-->

Cara Setel Kopling Motor: 3 Prosedur Dan Ulasan

Informasi Komplet Sekitar Otomotif - Kopling yang kurang pas bisa menyebabkan perubahan gigi slip. Selain itu, jika didiamkan bukan tidak mungkin komponen transmisi seperti kampas kopling cepat aus. 
Geprekelan kopling pada sepeda motor dapat dikerjakan sendiri tanpa perlu repot ke bengkel. Tapi, jika salah atur jarak bebasnya bisa punya pengaruh pada pengurangan perform bahkan kerusakan komponen.

Setel kopling terlalu pendek dikuatirkan penekanan antara kampas kopling dengan plat kopling kurang kuat. Efeknya bisa selip, ini akan membuat gerakan motor tidak maksimal dan boros kanvas kopling.

Sementara jika jarak main kopling terlalu renggang akan menyebabkan proses pelepasan kampas kopling dengan plat (saat kopling diambil) tidak maksimal. Menyebabkan proses perubahan gigi lebih sulit, gerakan motor pun tidak halus.

Ada berbagai jenis sepeda motor yang dijual di pasaran, mulai sport, under bone, dan matik. Salah satu yang membedakan motor sport dengan yang lain, yaitu penggunaan kopling saat ingin mengganti gigi transmisi. Tuas kopling yang ada di sisi kiri setang motor bisa diatur bagaimana jauh atau dekatnya kopling terbuka.

Biasanya setiap orang memiliki referensinya sendiri, lebih nyaman jauh atau dekat koplingnya. Ada yang mengatakan kalau kopling pendek lebih enak dipakai di perkotaan karena jalannya yang macet. Sedangkan kopling jauh lebih nyaman bagi yang sering berkendara dengan agresif, mengganti gigi dengan cepat.

Cara menyetel kopling motor bisa menjadi informasi berguna bagi Anda yang sedang ingin menyesuaikan tuas kopling motor agar lebih nyaman dalam berkendara. Tanpa harus ke bengkel, Anda bisa melakukannya secara mandiri di rumah hanya dengan menyiapkan beberapa alat dan jalani prosedurnya. Lantas, bagaimana caranya?

Dikutip dari KumparanOTO, penyetelan kopling motor memang bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Walaupun terlihat mudah, Anda perlu berhati-hati dalam menyetelnya sehingga penyetelan dapat terlaksana dengan maksimal dan kendaraan dapat berjalan dengan optimal.

Setelan kopling yang terlalu pendek dapat mengakibatkan tekanan antara kampas kopling dengan pelat kopling kurang kuat. Hal tersebut dapat menyebabkan selip dan membuat motor berjalan dengan tidak maksimal hingga boros kampas kopling. Jika setelan terlalu renggang, maka pelepasan kampas kopling dengan pelat kopling tidak maksimal.

Maka dari itu, Anda perlu melakukannya secara teliti dan hati-hati. Lantas, bagaimana cara menyetel kopling motor dengan benar? Berikut penjelasannya

Cara Menyetel Kopling Motor

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyetelan kopling motor harus dilakukan secara hati-hati. Maka dari itu, berikut cara menyetelnya dengan baik dan benar dikutip dari laman kumparanOTO dan Federal Oil:

1. Siapkan Peralatan

Setiap motor kopling memiliki ukuran yang berbeda-beda. Umumnya kunci yang digunakan adalah kunci pas 12 dan 14. Anda juga perlu menyiapkan obeng atau tang guna memutar tuas kabel kopling. Agar lebih nyaman, Anda bisa memposisikan motor menggunakan standar dua.

2. Lepaskan Karet Pelindung dan Renggangkan Handle Kopling

Pertama-tama Anda perlu melepaskan karet pelindung kabel kopling, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman. Kemudian Anda bisa merenggangkan handle kopling agar mempermudah proses.

3. Longgarkan Mur Pengunci

Setelah itu Anda bisa melonggarkan mur pengunci menggunakan kunci 12. Setelah sudah kendur, Anda bisa memutar mur ukuran 14 searah dengan jarum jam untuk mengatur kerenggangan.

4. Sesuaikan Kerenggangan

Anda bisa mengatur kerenggangan sesuai dengan kenyamanan jari Anda. Jangan lupa jika setelan kopling terlalu pendek, dapat mengakibatkan selip dan boros kampas kopling. Jika setelan terlalu renggang, maka pelepasan kampas kopling dengan pelat kopling tidak maksimal.

5. Selesai

Jika sudah menemukan kerenggangan yang pas, maka Anda bisa mengencangkan kembali mur 12 sesuai dengan arah jarum jam hingga merapat ke mur ukuran 14. Kemudian Anda bisa mengencangkan handle kopling dan memasang kembali karet pelindungnya.



Pemilik motor juga sebenarnya bisa mengatur sendiri jarak kopling, tidak harus ke bengkel. Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur mengatakan, ada berbagai alat yang dibutuhkan jika ingin menyetel kopling motor di rumah.

“Bisa saja menyetel kopling di rumah, jika memiliki kuncinya. Alat yang dibutuhkan yaitu kunci pas 12, 14 dan tang,” ucap Gofur kepada Kompas.com, Jumat (30/10/2020). Pertama, yaitu harus periksa berapa jarak main bebas dari kopling tersebut.

Baiknya jarak main bebas handel kopling ada di 10 mm sampai 20 mm. Kemudian setel dulu kabel kopling yang ada di bagian atas, dekat tuas kopling.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Biaya Resmi Perpanjangan SIM A dan C Caranya, tarik karet penutup debu handel kopling, kemudian kendurkan mur pengunci atas, yang posisinya di kiri.

Setelah itu, putar penyetel kabel kopling atas sampai jarak main bebas sebesar 10 – 20mm. Lalu kencangkan lagi mur pengunci atas dan periksa jarak main bebas dan pasang kembali karet penutup debu. Kalau jarak main bebas yang tepat belum ketemu, bisa menyetel kopling di bagian bawah, dekat bak kopling.

Caranya pun tidak begitu berbeda jauh dengan yang diatas. Mulai dari kendurkan mur pengunci kemudian putar mur penyetel bawah sampai jarak main bebas handel kopling sebesar 10 – 20 mm.

Oleh karena itu geprekelan kopling motor harus benar-benar tepat. Untuk lebih jelasnya terkait cara setel kopling motor akan diulas lebih dari dalam artikel berikut ini.

Ada banyak proses atau cara setel kopling pada motor salah satunya yakni:

Terlebih dahulu siapkan kunci ring 14 dan obeng (-). Kendorkan mur dan pengunci baut setel kopling dengan memakai kunci ring 14 sampai kendor. Putar baut keprekel menggunakan obeng (-) ke arah kanan sampai rasa ada sentuhan.

Seterusnya putar kembali lagi ke arah sisi kiri sampai mentok jika terasa ada sentuhan baru stop. Selanjutnya putarlah kembali arah ke kanan sekitaran 1/8 sampai 1/4 putaran. Kencangkan kembali mur dan baut supaya baut tidak kendor dan ikut berputar.

Cara setel kopling motor ini berlaku untuk semuanya motor. Optimis status mur pengunci dan baut geprekel pada tuas atas tempatnya harus mentok. Seterusnya baut geprekel di bak mesin diatur kerengangannya. Apabila telah pas baru diikat dengan mur pengunci.



Harus dikenang, jarak renggang sekitar 5 mm dan jangan teralu rapat dan renggang. Karena bila terlalu rapat atau renggang, dapat membuat kampas kopling selip dan susah beralih ke status netral menyebabkan kopling tidak pencet atau bekerja saat lepas tangkai kopling begitu juga sebaliknya.

Selain cara di atas, cara setel kopling motor juga bisa dikerjakan melalui cara lain. Yakni melalui ujung bawah pada kabel kopling. Pertama, putar penguncinya memakai kunci 12. Renggangkan setel pada tuas koplingnya. Coba terlebih dahulu tarik-tarik tuas koplingnya.

Jika sudah pas, kencangkanlah kembali penguncinya. Cek hasil geprekelan dengan hidupkan mesin, saran atau injak presneling di gigi 1. Seterusnya tahan, lalu putar gas sampai seperempat putaran atau 2000 rpm.



Saksikan roda belakang, jika diam itu artinya anda sukses saat menyetel kopling sepeda motor, jika roda terus berputar itu artinya geprekelan yang belum tepat.

Di atas ialah pembahasan berkaitan cara setel kopling motor secara mudah baik semi automatis atau manual. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Share

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel