-->

Apa Efeknya Ganti Kapasitor Kipas Angin Ke Ukuran Lebih Besar?

Apa Efek Ganti Kapasitor Kipas Angin Ke Ukuran Lebih Besar? - Saat satu saat kipas angin alami kerusakan pada elemen kapasitor, karena itu hal pertama kali yang harus anda kerjakan ialah cari letak elemen kapasitor itu lalu lakukan pergantian.

Elemen ini umumnya ada di bagian dalam cover/tutup kipas angin, persisnya ada di sisi belakang dinamo pada umumnya.

Yah meskipun ada pula merek tertentu yang menempatkan elemen kapasitor ini pada bagian lain selainnya dari belakang dinamo.

Pokoknya lakukan pergantian elemen kapasitor sebetulnya sangat gampang, anda dapat melakukan sendiri di rumah tanpa perlu ambil jasa service servis kipas angin.

Apa Efeknya Ganti Kapasitor Kipas Angin Ke Ukuran Lebih Besar?

Yang paling penting yakinkan check lebih dahulu ukuran kapasitor yang tertera di bodi kapasitor yang dipasang dalam kipas angin saat sebelum lakukan pergantian.

Banyak yang lakukan pembaruan dengan ganti kapasitor kipas angin ke ukuran lebih besar walau dalam tutorial banyak yang merekomendasikan ukuran yang dipakai sebaiknya sama.

Lalu pertanyaannya saat ini ialah apa efeknya menukar ukuran kapasitor kipas angin ke ukuran yang lebih besar?? Apa aman bila dilakukan??..
Ganti Kapasitor Kipas Angin Lebih Besar, Apa Dibolehkan?


Baik, saat lakukan pergantian kapasitor di sini biasa dipakai unit umum untuk ukuran kapasitor yakni dengan memakai referensi yang disebutkan microfarad atau volt.

Dalam penempatan kapasitor kipas angin bisa di kerjakan secara bebas, maknanya tidak ada polaritas tertentu hingga bebas terpasang bolak-balik pada ikatan kabel yang ada karena tipe kapasitor kipas angin ini sebagai kapasitor tipe arus AC (Alternating Current) atau arus bolak-balik.

Bila anda sedikit sangsi dan takut kawatir salah penempatan, kemungkinan anda dapat ambil photo saat kapasitor masih dipasang komplet kabelnya hingga anda tidak sangsi lakukan penempatan karena telah ada referensi dari photo yang telah diambil awalnya.

Berikut ialah banyak hal yang penting untuk Anda kenali saat sebelum lakukan pergantian kapasitor dengan ukuran yang lebih besar.

1. Aman Untuk Dilaksanakan Dengan Catatan

Tidak melewati batas atau toleran yang sudah ditetapkan, misalkan anda menukar kapasitor dari ukuran 1,2 mikro ke ukuran 2 atau bahkan 4 mikro sudah pasti ini tidak dibolehkan, karena kelak akan berefek pada kipas angin tersebut sebagai cepat hancur.

Tetapi akan berlainan bila anda menukar ukuran dari 1,2 mikro ke 1,5 mikro farad misalkan karena itu ini masih digolongkan aman karena masih dibatas toleran atau kewajaran.

Langkah ini dapat Anda kerjakan saat kondisi genting misalnya di saat ingin beli kapasitor ukuran yang sama dengan yang tercantum pada bodi kapasitor di toko paling dekat tetapi tidak ada, karena itu Anda dapat ambil pilihan ini.

2. Konsekuensi Bila Kapasitor Terlampau Kecil

Jika Anda lakukan pergantian elemen kapasitor memakai ukuran yang jauh lebih kecil maka berpengaruh pada perputaran kipas angin sebagai lebih lamban dari sebelumnya. Hasilnya, baling-baling kipas angin tidak bisa memberi embusan angin yang cukup optimal untuk Anda.

3. Konsekuensi Bila Kapasitor Jauh Lebih Besar

Dan kebalikannya, bila Anda lakukan pergantian kapasitor dengan ukuran yang lebih besar karena itu mempunyai imbas pada perputaran baling-baling kipas angin yang lebih cepat dan kuat hingga memberi embusan angin yang jauh lebih kuat dan optimal.

Tetapi mengakibatkan sangat berefek pada elemen dinamo pendorong motor kipas angin yang hendak bekerja lebih keras hingga memunculkan panas berlebihan jadikan dinamo lebih cepat panas yang selanjutnya dapat berefek terbakar.

4. Pilih Ukuran Kapasitor

Untuk pilih elemen kapasitor kipas angin seharusnya tidak menyaksikan merek yang digunakan, tetapi cari kapasitor yang sesuai ukuran ialah opsi yang paling penting dan tepat. Ingat ukuran kapasitor dipasaran yang cukup bermacam mulai dari ukuran paling kecil 1 μF, 1,2 μF 1,5 μF, 2 μF, 2,5 μF sampai ukuran 6 μF.

5. Harga Kapasitor

Berkenaan harga kapasitor tentu saja sesuai ukuran kapasitor yang diperlukan. Untuk memperoleh elemen kapasitor kipas angin.

Anda dapat mendapatkannya di toko electronic paling dekat pada harga yang cukup dapat dijangkau yakni mulai dari harga 5 ribu sampai 25 ribu rupiah per unitnya.

Relatif dapat dijangkau untuk harga spare part yang cukup penting dalam kipas angin.

Contoh harga kapasitor di marketplace shoppe

Demikian banyak hal yang perlu anda kenali bila ingin menggganti kapasitor kipas angin ke ukuran yang lebih besar, pokoknya bila tidak dapat memperoleh kapasitor dengan ukuran yang sama yang diperlukan oleh kipas angin yang diperbarui.

Karena itu Anda dapat menukar elemen kapasitor dengan memakai ukuran yang lain asal beda angka yang dipunyai tidak demikian jauh terpaut dengan ukuran asli yang diperlukan pada kipas angin.

Namun tetap saya anjurkan memakai ukuran sebelumnya untuk pergantian elemen kapasitor pada kipas angin.

Karenanya uf lebih besar atau lebih kecil, tetap hal tersebut tidak demikian dianjurkan untuk dilaksanakan sebab bisa memunculkan imbas tertentu.

Demikian ulasan dan jawaban apa efeknya ganti kapasitor kipas angin menjadi ukuran lebih besar yang bisa kami sampaikan kepada pembaca. Semoga saja bisa membantu.

Tolanglah Sharing this post..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel