close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar Hanya Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar Hanya Berdengung - Kipas angin sebagai salah satunya perlengkapan electronic yang paling bermanfaat untuk digunakan dalam ruangan, terutamanya untuk kita yang tinggal di wilayah beriklim tropis seperti pada indonesia ini yang umum alami cuaca kemarau yang panas dan panas.

Dengan memakai kipas angin karena itu situasi dalam ruangan akan jadi lebih sejuk walau ketika cuaca sedang panas dan panas, jadi kipas angin memang sangat pas untuk dipakai ketika cuaca panas seperti di saat kemarau datang.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar Hanya Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar Hanya Berdengung

Karena perannya untuk mempersejuk ruang, kipas angin sering digunakan sepanjang beberapa jam lama waktunya hingga permasalahan kerusakan pada kipas angin lebih rawan terjadi bila dibanding dengan perlengkapan listrik rumah tangga yang lain. Salah satunya permasalahan kerusakan pada kipas angin yang umum terjadi ialah kipas angin tidak mau berputar tetapi tetap dibarengi suara dengungan dari motor listrik atau dinamo kipas angin itu.

Nach, untuk anda yang kemungkinan alami ini, karena itu anda dapat coba lakukan pembaruan sendiri dengan ikuti beberapa cara yang hendak saya ulas di bawah ini. Ini karena kipas angin anda itu sebetulnya masih mempunyai peluang kerusakan yang kecil dan gampang diperbarui, pasti tidak ada kelirunya buat anda coba kerjakan pembaruan sendiri tanpa tergesa-gesa membawa ke arah tempat servis sebab bisa saja kerusakannya cuman remeh dan benar-benar gampang buat anda benahi sendiri.


Kita akan mencari tahu cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar Dan hanya Berdengung dengan melakukan analisis yang detail. Langkah ini perlu dilakukan agar memperoleh keputusan yang tepat guna.

Permasalahan kerusakan pada kipas angin yang tidak mau berputar tetapi tetap dibarengi suara dengungan ini dapat disebabkan karena beberapa jenis hal, bisa saja karena benar ada salah satunya spare part yang hancur dan perlu ditukar, atau juga bisa karena factor permasalahan yang lain. Untuk memperjelasnya langsung baca penjelasannya di bawah ini.

Kipas Angin Tidak Mau Berputar Karena Macet

Kasus kipas angin tidak mau berputar itu dapat karena karena ada kemacetan di bagian as yang semestinya putarannya licin atau enteng, untuk ketahui kemacetan itu anda dapat coba memutar baling-baling atau tangkai as kipas angin itu, bila sesudah dicoba diputar terasanya berat atau bahkan juga tidak mau berputar benar-benar karena itu sudah tentu kipas angin itu alami kemacetan hingga tidak mau berputar saat dihidupkan.

Oleh karenanya, karena itu tentu saja anda harus cari letak permasalahan kemacetan itu. Biasanya kemacetan itu umum terjadi karena gearbox yang hancur. Gearbox ini ialah sisi kipas angin yang perannya untuk putar kepala kipas kekiri dan kekanan (feature swing).


Kadang pemicu dari kipas angin tidak mau berputar dan cuman mendengung bisa juga disini. Umumnya gearbox ini akan hancur dan membuat rotor atau as terhalang hingga pada akhirnya tidak bisa berputar dan hanya kedengar suara dengungan saja. Karena itu coba anda lepas saja sisi ini selanjutnya tes dengan menghidupkan kipas angin anda, bila kipas angin rupanya bisa langsung berputar karena itu sudah tentu pemicunya dari gearbox itu. Jika sudah ini karena itu tidak boleh pasang kembali gearbox yang hancur itu, kerjakan pergantian ulangi gearbox sama yang baru bila anda masih ingin menggunakan feature swing.

Selain disebabkan karena gearbox, kemacetan pada kipas angin dapat juga disebabkan karena kotornya bos (seperti bearing pada kipas angin) dan as yang umumnya membuat kipas angin berputar lamban dan cukup banyak yang tidak dapat berputar benar-benar karena karena karena sangat kotornya bos dan as ini.

Sehingga anda harus lihat baik di bagian as yang sentuh bos sama seperti yang telah saya terangkan dengan pertanda panah di atas, disanalah umumnya tempat berkumpulnya kotoran seperti debu, potongan rambut bahkan juga seringkali ada satu helai benang yang turut terbelit di bagian itu, tidak cuman sisi bos depan saja biasa bos sisi belakang kotor. Bila memang betul ada kotoran sama seperti yang telah saya sebut di atas karena itu anda harus membersihkan kotoran itu keseluruhannya dengan cara membedah rumah dinamonya, ini penting untuk dilaksanakan daripada cuman memberikan minyak pelicin saja tanpa dibikin bersih.

Nach saat semua kotoran itu telah bersih karena itu selekasnya pasang lagi dan janganlah lupa berikan minyak pelicin yang pas misalkan minyak dari mesin jahit merek singer yang pas untuk dipakai pada kipas angin. Dan jangan mencoba-coba memakai minyak yang lekat atau bahkan juga kotor karena ini akan membuat kipas angin anda kembali terhalang atau macet.

Kipas Angin Masih tetap Tidak Mau Berputar Walau Rotor Atau As Tidak Dalam Keadaan Macet

Tidak cuman disebabkan karena kemacetan saja, kipas angin bisa juga stop berputar walau keadaan rotor atau as masih licin atau enteng saat diputar manual dengan kontribusi tangan kosong, ini disebabkan karena faktor-faktor pemicu yang lain seperti di bawah ini.

a. As Dan Bos Aus

Selain kotor, kipas angin yang tidak mau berputar juga bisa disebabkan karena keadaan as dan bos yang aus. Karena sisi as dan bos yang sudah aus, ini membuat status as dengan besi kern jadi tidak sentra hingga as atau rotor itu bersinggungan dengan besi kern dan pada akhirnya terjadi macet saat status kipas angin sedang dihidupkan.

Karena itu bila anda merasakan bos atau as kipas angin sudah aus,langsung kerjakan pergantian di bagian atau spare part itu agar kipas angin bisa berputar dengan kembali normal.
Untuk bos atau seperti bearing pada kipas angin ini anda dapat memperolehnya di beberapa toko electronic khusus perlengkapan listrik rumah tangga, dan untuk spare part rotor atau as anda dapat menelusurinya pada tempat pemasaran barang sisa atau loakan karena biasanya ditoko-toko electronic tidak menjualnya.

b. Kapasitor Mati

Kapasitor yang mati akan membuat dinamo tidak dapat berputar dan cuman akan berdengung saja, meskipun as pada keadaan yang baik saja tidak geret atau macet saat diputar manual dengan kontribusi tangan. Untuk ketahui apa kapasitor sudah hancur atau mati anda dapat memeriksa keadaannya memakai Multitester atau AVO mtr..

Jika kapasitor mati, karena itu anda tinggal menukarnya sama ukuran yang serupa untuk menangani permasalahan kipas angin yang tidak berputar itu.

c. Motor Atau Dinamo Terbakar

Selainnya beberapa pemicu di atas yang kerusakannya termasuk lumayan gampang untuk ditangani, ada pula pemicu dengan kerusakan yang lebih kronis dan benar-benar sulit untuk ditangani yaitu permasalahan dinamo atau motor listrik yang terbakar. Sebetulnya kipas angin yang tidak mau berputar itu juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada belitan dinamonya.

Dan yang umum terjadi adalah belitan bantunya yang telah terbakar, umumnya saat di check dengan AVO mtr. ada yang putus di tengah-tengah. kerusakan seperti ini susah untuk diperbarui, dan mau tidak mau anda harus menukar ulangi dinamonya. Dapat dengan cari jasa pembaruan dinamo yakni rewinding atau anda dapat beli dinamo yang komplet dengan spare part umumnya telah terhitung spare part gearbox, kapasitor dan sebagainya yang dapat anda pasang sendiri di dalam rumah.

Oke sampai disini dahulu untuk ulasan ini kali berkenaan Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar Hanya Berdengung, mudah-mudahan artikel ini dapat berguna. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan sukses.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Mau Berputar Hanya Berdengung"