Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Cara Kerja Motor 2 Tak

Ini dia Cara Kerja Motor 2 Tak - Mungkin kalian pernah melihat sepeda motor seperti RX king dan sejenisnya yang selalu mengeluarkan asap putih dan bersuara bising. Nah kendaraan dengan jenis seperti itu merupakan kendaraan dengan mesin 2 tak.

Tapi tahukah kalian bahwa kendaraan bermesin 2 tak mulai ditinggalkan dan tidak diproduksi lagi. Hal ini berkaitan dengan tingkat polusi yang dihasilkan motor jenis ini cukup tinggi. Selain itu masalah efisiensi pemakaian bagan bakar juga menjadi masalah pada kendaraan bermesin 2 tak. Selain polusi, motor 2 tak lebih boros bahan bakar dan tidak praktis karena ketika pengisian bahan bakar harus dicampur dengan oli samping untuk melumasi komponen engine.

Oli yang dicampur bersama dengan bahan bakar ini akan terbakar di ruang bakar dan menyebabkan keluarnya asap putih dari knalpot sepeda motor dengan mesin 2 tak. Lalu bagaimanakah cara kerja dari motor 2 tak?


Sepeda motor yang kita pakai bisa berfungsi karena adanya mesin yang dipakai sebagai penggeraknya. Secara spesifik mesin yang digunakan pada sepeda motor yang kita gunakan adalah mesin bensin/motor bensin. Terdapat 2 jenis sepeda motor berdasarkan prinsip kerjanya:
  1. Motor 2 langkah (2 tak)
  2. Motor 4 langkah (4 tak)
Motor 2 tak adalah motor yang mengalami 2 proses pada setiap langkahnya. Berikut langkah kerja dari motor bensin 2 tak pada 1 kali siklus kerjanya:
  • Langkah 1. Langkah Isap & Kompresi
  • Langkah 2. Langkah Usaha & Buang
Sedangkan Motor 4 tak adalah motor yang mengalami 1 proses pada setiap langkahnya. Berikut urutan langkah pada motor bensin 4 tak pada 1 kali siklus kerjanya:
  1. Langkah 1. Langkah Isap
  2. Langkah 2. Langkah Kompresi
  3. Langkah 3. Langkah Usaha
  4. Langkah 4. Langkah Buang
Ke-4 langkah diatas merupakan cara kerja motor bensin 4 langkah. Motor bensin 4 langkah merupakan jenis motor pembakaran dalam yang banyak digunakan pada saat ini.

Cara Kerja Motor 2 Tak

Langkah 1. Langkah Isap dan Kompresi

Piston bergerak dari TMB ke TMA, Pada proses ini udara, campuran bahan bakar dan pelumas akan masuk (terhisap ke bak engkol). Dimana saat melewati lubang pemasukan dan pembuangan, piston akan mengompresikan gas yang terdapat di ruang bakar. Proses kompresi ini akan terus terjadi sampai piston berada di TMA. Namun beberapa derajat sebelum TMA busi akan memercikan bunga api dan membakar campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresikan.

Waktu nyala busi yang diseting pada beberapa derajat sebelum TMA dimaksudkan agar puncak tekanan akibat pembakaran dalam ruang bakar bisa terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA ke TMB, karena secara empiris proses pembakaran membutuhkan waktu untuk bisa membuat gas terbakar dengan sempurna oleh nyala api busi.


Sederhananya langkah ini terdari dari 2 kejadian, yaitu yang terjadi di atas piston dan dibawah piston, sebagai berikut:

Diatas Piston
  • Akhir pemasukan bahan bakar ke ruang bakar
  • Terjadi proses langkah kompresi dan pembakaran campuran bahan bakar dan udara oleh busi
Dibawah Piston
  • Terjadi langkah pemasukan campuran bahan bakar dan udara dari karbu ke ruang poros engkol

Langkah 2. Langkah Usaha dan Buang

Piston akan bergerak dari TMA ke TMB, Pada proses ini piston akan mengompresi ruang bilas yang ada di bawahnya. Pada titik tertentu piston akan melewati lubang pembuangan, dan pada saat inilah gas dari proses pembakaran yang terdapat di ruang bakar akan keluar melalui lubang pembuangan.

Selanjutnya pada saat piston melewati lubang pemasukan maka gas yang tertekan di dalam ruang bilas akan terpompa masuk ke dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas sisa pembakaran yang ada di ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan. Pada kondisi ini piston akan terus bergerak ke bawah sampai TMB sekaligus memompa semua campuran udara dan bahan bakar yang ada di ruang bilas menuju ke ruang bakar.





Sederhananya langkah ini juga terdari dari 2 kejadian, yaitu yang terjadi di atas piston dan dibawah piston, sebagai berikut:

Diatas Piston
  • Pada langkah ini terjadi langkah usaha, pembuangan dan awal pemasukan campuran bahan bakar ke ruang bakar.

Dibawah Piston
  • Terjadi langkah kompresi pada campuran udara dan bahan bakar yang berada di dalam ruang di poros engkol untuk disuplai ke ruang bakar.
Ulasan diatas adalah sekilas mengenai cara kerja engine 2 langkah pada motor bensin, bagaimana langkah kerja pada mesin diesel? sebetulnya secara prinsipnya sama karena sama-sama termasuk kategori internal combustion engine, namun bagaimana cara dari bahan bakar diledakannya berbeda. Untuk mengetahui bagaimana siklus motor diesel silakan klik disini. Sekian pembahasan mengenai cara kerja mesin 2 langkah/2 tak, semoga bermanfaat.
Bintan News
Bintan News Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News
close