close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil - Lampu mobil merupakan salah satu fitu paling vital pada sebuah kendaraan fungsi lampu mobil tidak hanya sebagai penerangan utama pada malam hari/dikala gelap, tetapi juga banyak fungsi lain yang juga tidak kalah pentingnya. Seperti memberitahu mengenai dimensi kendaraan, sebagai signal mengenai sesuatu, dll.

Karena nya kondisi lampu mobil harus dijaga agar bisa berfungsi dengan optimal dan bisa menyala dengan terang. Namun pada kenyataanya ternyata permasalahan pada sistem penerangan kendaraan tidak hanya pada komponen utama. Contoh permasalahan yang paling sering berhubungan dengan penerangan kendaraan adalah redupnya nyala lampu dikarenakan kaca/mika lampu yang kotor.

Mika lampu kendaraan untuk mobil-mobil yang sudah dipakai cukup lama biasanya temaram, terlihat berembun, menguning dan tidak bisa terlihat jelas seperti mika baru. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Ok singkatnya ternyata bagian mika paling luar teroksidasi oleh udara, sehingga mengalami reaksi kimia tertentu dan menimbulkan efek buram pada mika. Bahkan kaca lampu/mika yang jarang dibersihkan akan menguning. Selain itu penggunaan lampu dengan watt tinggi, faktor cuaca, jamur kaca dan goresan merupakan hal-hal yang dapat merubah warna dari mika lampu.

Untuk melakukan pembersihan mika lampu banyak pemilik mobil menyerahkannya ke bengkel untuk segera ditangani, namun hal tersebut membutuhkan cost yang lebih untuk perawatan. Berikut cara untuk membersihkan mika lampu sendiri tanpa perlu kebengkel.

Alat yang harus disiapkan:
  1. Kanebo dan kain mikrofiber
  2. Sabun cuci mobil
  3. Siapkan air dalam wadah
  4. Bensin
  5. Amplas 1500 dan 2000
  6. Compound/Pasta gigi

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan mika mobil:


1. Cuci bagian luar dari mika lampu dengan sabun dan air yang sudah disiapkan, hal ini untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada mika, kemudian keringkan dengan lap ataupun kanebo (jika tersedia).

Catatan: bagaian yang dicuci harus benar benar kering, dan dipastikan bersih.

2. Gunakan kompon semir yang mengandung alumunium oksida yang biasa digunakan untuk menyemir logam.

3. Kalian bisa melakukan penggosokan bagian mika dengan gerakan berputar. setelahnya bersihkan dengan air dan lap menggunakan kain sampai kering.


Catatan: Almunium oksida merupakan bahan kimia yang cukup berbahaya, sifatnya keras, dapat merusak lapisan cat. Usahakan jangan sampai terkena body mobil!

4. Ulangi pembersihan hingga 3x atau lebih, tergantung keperluan

Setelah selesai maka kalian akan melihat tampilan lampu akan lebih bersih

Jika almunium oksida tidak tersedia ada cara lain yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan mika dari lampu kendaraan.

Berikut cara membersihkan mika lampu mobil:

1. Cuci bagian luar dari mika lampu dengan sabun dan air yang sudah disiapkan, hal ini untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada mika, kemudian keringkan dengan lap ataupun kanebo (jika tersedia).

2. Campurkan bensin yang sudah disiapkan dengan sabun cuci piring dengan perbandingan 60:40 atau 70:30.

3. Celupkan amplas pada racikan diatas dan mulailah dengan amplas 2000, bersihkan mika dengan gerakan memutar.

4. Jika sudah cukup bersih, bersihkan mika lampu dengan air.

5. Kemudian amplas lagi dengan amplas 1000 sampai dirasa kebersihan mika lampu sudah cukup.

6. Siapkan kompon/pasta gigi putih biasa tanpa whitening/pemutih atau gel dengan min.

7. Poleskan pasta gigi tersebut pada kain lembut tanpa perlu ditambahkan air dan poleskan secara merata.

8. Poles mika dengan gerakan melingkar.

9. Setelah dipoles selanjutnya keringkan dan usap lagi dengan kain yang sudah diberi air untuk membersihkannya.

10. Lakukan berulang ulang sesuai kebutuhan (kondisi oksidasi pada mika).
Berikut merupakan cara merawat lampu mobil agar tidak menguning:

1. Parkirkan mobil di tempat yang teduh (terlindung dari terik matahari)

2. Menggunakan lampu yang sesuai dengan spesifikasi mobil

3. Cuci mika lampu setelah terguyur hujan, jangan dibiarkan terlalu lama supaya noda air tidak membekas

Sekarang timbul pertanyaan, reflektor pada lampu depan berfungsi untuk apa? Semua lampu kepala mobil sudah dilengkapi dengan reflektor. Adapun fungsi dari reflektor pada lampu depan mobil adalah memantulkan sinar dan membentuk fokus penerangan pada titik yang ditentukan.

Apabila kaca reflektor tidak dilengkapi pada lampu kepala, mengakibatkan pijaran lampu yang dihasilkan tidak mempunyai penyinaran yang lebih terang ataupu jauh. Cahaya yang dihasilkan bohlamp hanya membentuk diameter lingkaran cahaya.

Itulah cara membersihkan kaca lampu mobil, mudah kan? Anda bisa melakukan sendiri di rumah.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil"