-->

Cara Mengatasi Arah Putaran Dinamo Kipas Angin Yang Terbalik

Cara Mengatasi Arah Putaran Dinamo Terbalik - Pernahkah rekan-rekan di sini pembaca sekaligus alami keadaan di mana saat menghidupkan kipas angin putaran baling-baling nya terbalik??..

Saat terjadi kipas angin berputar-putar terbalik tentu teman pembaca mengetahui di mana kipas angin tak lagi mengembuskan angin.

Justru sebaliknya yaitu mengisap udara dari arah sampul depan kipas angin lalu mengembuskannya kebelakang.. Tentu saja ini sangat menyebalkan kan? ?

Kasus semacam ini biasanya terjadi saat kita baru usai lakukan proses pembaruan pada kipas angin, sesudah usai pembaruan.

Cara Mengatasi Arah Putaran Dinamo Kipas Angin Yang Terbalik

Seringkali permasalahan seperti putaran kipas angin terbalik ini terjadi, khususnya untuk beberapa pemula yang awalnya kurang memahami berkenaan kontruksi dinamo dan kelistrikan pada kipas angin tetapi ngotot ingin membenahi.

Sebetulnya tidak jadi masalah walau bukan mekanik atau orang yang mempunyai dasar keilmuan listrik boleh2 saja membenahi kipas angin atau sekadar menjaga dengan niat bersihkan sisi dalam kipas angin hingga harus membedahnya.

Hal tersebut sah2 saja, yang jangan ialah kelalaiannya.. Istilah kata mereka asal bedah dan pasang tanpa ingatlah kembali bagian2 penempatan yang benar seperti kontruksi awalannya bagaimana.. Hingga kemudian saat semua usai terpasang terjadi lah permasalahan seperti putaran baling-baling yang terbalik ini.

Mengatasi Putaran Kipas Angin Terbalik

Beberapa Pemicu Umum Kenapa Putaran Kipas Angin Terbalik

Pada umumnya, kipas angin mempunyai cara kerja pada motor pendorong yang bekerja untuk gerakkan baling-baling pemutar kipas.

Motor pendorong atau juga bisa disebutkan dinamo berikut yang mengganti energi listrik jadi energi gerak putar, perlu di kenali jika arah gerak putar pada suatu dinamo dapat bergerak sama arah atau bersimpangan arah jarum jam..

Pada awalnya, baling-baling kipas angin akan berputar-putar sejalan dengan arah putaran jarum jam tetapi selanjutnya berputar-putar terbalik atau bersimpangan arah dengan putaran jarum jam. Beberapa pemicunya ialah seperti berikut.

1. Penempatan Kern Dinamo Kipas Angin Yang Terbalik

Pemicu yang termudah dikenal sekalian termudah pembaruannnya ialah status kern dinamo yang terbalik.



Kasus ini biasa nya muncul karena keburu2 di saat anda lakukan perombakan kipas angin, pada saat memasangkan kembali kumparan dinamo dalam status terbalik hingga membuat arah putaran kipas juga jadi terbalik.

Hal tersebut lumrah dapat muncul karena memang ke-2 bagian sisi kern kumparan mempunyai segi lubang pasang yang sama besar.

Memang kelihatan terlihat sama juga ke-2 bagian sisi itu, cara kembalikan putaran kipas yang terbalik agar kembali seperti sebelumnya ialah cukup hanya menempatkan kern dinamo pada status yang betul. Berikut contoh status kern dinamo kipas angin.



Simpel saja kerjakan secara membalik status Kern kipas angin sama dalam gambar yakni yang ada di sisi depan ditempatkan pada bagian belakang, atau kebalikannya.

Pokoknya sampai bertemu putaran kipas angin yang betul, dalam cara ini penting untuk jadi perhatian jika status kabel masih mungkin untuk masuk ke penutup dinamo kipas angin dan tidak mengusik elemen as atau rotor pada dinamo kipas angin yang dipakai.

2. Terjadi Kekeliruan Pada Saat Wiring/ Memasangkan Kabel Kipas Angin

Pada beberapa elemen kipas angin terhitung di bagian dinamo ada kabel2 yang bila dilihat akan menyambungkan ke lajur tombol, kapasitor dan beberapa lajur yang lain bergantung tipe kipas angin yang anda gunakan.

Nach di bagian lajur kabel yang ke arah tombol dan kapasitor berikut umum terjadi kekeliruan dalam penempatan.


Bisa jadi dan sangat memungkinkannya jika terjadi kekeliruan penempatan pada kabel akan membuat arah putaran kipas angin jadi terbalik, atau bahkan juga lebih jeleknya kembali terjadi over heat/ kipas angin jadi cepat panas saat dihidupkan.

Biasanya saat lajur kabel memiliki masalah karena salah memasang, putaran kipas angin akan berputar-putar terbalik di settingan speed 1,2 dan 3.


Tetapi juga bisa putaran kipas berputar-putar terbalik cuma beberapa saja dan bekasnya berputar-putar di arah yang telah betul.

Jalan satu2nya untuk anda yang mungkin pemula mengatasi permasalahan kipas angin yang berputar-putar terbalik karena salah penempatan kabel dengan cara ikuti warna kabel dan nameplate.

Ikuti Spesifikasi NamePlate

Rankaian pada dinamo, biasanya pabrikasi dinamo terutamanya kipas angin selalu mengikutkan code warna dengan lajur kelistrikan pada nameplate dinamo itu.

Yakinkan jika ikatan warna kabel dinamo yang ke arah tombol persis sama, contoh pada kipas maspion warna merah kuning hitam ialah speed harus terpasang persis sama contoh.

Untuk urutan merah bisa merah ke arah speed 1 pada tombol selanjutnya kabel kuning dari dinamo dihubung dengan kabel kuning speed 2 pada tombol dan sebagainya.

Bila ada ketidaksamaan warna kabel di antara dinamo dengan lajur yang lain karena itu anda dapat membaca panduan nameplate lajur kelistrikan yang biasa tercantum pada kern/dinamo.

Tetapi jika tidak ada panduan nameplate pada dinamo, karena itu jalan salah satu dengan memakai multi tester lakukan pengukur pada tiap kabel dinamo hingga bisa bertemu semua lajur kelistrikan dinamo.

Namun ini memerlukan ketrampilan khusus karenanya anjuran saya seharusnya beri saja tugas semacam ini ke pakarnya bila anda tidak sanggup melakukan sendiri.

3. Kekeliruan Ikatan Pada Belitan Dinamo

Kipas angin yang alami putaran yang terbalik bisa juga dikarenakan oleh factor kekeliruan dalam ikatan belitan dinamo.

Bila permasalan di bagian ini karena itu cuma beberapa rewinding atau tukang yang umum tangani dinamo lah yang sanggup membenahi, karena untuk membenahi dibutuhkan kecermatan dalam membalik polaritas di antara belitan dinamo khusus atau tolong.

Sudah pasti ini bukanlah tugas yang gampang untuk anda rekan-rekan pembaca yang kemungkinan pemula di bagian ini, karena itu seharusnya anjuran saya membawa kipas angin itu ke service servis electronic paling dekat dari rumah Anda.

Ini lebih bagus untuk dilaksanakan daripada anda ambil risiko yang tidak2 dengan lakukan pembaruan untuk mengatasi putaran kipas angin terbalik sendiri yang kelak nya bisa jadi kerusakan bisa menjadi makin kronis.

Demikian uraian cara mengatasi arah putaran dinamo kipas angin yang terbalik pada kipas angin. Semoga bisa membantu.

Tolong Sharing this post...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel