Kipas angin mengubah energi listrik menjadi Energi?

Kak David, mau naya nih. Kipas angin yang kita gunakan di rumah mengubah energi listrik menjadi energi apa iya, Kak?

Mohon penjelasannya, Kak.
Elysia - Bintan via Telegram



Terimakasih, Elysia.
Pertanyaan yang menarik untuk dibahas kali ini.

Ilmuan mengatakan bahwa sumber energi terbesar di bumi merupakan matahari ☀️.

Matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi, alasanya adalah menyediakan energi panas yang sangat besar. Melalui reaksi fusi berantainya, matahari melepaskan energi panas yang sangat besar dan membuat bumi tetap hangat.

Kipas angin mengubah energi listrik menjadi Energi

Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik menggunakan bantuan teknologi yang tepat, yaitu panel Surya atau Cell Surya.


Panel surya sendiri merupakan sebuah alat yang terdiri dari sel surya yang terbuat dari bahan semikonduktor untuk mengubah energi surya menjadi energi listrik. Prinsip kerjanya didasari oleh pertemuan semikonduktor jenis P dan semikonduktor jenis N.

1. Kipas angin mengubah energi listrik menjadi Energi?

Panel surya bekerja mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Panel Surya adalah alat yang terdiri dari sel surya, aki dan baterai yang mengubah cahaya menjadi listrik. Panel surya menghasilkan arus listrik searah atau DC.

1.1 Contoh Perubahan Energi Listrik menjadi Energi Gerak

Ada juga peralatan elektronik yang memanfaatkan perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Contohnya kipas angin. Arus listrik mengalir melewati motor penggerak pada kipas angin, motor berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin.

1.2 Bagaimana kipas angin dapat merubah energi listrik menjadi energi gerak?

Kipas angin yang sudah dihubungkan dengan stopkontak listrik (terhubung dengan motor listrik) maka baling-baling pada kipas angin akan bergerak. Hal ini disebabkan karena energi listrik mengubah komponen magnet yang berada di dalam kipas tersebut sehingga menjadi energi gerak.

Demikian penjelasan kakak, Elysia. Semoga jawaban ini tidak mengandung makna ganda. Terimakasih sudah mampir.