Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset ISC Avanza Bermasalah; Inisialisasi

Bintan News | Cara Reset ISC Avanza Bermasalah - Apakah anda tahu bahwa salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pemilik mobil avanza dan juga pemilik mobil-mobil yang mengadopsi EFI yakni rpm naik turun. Biasanya pemilik avanza umum hanya melakukan langkah sederhana yaitu cukup pembersihan Throttle body. Bagi yang punya bagnyak utang, tidak mau repot mereka langsung mengganti komponen Idle Speed Control valve (ISC) motor ini.

Adapun ISC (Idle speed control) Valve merupakan sebuah rangkaian elektronika yang manfaatkan untuk mengatur jumlah udara yang melalui idle port ketika katup gas dalam posisi tertutup supaya mesin dapat tetap hidup pada putaran idle atau stasioner (700 s/d 800 Rpm).

Sistem ISC Valve pada mesin EFI bisa dibilang sebagai pengganti sekrup ISAS ( idle speed adjusting Screw) ataupun Sekrup IMAS (Idle Mixture Adjusting Screw) yang diatur secara manual. Setelah adanya ISC maka pemilik mobil avanza tak perlu mengatur putaran idle secara manual pada mesin EFI, Hal ini disebabkan ISC Valve dikontrol secara elektronik oleh ECU, baik itu putaran idle maupun setelah AC hidup.  

Akan tetapi dalam prakteknya, tak jarang selepas dilakukan pembongkaran atau penggantian ISC valve engine, malah rpm idling mesin ber-ulah, tidak stabil. Hal ini masalah sering terjadi pada rpm mesin akan tetap tinggi bahkan tidak mau turun. Dalam menangani problema ini, salah satu cara paling gampangnya ialah dengan melakukan cara reset ISC, baik pada ECU ataupun ISC nya.

Akan tetapi sebelumnya, sesaat selapas proses bongkar pasang ISC motor, ECU secara otomatis akan melakukan inisialisasi atau penetapan nilai awal posisi ISC valve terhadap lubang di Throttle body. Inisialisasi ISC ditandai dengan munculnya suara dan getaran dari badan ISC yang bisa kita dengar dan rasakan setelah ISC terpasang.
Cara Mereset ISC Avanza Bermasalah; Inisialisasi
Inisialisasi ini terkadang langsung berjalan kadang tidak. Untuk ini, bila proses inisialisasi ISC tidak secara otomatis berjalan, maka kita butuh melakukannya secara manual. Adapun langkah yang diperlukan untuk inisialisasi ISC.
  • Posisikan kunci kontak ke ON (5 detik)
  • Posisikan kunci kontak ke OFF (15 detik)
  • Posisikan kunci kontak ke ON, START, dan nyalakan mesin
Apabila proses inisialisasi ISC ini juga tidak dapat berjalan dengan normal dan saat mesin dihidupkan rpm idling masih tetap tinggi, maka diperlukanlah reset ISC. Apa saja langkah dan cara reset ISC avanza? Ikuti penjelasan cara reset ISC avanza dibawah berikut ini.

1. Posisikan kunci kontak ke OFF

Tahap pertama yang pelu anda lakukan sebagai cara me-reset isc avanza bermasalah ialah dengan memutar kunci kontak pada posisi OFF untuk memutus seluruh aliran listrik dari baterai ke komponen kelistrikan lainnya di mobil.

2. Buka klem pengikat terminal baterai negatif

Selepas kunci kontak di OFF-kan, langkah selanjutnya yang pelu dilakukan adalah melepas klem aki negatif. Gunakan kunci 10mm untuk mengendorkan baut pengikat klem lalu lepaskan kabel negatif yang menempel di terminal negatif aki.

3. Posisikan kunci kontak ke ON

Ketika klem aki negatif sudah terlepas, putar kembali kunci kontak ke posisi ON. Biarkan sesaat kondisi ini (klem aki negatif terlepas, kunci kontak posisi ON) dan tunggulah sekitar 10-15 detik.

4. Tempatkan kembali baterai negatif

Selepas 15 detik, pasanglah kembali klem baterai negatif dan kencangkan sesuai dengan momen pengencangan yang dianjurkan (atau kencangkan seckupnya). Saat memasang klem baterai negatif ini, biarkan posisi kunci kontak tetap pada posisi ON.

Ketika kita mulai menempelkan klem baterai  negatif ke terminal baterai, seharusnya pada badan ISC muncul getaran dan bunyi. Masalah ini wajar dan menandakan bahwa ECU sedang melakukan inisialisasi pada ISC sehingga ISC dapat kembali bekerja dengan normal.

5. Putar kunci kontak ke posisi START dan hidupkan mesin mobil

Selepas pemasangan klem baterai negatif selesai, putar kunci kontak dari posisi ON langsung ke posisi START untuk menstarter dan menghidupkan mesin. Apabila kondisi suhu mesin dingin, umumnya akan terjadi peningkatan rpm dari rpm idling selama beberapa saat dan kembali ke posisi rpm normal (750-850 rpm)

Biasanya cara reset ISC avanza seperti ini sudah dapat menyelesaikan masalah rpm avanza yang tetap tinggi setelah bongkar pasang ISC. Akan tetapi, apabila cara reset isc avanza ini masih gagal dan rpm mesin masih tetap tinggi, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kembali kondisi pemasangan ISC. Pastikan semua bagiannya terpasang sesuai dengan tempatnya, jangan sampai ada yang salah pasang atau terbalik.

Adapun beberapa kesalahan yang paling sering terjadi ketika pemasangan ISC
  • Merusak Karet seal dan tidak diganti baru sehingga udara bocor
  • Ada kotoran pada lubang ISC di throttle body sehingga menggajal pintle penutup lubang ISC.
  • Ukuran ISC yang digunakan berbeda sehingga tidak sesuai dengan lubang didalam throttle body.
  • Longgarnya socket ISC sehingga listriknya gantung.
Nah, begitu tips ataupun cara reset ISC avanza bermasalah yang dapat bintannews.com sampaikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat serta bisa menambah wawasan pembaca sekalian.
David Sigalingging
David Sigalingging Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!