close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab AC tidak Mau Menyala dan Solusinya

Kenapa ac tidak mau menyala ? - Mengutip dari sang ahlinya terdapat 13 kemungkinan yang menyebabkan AC tidak mau hidup. Kemungkinan sebanyak itu tentu saja membuat Sobat harus bekerja ekstra bisa menemukan penyebab pastinya. Setiap item dari ke-13 bagian yang dicuriga tersebut harus diukur secara akurat dan sesuai prosedur.

Kelalaian dan ketidak-akuratan saat mengukur item tersebut akan menghasilkan bias, atau disebut dengan keliru. Sehingga akan besar kemungkinan deteksi kerusakan ada yang terlewat, misalnya kerusakan sebenarnya adalah fuse yang putus pada modul PCB indoor AC. Akan tetapi kesalahan terjadi saat mengukur fuse ini karena alat yang bermasalah atau lalai untuk mengeceknya.

Penyebab AC Tidak Mau hidup dan cara mengatasinya

Sama halnya dengan masalah kenapa AC tidak mau nyala tapi remot nyala? Kondisi ini yang terjadi bahwa perintah ON dari remote dipancarkan ke modul AC tapi unit AC yang tidak menerimanya (memprosesnya) boleh dikatakan inilah salah satu penyebab AC tidak mau hidup.

Sebagian juga ada yang mengeluhkan apa penyebab sensor AC tidak berfungsi? Sensor AC adalah salah satu bagian pada sistem modul AC yang berfungsi untuk menerima perintah dari remote. Sensor merupakan semikonduktor yang memerlukan listrik agar berfungsi. Sehingga dapat kita sebutkan bahwa tidak adanya aliran listrik pada modul PCB AC yang menyebabkan sensor tidak berfungsi.

Sekarang ada lagi masalah apa penyebab AC tiba2 mati? Jika kita boleh membahas ini dengan cepat, pasti kami lakukan. Namun tidak secepat itu bisa kita temukan penyebab AC tiba-tiba mati. Ada banyak kemungkinan masalah yang terjadi pada AC sehingga tiba2 mati. Mulai dari colokan yang longgar,sekring PCB yang tiba-tiba putus, hingga sumber listrik yang tiba-tiba mati dan banyak lagi.

Sobat yang memiliki AC sudah terbiasa dengan remote untuk menyalakannya. Nah, sekarang bagaimana cara menyalakan AC tanpa remote? Apakah hal ini bisa kita lakukan? Tentu saja bisa. Pada unit ac sendir ada disediakan tombol power. Hanya saja kita akan ribet jika tidak menggunakan remote dalam menyalakan AC.

Kenapa ac tidak mau menyala ?

Apa penyebab ac tidak mau menyala ? Namun, ada kalanya AC Daikin tidak mau dinyalakan baik itu menggunakan cara manual ataupun dengan menggunakan remote. Jika hal ini memang terjadi pada unit AC Anda, maka Anda harus segera mencari penyebabnya supaya AC bisa segera ditangani dengan tepat. Adapun berbagai kemungkinan AC tidak bisa dinyalakan adalah sebagai berikut.

Remote AC tak menyala atau rusak

Unit AC split yang tidak mau hidup mungkin saja karena remote AC yang biasa sobat pakai untuk menyalakannya mengalami kerusakan paling umum kehabisan baterai. Agar bisa memastikannya, silahkan remote dengan lebih dekat antara remote ke AC. Kemudian lakukan kontrol AC tersebut dengan remote lebih dekat.

Kalau nantinya remote juga tidak berfungsi, silahkan ganti baterainya dengan baterai yang baru. Namun, jika setelah baterai remote AC sudah sobat ganti dan tetap tidak bisa digunakan untuk menghidupkan AC, kemungkinan besar remote AC sudah rusak dan sobat harus menggantinya dengan remote baru.

Filter udara tersumbat

Jika diatanya seberapa sering sobat mengganti filter udara? kegiatan membersihkan saringan udara merupakan sesuatu yang kebanyakan orang tahu butuh dilakukan secara teratur, namun hal teresebut bukanlah sesuatu yang diutamakan. Silahkan sobat perhatikan beberapa aturan dasar pada sebuah unit AC.

Saringan udara bersih membuat aliran udara yang sesuai. Ketika filter ini diselimuti dengan kotoran dan debu, udara pasti terhalang. Pada kondisi normal, AC mampu menyerap kelembapan dari ruangan. Kumpulan uap akan menjadi air lalu akan jatuh ke dalam baki kondensasi, kemudian dialirkan ke luar melalui lubang pembuangan pada indoor.   Akan tetapi, kalau filter udara AC milik sobat kotor, tetesan air ini akan membeku lalu menutupi gulungan menjadi lapisan es.

Sekring rusak

dalam memastikan apakah sekring AC berfungsi dengan baik, Sobat membutuhkan multimeter untuk melakukan uji kontinuitas. Periksa kedua sekring. Apabila multimeter berbunyi bip, artinya sekring masih dalam kondisi baik. Kalau salah satu dari mereka tidak menghasilkan bip pada multimeter, Sobat bisa membeli penggantinya di toko elektronik.

Sirip evaporator kotor

Debu, kotoran, bulu, dan semua kotoran mengganggu lainnya dari lingkungan ruangan dapat menumpuk di sirip-sirip evaporator, filter atau kondensor, di dalam unit AC milik sobat. Poinnya adalah AC memang penuh dengan komponen yang rawan terhadap penumpukan kotoran. Saat bulu-bulu  menumpuk di berbagai komponen AC, hal ini akan membuat sistemnya kurang efektif dalam mendingnkan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan total dan tak mau hidup.

Ada masalah kabel dan arus listrik di rumah

Jika pada umumnya, apakan terdapat masalah yang sobat alami dengan peralatan listrik di rumahmu? Mungkih lampu berkedip-kedip secara teratur? Bisa saja peralatan mengeluarkan suara dengung ketika pertama kali dicolokkan listrik?

Kerapkali, terdapat tanda-tanda masalah kabel maupun listrik yang mempengaruhi perangkat elektronik. Apabila sobat sering mengalami salah satu dari masalah tersbut, artinya memerlukan ahli listrik untuk memperbaiki penyebab yang menjadi akar masalahnya. Jika hal ini telah mempengaruhi unit AC, sobat memerlukan bantuan profesional untuk melakukan tes diagnostik. 

Arus listrik putus

Seperti informasi pada laman AC Daikin, AC merupakan barang elektronik yang hanya dapat bekerja ketika terdapat arus listrik. Kalau sampai arus listrik tersebut putus, tidak heran kalau AC yang sobat punya tidak mau hidup.   Kalau instalasi memakai stop kontak yang manual, silahkan cabut kemudian cek apakah sekring atau fuse rusak. Apabila terputus, otomatis sobat butuh menggantinya dengan yang bagus dan sesuai dengan ukuran Ampere yang dituslikan di bagian bodi fuse.

Namun kalau fuse atau sekring masih bagus, coba sobat ambil test pen atau multi tester lalu pakai alat tersebut untuk mengetahui keberadaan arus positif. Kalau arus ini ternyata ditemukan, bisa saja kemungkinan masalahnya berada pada unit indoor AC. Dalam mengatasi masalah ini, coba panggil teknisi AC untuk memeriksa AC sobat. 

Sensor AC mati

Ketika menyalakan AC mamakai remote namun AC tidak mau menyala seperti biasanya, sobat bisa mencurigai bagian sensor AC juga dalam kondisi yang tidak bagus. Ada berbagai hal yang bisa mengakibatkan sensor AC rusak ataupu mati, salah diantaranya yakni sensor receiver terkena air ketika diservice. Jalan keluar yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini yakni dengan mencoba membersihkan air yang membasahi sensor tersebut.


Silahkan dilepas terlebih dahulu bagian sensor AC dengan mencabut penghubungnya. Kemudian, coba sobat keringkan bagian sensor menggunakan tisu kering bisa juga dengan hair dryer. Setelah bagian sensor tersebut kering, coba sobat pasangkan kembali pada tempatnya dan kalau sudah, sobat dapat mencoba menghidupkannya dengan menggunakan remote. Kalau memang air merupakan penyebab yang mengganggu sensor, seharusnya AC akan kembali normal ketika diremot setelah dikeringkan.

Terdapat bagian IC yang putus

Penyebab AC tak mau hidup walau telah dihidupkan bagian lainnya artinya terdapat bagian dalam Integrated Circuit atau IC yang short. Cara mengatasi permasalahan ini sobat tidak bisa melakukannya sendiri harus menghubungi teknisi profesional dan tidak sarankan melakukan perbaikan sendiri.

Penumpukan es

Secara teori, ketika bunga es menumpuk pada kisi-kisi kondensor atau bagian lain pada unit AC punya sobat, unit AC tentu tidak mau menyala atau mungkin tidak akan mampu mendinginkan udara secara efektif. Solusinya adalah harus melepas unit AC dan semua bunga es harus dihilangkan sebelum dapat beroperasi dengan benar.

Dinamo atau Motor rusak

Pada kasus paling ekstrim, kebanyakan unit AC yang akan mati secara total atau tidak akan mau menyala kalau motor atau dinamonya rusak. Pada kondisi seperti ini, Sobat harus bisa menentukan apakah motor AC milik sobat masih bisa diperbaiki atau memang perlu diganti baru.

Kompressor rusak

Bagian paling penting dalam mensirkulasikan freon pada sistem AC merupakan kompressor. Jika ada masalah dengan kompresor pastinya membuat unit AC milik sobat mati dan tidak akan mau dinyalakan. Tindakan pencegahan kerusakan kompresor tetap bersih dapat membantu mencegah masalah ini terjadi.

Kekurangan freon

Kalau sebuah unit AC tidak mengalir cukup freon didalam sistem, AC ini mungkin saja tidak menyala atau mungkin tidak bekerja dengan bagus. Sobat perlu bantuan dan meminta teknisi profesional untuk memeriksa ukuran refrigeran atau bila perlu mengganti freon ini.

Termostat rusak

Periksakan agar menghilangkan kemungkinan bahwa AC tidak mau hidup sebab termostat yang rusak. Apabila sobat menyimpulkan bahwa termostat milik sobat sudah tidak bagus, silahkan hidupkan AC dari unit utama. Kalau unit akan menyala dengan cara manual, sobat mungkin mengalami masalah pada bagian termostat.

Cara mengatasi AC tidak mau hidup

Beberapa item tersebut sangat teknis posisinya pada unit AC, artinya sudah detail disebutkan komponen yang dicurigai rusak sehingga membuat Ac tidak mau menyala. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejadian ini?

MCB Listrik Jeglek atau turun

Penyebab yang memang membuat AC rusak tidak mau menyala ada dibagian panel MCB listrik yang dipasang dijalur utama instalasi listrik rumah. Komponen MCB memiliki peran sebagai alat penghubung dan pemutus arus listrik dari jalur listrik PLN dengan jalur listrik unit AC split.


Kalau MCB sobat dalam posisi anjlok atau turun, dengan begitu hal tersebut mengakibatkan tidak adanya arus listrik yang masuk ke unit AC dan membuat pendingin ruangan sobat tidak dapat dinyalakan walau listrik di rumah bekerja dengan baik.

Memeriksa Kabel Power Supply

Penyebab AC tidak mau menyala yakni hubungan power supply dan C rusak, maka AC tidak akan menyala atau mati total karena terputusnya jalur penghubung kabel power supply. Tipe kabel tersebut beragam namun intinya sebagai pembawa arus listrik dari sumber listrik rumah ke unit AC supaya pendingin ruangan bisa beroperasi dengan baik dan menyala.

Dalam memeriksa kabel power supply apakah masih bekerja dengan normal adalah dengan memeriksa bagian stop kontak AC apakah terdapat jejak terbakar atau terlihat kabel yang putus. Pengujian kabel power supply yang mengalami kerusakan atau putus bisa memakai alat test pen untuk mengetahui bahwa apakah ada arus listrik mengalir dari sumber listrik ke unit pendingin ruangan terhunung dengan baik tanpa terdapat tahanan atau gangguan.

Disisi lain, Sobat juga perlu mencari tahu bahwa tegangan listrik yang mengalir sebesar 220 Volt. Dalam melakukan pengecekan ini, sobat memerlukan multimeter yang akan menunjukkan besar arus mengalir dalam bentuk angka. Bisa saja terjadi kerusakan akibat faktor eksternal, pemasangan yang kurang baik, dan lain sebagainya.

Jika arus listrik terhambat mengalir ke dalam rangkaian AC tentu akan mengakibatkan AC rusak atau tidak akan mau dinyalakan walau listrik di seluruh rumah berjalan dengan baik. Perawatan yang bisa dilakukan, selalu lakukan pengecekan pada kabel AC sobat sebelum menyalakan AC guna menghindari berbagai kerusakan.

Memeriksa PCB Modul

Papan PCB ini dipasang pada unit indoor dan ada juga pada bagian outdoor namun lebih kecil. Bisa juga bagian ini menjadi penyebab AC tidak menyala untuk memeriksanya perlu membongkar casing unit indoor maupun outdoor agar bisa memastikan kerusakan PCB modul. PCB modul merupakan suatu rangkaian elektronik atau mother board dari AC yang memiliki peran untuk mengontrol kerja unit AC. Pada PCB modul sendiri terdiri dari banyak sekali komponen, mulai dari ukuran kecil sampai besar.

Pemeriksaan PCB modul perlu dilakukan dengan sangat cermat dan memastikan bahwa tak terdapat satu komponen pun yang terbakar, atau tidak ada tercium bau hangus dari PCB modu. Pemeriksaan tersebut memang memerlukan keahlian khusus, maka sangat disarankan memanggil batuan teknisi atau mereka yang sangat paham PCB modul.

Penyejuk udara atau AC sudah menjadi keharusan ada didalam kamar tidur bila ada penyebab ac tidak mau hidup akan membuat ruangan menjadi gerah. Ada bagian yang tidak bisa anda tangani jika ini terjadi. Namun Sobat tidak perlu khawatir, teknisi profesional bisa mengatasinya.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Penyebab AC tidak Mau Menyala dan Solusinya"