Feynman Technique, Pengertian Cara Menggunakanya

Feynman Technique - Richard Feynman adalah seorang fisikawan yang berasal dari Amerika Serikat. Ia sangat dikenal akan cara mengajarnya yang cukup “nyentrik”. Ilmuan yang terkenal di dunia fisika akan penemuannya seperti Quantum Electrodymanics dan diagram Feynman (sebuah diagram penyederhanaan dari interaksi partikel).

Sebagai penemu yang sudah terkenal, Tidak sedikit orang yang sudah mengetahui Feynman sebagai seorang pengajar yang sangat hebat karena memiliki metodenya sendiri dalam mengajarkan sesuatu hal.

Feyman Technique

Proses pembelajaran sudah dilakukan semenjak kita kecil. Hal tersebut dapat dimulai dari hal yang sederhana seperti memahami bagaimana seseorang melakukan sesuatu hanya dengan melihat. Selain itu, pembelajaran dilakukan pula di kondisi formal seperti saat kita menduduki bangku sekolah atau perguruan tinggi. Istimewanya untuk pendidikan formal, tidak jarang saat proses pembelajaran kita merasa kesulitan untuk mencoba memahami suatu materi, entah itu memang muatan pelajaran terlalu sulit atau kemampuan kita yang belum dapat memahaminya dengan begitu baik.

Feyman Technique, Pengertian Dan Cara Menggunakan

Dalam mempelajari suatu hal, masing-masing orang memiliki caranya tersendiri untuk bisa menguasai hal tersebut. Sebagai contoh, terdapat orang yang mudah untuk memahami materi yang ada di kelas dengan cara membuat sebuah rangkuman. Ada pula yang ahli hanya cukup mendengarkan dari pengajar dan masih banyak lagi. Terlepas dari berbagai cara tersebut, ada suatu teknik khusus yang dapat kita gunakan untuk memahami suatu hal, bahkan dapat dikatan teknik ini cukup efektif untuk diterapkan. Teknik tersebut dinamakan sebagai Teknik Feynman.

Pengertian Teknik Feynman

Teknik Feynman merupakan sebuah teknik pembelajaran yang diturunkan dari cara belajar seorang fisikawan terkenal bernama Richard Feynman. Cara belajar Feynman diketahui melalui biografi Richard Feynman yang ditulis oleh James Gleick dengan judul Genius: The Life Science of Richard Feynman. Teknik ini melibatkan sebuah pemikiran sederhana untuk memahami suatu permasalahan atau konsep yang cukup rumit untuk dipamahi. Kita akan memanfaatkan pencarian celah ketidakpahaman dari konsep yang akan kita pahami agar proses belajar dapat berjalan sefektif mungkin.

Manfaat Teknik Feynman

Penggunaan teknik Feynman dalam proses belajar dapat membantu kita untuk memahami sesuatu dengan utuh. Tiap langkah yang kita terapkan mendorong kita untuk terus mencari tahu apakah sebenarnya kita memahami suatu topik atau tidak. Sebagai contoh, saat kita mencoba untuk menjelaskan topik kepada orang lain, kita “dipaksa” untuk memahaminya terlebih dahulu karena kita akan merasa bahwa apa yang kita sampaikan haruslah benar. Ketidakpahaman orang lain terhadap penjelasan kita dapat menjadi bukti bahwa kita sebenarnya belum memahami topik yang sedang kita pelajari.

Teknik Feynman memicu kita untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap topik yang kita pilih. Rasa ingin tahu dapat muncul saat kita meragukan diri sendiri tentang pengetahuan kita. Keingintahuan akan memicu kita untuk terus belajar tanpa henti, memberikan sebuah pemikiran bahwa kita sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang suatu hal. Kita akan terus dipacu untuk mencari tahu kebenaran sehingga pada akhirnya kita akan paham betul tentang topik yang sedang kita pelajari.
  1. Membantu meningkatkan keterampilan mengajar,
  2. Meningkatkan kapasitas seseorang untuk menggunakan keterampilan critical thinking,
  3. Teknik Feynman membantu siswa memecahkan masalah kompleks menjadi solusi sederhana.
  4. Dapat memahami sesuatu dengan utuh,
  5. Tiap langkah diterapkan mendorong untuk terus mencari tahu apakah sebenarnya memahami suatu topik atau tidak,

Cara Menggunakan Feyman Technique

Jika Ilmuan Feynman memahami Matematika melalui ubin toilet, wajibkah kita melakukan hal sama? Tentu saja tidak harus demikian.  Terdapat 4 langkah yang dapat kamu lakukan, antara lain:

1. Pilih topik yang dipelajari

Tentunya, hal pertama yang kita lakukan yaitu memilih sebuah topik yang ingin kita pelajari dan pahami dengan baik. Setelah itu pelajari topik tersebut berdasarkan cara kita sendiri seperti mencari di buku fisik atau internet. 

Sekarang sediakan selembar kertas untuk menulis. Lalu tuliskan judul beserta hal-hal yang terkait dengan materi yang akan dibahas. Kemudian baca dan jelaskan menggunakan bahasamu sendiri. Bayangkan seolah-olah banyak orang yang sedang mendengarkan presentasimu. Selain itu, kamu juga bisa berlatih di depan kaca atau merekam suara sendiri.

2. Bahas bagian yang belum dimengerti

Saat sedang asyik-asyiknya latihan presentasi, kemudian tiba-tiba lupa. Tidak apa-apa, itu wajar, buka kembali kertasnya dan pahami bagian yang belum dimengerti. Kamu dapat menambahkan sumber dari buku pelajaran, internet, atau powerpoint yang diberikan guru.

3. Uraikan dalam bentuk catatan

Setelah topik berhasil dikuasai, saatnya menyusun catatan agar menjadi lebih rapih. Tetapi tidak harus mirip dengan buku, yang penting kamu mengerti intinya. Boleh menggunakan gambar, diagram, atau dibuat mindmap sesuka hatimu.

4. Ajarkan ke orang lain

Langkah terakhir yakni mengajarkannya ke orang lain. Ajak teman, adik, atau pacar buat dengerin penjelasan kamu mengenai topik tadi. Buka sesi tanya jawab biar lebih menantang. Pertanyaan yang mereka ajukan membantu kamu untuk memahami materi lebih dalam. Proses kita saat menjelaskan kepada orang lain menjadi penilaian terhadap diri kita sendiri bagaimana pemahaman kita tentang konsep tersebut.

Tips:
  • Carilah celah. Bagian ini menjadi salah satu terobosan besar dalam diri kita untuk mulai mengetahui hal baru dari topik yang kita pilih. Ketika orang lain tidak terlalu memahami apa yang kita jelaskan, maka sebenarnya kita belum memahami dengan menyeluruh tentang topik yang kita pilih. Ketidaktahuan orang lain menjadi bahan evaluasi bagi kita sendiri bahwa bagian tersebut belum kita pahami dengan betul.
  • Pelajari kembali lalu sederhanakan. Segera sesudah mengetahui apa saja hal yang belum dipahami, saatnya untuk mencoba melakukan studi lebih lanjut mengenai hal tersebut sehingga dapat menyempurnakan pemahaman kita. Pada akhirnya, kita dapat memahami sepenuhnya tentang topik yang sudah kita pilih sebelumnya.

Referensi Selanjutnya yang bisa digunakan:
  • https://www.teknik.unpas.ac.id/blogs/penerapan-teknik-belajar-feynman-ala-mahasiswa-fakultas-teknik-unpas/ (Daring, 16 Juli 2022, 13.36 WIB)
  • https://naikpangkat.com/mengenal-dan-menerapkan-teknik-belajar-feynman/ (Daring, 16 Juli 2022, 13.36 WIB)
  • https://www.brainacademy.id/blog/teknik-belajar-richard-feynman (Daring, 16 Juli 2022, 13.36 WIB)
  • https://warstek.com/kesulitan-memahami-suatu-materi-gunakanlah-teknik-feynman/ (Daring, 16 Juli 2022, 13.36 WIB)
  • https://sis.binus.ac.id/2022/01/31/mengenal-teknik-feynman-untuk-metode-belajar/ (Daring, 16 Juli 2022, 13.36 WIB)
Diatas merupakan Feynman Technique yang disusun mulai dari pengertian, manfaat dan cara menggunakannya agar bisa menguasai materi pelajaran dengan cepat.