akun media sosial, atau email.
  • Anda juga bisa membagi section pertanyaan sesuai keperluanmu. Caranya, klik icon yang terletak di paling bawah seperti di gambar berikut, lalu masukkan judul dan deskripsi baru untuk section baru ini.
  • Setelah formulirmu jadi, kamu bisa melakukan preview dengan mengklik icon mata seperti pada gambar berikut dan halaman yang dituju akan muncul di tab baru.
  • Untuk mengubah tampilan formulir, kamu bisa mengedit tampilannya dengan mengklik icon palet cat seperti pada gambar berikut.

Cara Membuat Google Form di HP

Kamu juga dapat membuat Google Form di HP Android atau iOS. Pada contoh di bawah ini, kami membuat Google Form dengan HP Android, namun metode ini juga dapat diterapkan untuk perangkat iOS.
  1. Langkah pertama, buka link ke Google Form dengan mengunjungi docs.google.com/forms, kemudian klik Add New.
  2. Lengkapi judul dan deskripsi Google Form.
  3. Tambahkan pertanyaan untuk formulir.
  4. Pilih jenis pertanyaan yang akan digunakan.
  5. Isi pilihan jawaban sesuai dengan jenis pertanyaan.
  6. Untuk jenis pertanyaan multiple choices dan checkboxes, kamu dapat mengaktifkan jawaban bebas memilih opsi Add Other.
  7. Jika pertanyaan wajib dijawab, aktifkan opsi Required yang ada di bawah pilihan jawaban.
  8. Atur pembagian section untuk formulir kamu jika ingin mengelompokkan pertanyaan berdasarkan kategori.
  9. Atur tema dan tampilan form sesuai keinginan dengan mengetuk ikon palet di bagian atas.
  10. Preview tampilan akhir formulir dengan mengetuk ikon mata di bagian atas.
  11. Apabila form sudah sesuai, klik Send untuk mulai membagikan formulir melalui email, link, atau embed code.

Cara Membagikan Google Form

Usai membuat Google formulir, cara menggunakan Google Form berikutnya adalah membagikan formulirmu melalui beberapa media, seperti email, link Google Drive, atau menambahkan embed di website, ini caranya:

Membagikan Google Form Melalui email atau link:

  • Klik tombol “Send” di sebelah kanan atas seperti pada gambar
  • Setelah itu, akan muncul pilihan media membagikan formulir, “Send via”. Pilih icon surat untuk pengiriman melalui email dan icon rantai untuk membagikan dalam bentuk link atau tautan.

Membagikan Google Form Melalui embed ke website

1. Klik tombol “Send” di sebelah kanan atas seperti pada gambar
2. Pilih pilihan paling kanan dengan icon “<>”. Jika perlu, atur ukuran (dalam piksel) formulir yang akan ditampilkan di website-mu, lalu salin link yang tertera.
3. Login ke halaman dashboard WordPress website-mu. Lalu pilih “Appearance” dan klik “Widgets”.
4. Klik “Custom HTML” dan pilih di manakah kamu ingin meletakkan formulir ini, lalu klik “Add Widget”.

5. Isi judul dan tempelkan (paste) tautan yang telah disalin tadi ke kolom HTML, setelah itu klik “Save”.
6. Jika cara membuat Google form ini diikuti dengan benar, seharusnya kurang lebih formulirmu akan terlihat seperti ini (tampilan dapat berbeda sesuai tema website yang digunakan dan ukuran yang diatur pada langkah ke-2 tadi).

Memeriksa Hasil Isian Google Form

Jika sudah mengikuti cara membuat Google Form, membagikan formulirmu hingga mengumpulkan data yang kamu perlukan, kamu bisa segera mengecek hasil respon pengisi formulir di menu Response, ikuti cara mudahnya:
  • Pada halaman dashboard Google Form, pilih “Responses”. Hasil respon ini nantinya dapat kamu lihat dalam bentuk ringkasan (summary), per pertanyaan, atau jawaban per individu. Gunakan sesuai keperluanmu.
  • Kamu bisa segera menginput data ke Google Spreadsheet atau mengirim hasil respon ke format lain, seperti .csv atau segera mencetak hasil respon yang sudah ada.

Berbagai Fungsi Google Form

Saat masuk ke halaman dashboard Google Form, anda akan menemukan beberapa template rekomendasi yang dapat digunakan untuk membuat formulir. Akan tetapi, selain beberapa rekomendasi yang telah disediakan Google, terdapat beberapa fungsi Google Form lain yang dapat kamu pergunakan, contohnya:

Sebagai formulir pendataan kontak

Lazimnya informasi ini dipakai untuk mengumpulkan data berupa email demi tujuan pemasaran atau informasi kontak keanggotaan.

Sebagai formulir pendaftaran kerja

Tidak perlu membuat formulir menggunakan format sejenis Google Docs, anda hanya perlu memasukkan pertanyaan dan jenis jawaban kandidat karyawan yang kamu inginkan.

Sebagai formulir isian reservasi event

Tanpa perlu mengirimkan format pendaftaran secara manual, kamu bisa mengirimkan link yang berisi formulir untuk meminta data, bahkan memberikan informasi yang diperlukan dari Google Form.

Sebagai kuesioner

Sebagai kuesioner dapat untuk berbagai tujuan, misalnya kritik, saran, pertanyaan, umpan balik (feedback) untuk evaluasi, bahkan untuk penelitian ilmiah.

Sebagai formulir pendaftaran lomba

Menggunakan pilihan “File upload”, anda juga dapat menggunakan formulir Google Form untuk mengumpulkan file yang dibutuhkan, baik untuk perlombaan, perekrutan karyawan, atau apa pun sesuai keperluanmu.

Sebagai formulir pembelian produk

Tidak perlu melakukan pencatatan manual, anda dapat menyertakan Google Form juga untuk para pembeli produkmu. Namun, lebih baik lagi apabila kamu menggunakan website toko online agar pembeli bisa langsung melakukan pembelian dan data mereka pun otomatis tersimpan di database-mu.

Simpulan

Terbukti, cara membuat Google Form memang mudah, bukan? Selain mudah, apakah penjelasan di atas cukup lengkap? Lebih lanjut untuk mengumpulkan feedback dalam bentuk kuesioner, terbukti Google Form juga mempunyai beberapa fungsi lain yang tak kalah penting.

Ketika menambahkan formulir di website-mu, tidak lupa untuk tetap memerhatikan kecepatan website dengan terus mengoptimasi website, ya! Akan tetapi, jika website-mu mengalami masalah kecepatan, cari di-google artikel Cara Mempercepat Website untuk memperbaikinya. 

Oke, Sob! Begitulah artikel tentang cara membuat Google Form ini. Apabila terdapat pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan di kolom komentar, ya! Mudah-mudahan artikel ini membantu. Salam sukses online!
David Sigalingging
David Sigalingging Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!