Power Supply Variable LM 317 5A Sederhana

Power Supply Variable LM 317 5A - Power Supply ialah rangkaian yang berperan menyalurkan arus sesuai keperluan beban pada rangkaian electronica. Power supply atau catu daya kerap dikatakan sebagai Adaptor.

Sering saat membuat rangkaian electronica, kita memerlukan suatu sumber tegangan konstan untuk menyalurkan arus pada beban. Rangkaian itu sudah diulas pada artikel Power supply regulator konstan.

Selainnya tegangan regulator konstan, pada beberapa rangkaian tertentu memerlukan beberapa macam tegangan misalnya pada rangkaian pengisi energi (pengisi daya) battery atau rangkaian Amplifier sederhana. Rangkaian itu sudah diterangkan juga pada artikel power supply variabel memanfaatkan LM 317.

Skema Rangkaian Power Supply Variable LM 317 5A Sederhana

Rangkaian Power Supply mempunyai batas optimal arus yang bisa disuplai. Kadang dalam rancang bangun rangkaian electronica kita memanfaatkan beban yang mewajibkan pemakaian arus yang besar.

Rangkaian Power Supply Variable LM 317 5A KIT

Awalnya sudah diulas Rangkaian Catu Daya Variabel dengan arus 3A. Untuk rangkaian yang memanfaatkan kekuatan arus yang semakin besar, dibutuhkan kenaikan pada rangkaian.

Kenaikan yang sudah dilakukan dengan menukar Transistor driver dengan daya yang besar. Awalnya dipakai Transistor TIP 41 dengan kekuatan arus optimal 6A, ditukar dengan transistor TIP 3055.

TIP 3055
Keterangan TIP 3055 PinOut:
  1. Base
  2. Colector
  3. Emitor
Adapun Detail TIP 3055 salah satunya :
  • Maksimal Collector Power Dissipation (Pc) = 90 W
  • Maksimal Collector-Base Voltage (Vcb) = 100 V
  • Maksimal Collector-Emitter Voltage (Vce) = 70 V
  • Maksimal Emitter-Base Voltage (Veb) = 7 V
  • Maksimal Collector Current (Ic max) = 15 A
  • Max. Operating Junction Temperature (Tj) = 150 °C
  • Transition Frequency (ft) = 3 MHz
  • Forward Current Transfer Ratio (hFE) MIN = 20

Skema Rangkaian

Berikut ini ialah skema rangkaian Power Supply Variabe 5A memanfaatkan LM 317 dan Transistor Sederhana


Prinsip Kerja Rangkaian LM317 5A, antara lain:
  1. Tegangan sumber datang dari Battery, Power Supply atau Adaptor Switching menyalurkan arus ke arah pin 1 IC sebagai input
  2. Arus ini melalui C1 dan C2 yang berperan sebagai Filter dari Gelombang Noise dari Tegangan Input.
  3. Tegangan Output ditetapkan oleh besaran nilai dari R2 ikuti ketentuan rumus VO = 1.25V (1+R2/R1).
  4. Tegangan output menyalurkan arus ke arah connector DC output melalui C3 sebagai Filter dari gelomang noise pada beban.
  5. Tegangan output pada IC tersambung pada Pangkalan Transistor TIP 3055 yang menyebabkan Transistor ini jemu (Pengokohan Optimal). Arus listrik yang besar akan mengucur dari kolektor ke emitor dengan tegangan yang serupa dengan pangkalan dikurangkan 0,6V.
  6. Kapasitor C3 berfungsis sebagai filter dan pengaman dari gelombang noise yang diakibatkan oleh beban.
Bagaiamana menurut pembaca, apakah ada hal yang kami lewatkan ataupun adakah cara kerja rangkaian yang kurang tepat? Silahkan sampaikan dikolom komentar.

Diatas adalah skema rangkaian power supply variabel dengan nama LM317 kapasitas 5A sederhana yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.