Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Dimaksud Pengendalian Kontaminasi?

APA YANG DIMAKSUD PENGENDALIAN KONTAMINASI
Proses daur Ulang sampah, Sumber : plib-bekasi

APA YANG DIMAKSUD PENGENDALIAN KONTAMINASI 

Ditulis oleh David Sigalingging, S.Pd, Guru Teknik Otomotif 

Bintan Kite - Salam Otomotif, kembali lagi bersama kami di blog pakgalingging.blogspot.com. Pada kesempatan ini kami diberi kesempatan untuk mejawab pertanyaan apa yang dimaksud pengendalian kontaminasi. Pertanyaan yang memiliki nilai prioritas untuk dipahami oleh calon mekanik-mekanik berkualitas lulusan SMK Teknik Otomotif. 

Apa yang dimaksud pengendalian kontaminasi akan bisa kita jawab setelah kita mengetahui pengertian pengendalian dan kontaminasi. Seperti kita ketahui istilah pengendalian kontaminasi terdiri dari dua kata yaitu pengendalian dan kontaminasi. Lalu dalam mind set kita, lingkup dari istilah ini adalah di bidang otomotif. 
Terkait :
1. CONTOH KONTAMINASI YANG ADA DI BENGKEL OTOMOTIF
Saya perlu jelaskan sedikit mengenai bidang otomotif, bidang ini sungguh luas jika kita bahas. Namun poin penting dari bidang ini adalah hal-hal yang berkaitan langsung dengan motor bakar. Seperti manufaktur, perbaikan, perawatan, penjualan bahkan balapan masih termasuk bidang otomotif. 

Pengendalian Kontaminasi adalah

Kita bahas yang pertama, pengendalian. Pengendalian atau disebut juga controlling merupakan salah satu fungsi dari manajemen. Kita dapat mendefinisikan pengendalian sebagai proses penentuan, apa yang harus dicapai apa yang sedang dilakukan, menilai pelaksanaan dan apabila perlu melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana yaitu selaras dengan standar. 

Sementara itu, kontaminasi adalah tercemar atau tercampurnya suatu bahan yang dapat menyebarkan racun. Selain itu, kontaminasi juga dapat berarti terjadinya kebisingan atau kegaduhan. Limbah-limbah yang berasal dari bengkel otomotif dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi pada lingkungan sekitar sehingga menggangu keseimbangan alam. 

Apa yang dimaksud pengendalian kontaminasi adalah upaya membangun sikap peduli untuk meniadakan kontaminasi atau pencemaran lingkungan kerja dan sekitarnya. Hal ini bertujuan agar tercipta tercipta suasana aman, nyaman dan sehat yang akan menguntungkan semua pihak. 

Upaya ini tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja, diperlukan kerja sama semua pihak terkait dalam sebuah manajemen. Mulai dari mekanik, mandor, sampai kepada top mananjemen sebagai fungsi pengendalian. 

Semoga pejelasan saya tentang APA YANG DIMAKSUD PENGENDALIAN KONTAMINASI pememberikan manfaat yang baik untuk para pembaca. Buah pikiran saya ini dapat kita sama-sama pahami. Jika ada saran atau komentar, silahkan tinggalkan dikolom komentar tersedia.
David Sigalingging
David Sigalingging Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!