-->

Gas Water Heater; Komponen, Jenis dan Cara Kerja

Gas Water Heater - Pada ulasan topik ini kali, saya ingin memperkenalkan beberapa komponen gas water heater dan tombol sisi luar yang umum ada pada pemanas air gas dan perannya.
Dengan keinginan beberapa pembaca website ini dapat pahami benar sangkut-paut tiap komponen komplet dan perannya masing - masing hingga diharap faksi konsumen dapat lakukan penempatan/instalasi sendiri sesuai proses yang betul.

Gas Water Heater; Komponen, Jenis dan Cara Kerja

Gas water heater sebuah piranti yang dipakai untuk meningkatkan temperatur air yang memanfaatkan sumber energi dari gas.

Konsep kerja gas water heater ini ibarat kompor gas secara umum yakni gas yang dibakar dan apinya dipakai untuk memanasi air.

Api dari gas elpiji akan memanasi heat exchanger yang ada air yang alirkan hingga temperatur air bertambah.

Komponen Gas Water Heater

Pada artikel ini kali akan mengulas mengenai beberapa bagian gas water heater. Pertama kalinya kita ulas dahulu panel depan dari gas water heater.

Pada panel depan gas water heater, terbagi dalam 3 buah knop yakni pengontrol temperatur, pengontrol saluran air, dan pengontrol api (pengontrol saluran gas). Lihat gambar di bawah.

Komponen Gas Water Heater 

  1. Pengontrol Temperatur berperan untuk mengeset suhu air yang dipanaskan.
  2. Pengontrol Kecepatan Air berperan untuk atur kecepatan air yang lewat water heater, dan pengontrol api berperan untuk atur saluran gas LPG hingga api bisa ditata kecil besarnya.
  3. Pengontrol Temperatur Air sama dengan pengontrol api. Pada beberapa merek gas water heater, komponen ini tidak ada. Pengontrol temperatur air ini sebetulnya berperan untuk atur saluran gas dari beberapa tungku pemanas.
  4. Sensor Api berperan untuk ketahui ada api pada tungku. Bila sesudah gas mengucur dan pemantik dihidupkan tapi api tidak teridentifikasi, karena itu sensor api ini akan mengirim signal ke kontroller untuk mematikan mekanisme.
  5. Micro Switch berperan untuk ketahui ada saluran air yang melalui pipa. Micro Switch ini ada dua jenis yakni Micro Switch yang diaktifkan oleh magnet dan Micro Switch yang diaktifkan oleh membran. Micro Switch akan mengetahui akan tersambung bila ada saluran air, dan akan terbuka bila tidak ada saluran air. Bila tidak ada saluran air, karena itu Micro Switch akan memberi signal ke kontroller supaya tidak hidupkan api.
  6. Pengontrol Saluran Gas berperan untuk atur kecil besarnya saluran gas yang ke arah tungku pembakaran. Makin besar saluran gas, karena itu api yang dibuat akan makin besar. Pengontrol Saluran Gas ini tidak bisa tutup saluran gas keseluruhannya.
  7. Kontroller berperan untuk atur semua operasi dari mekanisme pemanas air. Kontroller ini sebagai otak yang mengontrol mekanisme.
  8. Solenoid Valve berperan untuk tutup dan buka saluran gas. Solenoid Valve sebuah keran yang buka dan menutupnya dikuasai oleh magnet.
  9. Lampu Tanda berperan sebagai pertanda bila ada saluran listrik yang masuk ke mekanisme.
  10. Aliran Gas berperan untuk aliran masuk gas dari tabung gas LPG ke mekanisme.
  11. Aliran Outlet Air berperan sebagai aliran keluaran air yang telah dipanaskan.
  12. Aliran Inlet Air berperan sebagai aliran masuk air yang hendak dipanaskan.
  13. Thermostat berperan untuk mengetahui temperatur air yang telah dipanaskan. Umumnya thermostat ini memiliki nilai 72 derajat celcius.
  14. Battery berperan untuk sumber daya listrik yang ada di mekanisme pemanas air.
  15. Pengontrol Saluran Air berperan untuk atur saluran air yang mengucur dalam mekanisme pemanas air.
  16. Pembagi Gas berperan untuk membagikan saluran gas pada tiap tungku. Tombol ini tidak seluruhnya mekanisme pemanas air menyiapkannya. Mekanisme Pemanas Air yang ada bagi gas ini memiliki beberapa tungku. Bila saluran gas kecil, karena itu satu tungku saja yang dialiri gas. Bila saluran gas besar, karena itu beberapa tungku akan dialiri oleh gas.
  17. Elektroda berperan untuk hasilkan recikan api. Elektroda ini ada yang mengatakan sebagai busi sama dalam kendaraan motor.
  18. Heat Exchanger berperan untuk mengantarkan panas dari api ke air. Heat Exchanger ini sebagai aliran air yang dibuat dari pipa tembaga dan dibikin melingkar di bagian atas tungku.
Beberapa bagian mekanisme gas water heater dipertunjukkan pada gambar di bawah.
Mekanisme Heater Water

Cara Kerja Gas Water Heater

Sesudah pahami tiap komponen dan tombol berdasar perannya masing-masing pasti memasangkan pemanas air gas sekarang lebih gampang karena yang dibutuhkan sebetulnya dalam masalah ini hanya pengetahuan lajur saja lebih dulu baru selanjutnya bereksperimen dengan alat electronic kecintaan anda.

Bila ingin lebih gampang untuk lakukan pasang dan servis pemanas air dapat memanfaatkan salah satunya jasa pemanas air di bandung berikut :
  • Jasa Servis Pemanas Air Bandung Water Heater Murah 081321024417
  • Jasa Pasang Insatalasi Pemanas Air Bandung - Water Heater Murah
  • Harga Pemanas Air Bandung Water Heater Listrik dan Gas
Sisi yang dirasa susah sebetulnya berada pada instalasi untuk membikin aliran air dan gas karena harus menjebol dinding kamar mandi, untuk masalah ini anda dapat memerintah tukang bangunan untuk lakukan pembobokan tembok. Adapun supply air dapat memanfaatkan beberapa tehnik berikut :
  • Memanfaatkan air PAM langsung
  • Air sumur
  • Torn atau bak penampung air
Khusus untuk poin yang ke 2 dan 3 anda harus mempunyai lebih dulu pompa air automatis untuk salurkan air baik ke torn/tank atau langsung ke mesin pemanas air, rugi yang hendak anda rasakan dari poin 2 dan 3 ialah pertambahan anggaran biaya listrik, Berlainan hal bila memanfaatkan air pam karena itu poin ke 1 ialah alternative terbaik dan paling irit ongkos karena tidak membutuhkan saluran tenaga listrik sama sekalipun. Berikut anjuran dan pemikiran dari kami saat sebelum anda lakukan instalasi.

Tetapkan dahulu letak pemanas air dan shower mandi upayakan di tempat yang vital dengan pemikiran air yang hendak memancar dari shower tidak ke arah pintu kamar mandi. Lekatkan pada dinding tembok sisi atas upayakan supaya tidaklah sampai dapat dijangkau oleh anak - anak. Gunakanlah dengan benar dan baik.

Taruh tabung gas elpiji di luar ruang kamar mandi tetapi dalam jarak yang tidak begitu jauh untuk mengirit saluran gas, upayakan tidak lebih dari 1 mtr. (ukur panjang selang saja) peletakan tabung gas pada outdoor diartikan untuk jaga keamanan dan kenyamanan pemakai.

Pakailah pipa terbaik seperti wavin terlebih bila pipa aliran air harus ditanamkan dalam tembok
Pilih keran automatis hingga anda mempunyai 2 lajur air dingin dan panas.

Seharusnya lokasi keran automatis ada lempeng vertikal di bawah alat pemanas air mandi karena lajur air dingin/panas langsung menyambung ke keran, terkecuali selang gas dia harus dimasukkan ke dinding karena peletakan tabung di luar ruangan kamar mandi.

Untuk penempatan 3 lajur selang semua harus memanfaatkan solatip yakni bahan perekat anti bocor. Khusus untuk lajur selang gas harus memanfaatkan ring pengaman untuk menghindar kebocoran gas.

Sesudah semua dipasang dengan benar dan baik sekarang waktunya lakukan trial dan eror atau testing, silahkan kita awali dari sejak awalnya dengan anggapan alat water heater (box segi panjang) telah anda lekatkan pada dindind kamar mandi, karena itu langkah pertama ialah penempatan ke 3 lajur selang lebih dahulu.

Diawali dari yang paling kiri, gunakanlah selang gas ke nozzel (pipa) box water heater saksikan di bagian paling bawah, lilitkan dahulu solatip anti bocor lalu saran selang karet gas dengan cara diputar ke atas sampai mentok kemudian ikatkan ring pengaman agar selang betul-betul melekat ke pipa nozzel (janganlah sampai kendur) kemudian gunakanlah regulator di bagian ujung selang lalu terpasang pada tabung gas. Satu lajur telah usai.

Untuk lajur tengah (output) pakailah selang kawat/alumunium/tembaga hubungkan ke nozzle dengan cara memutar drat memanfaatkan kunci inggris kemudian pasang ujungnya langsung ke keran automatis. Khusus untuk aliran air baik output atau input harus keduanya sama memanfaatkan solatip anti bocor baik pada nozzel atau keran.

Penempatan lajur yang paling akhir yaitu (input) untuk sumber supply air dingin triknya sama dengan poin nomor 2


Sesudah semua lajur selang dipasang dengan benar dan baik karena itu cara seterusnya adalah penempatan batre pada kotak penyimpan yang berada disamping kiri lajur gas (saksikan gambar) awalnya yakinkan dahulu jika keadaan battery normal (berisi dengan sempurna).

Janganlah lupa yakinkan keamanan lajur gas supaya tidak ada yang bocor, lalu check tabung gas masih juga dalam kondisi berisi.

Saat ini waktunya lakukan panggung, putarlah dahulu keran arah ke kiri (hot) lalu angkat ke atas (cara kerja keran automatis tidak semua sama) pada keadaan normal karena itu air langsung akan keluar dengan cara instant beralih menjadi hangat atau panas bergantung penataan pada tombol heater.

Saat buka keran hal pertama kali yang harus anda lihat adalah pemantik apa jalan atau mungkin tidak dengan cara menyaksikan pada tempat pembakaran (saksikan gambar) saat sebelum api berpijar pemantik akan bekerja dengan keluarkan recikan api sama seperti yang terjadi pada kompor gas, kemudian baru api berpijar bersamaan dengan mengucurnya air pada shower.



Bagaimana bila air keluar tetapi api tidak berpijar? atau kebalikannya air normal mengucur keluar keran tapi tidak panas atau hangat? untuk permasalahan ini kelak akan saya ulas pada artikel seterusnya

Jenis-Jenis Water Heater Gas

Saat sebelum mengulas bagaimana cara kerja gas water heater, kamu harus ketahui beberapa jenis water heater. Awalnya disebut ada water heater listrik dan water heater gas berdasar sumber pemanas.


Nach, water heater gas tersebut dapat dipisah jadi 3 jenis berdasar instalasinya, yakni:

1. Water Heater Gas Type Bak

cara kerja water heater gas Tanki

Water heater jenis bertangki umumnya digunakan untuk memproduksi air panas jumlah besar. Mode semacam ini lebih cocok dipakai untuk kepentingan usaha daripada keperluan individu.

Karena ada bak, air panas akan ada setiap waktu. Tetapi, sudah pasti konsumsi bahan bakar gas jadi lebih boros.

2. Water Heater Gas Indoor Tanpa Bak

Jenis indoor

Water heater gas jenis berikut yang terbanyak digunakan di beberapa rumah. Karena tanpa bak, ukuran kecil dan tidak memakan tempat.

Penempatan water heater jenis ini umumnya pada dinding kamar mandi dengan beberapa instalasi tertancap dalam tembok. Karena penempatannya dalam ruangan, komponennya juga lebih terlindungi dari bahaya luar.

3. Water Heater Gas Outdoor Tanpa Bak

Water heater gas jenis ini serupa dengan awalnya, namun penempatannya di luar ruang. Penempatan juga ditempel pada dinding dengan beberapa instalasi dalam tembok.

Beberapa orang cenderung pilih penempatan water heater gas outdoor untuk menghindar peluang gas bocor. Tetapi, ini jarang-jarang sekali terjadi dan dapat dijauhi dengan instalasi yang akurat.

A. Cara Kerja Water Heater Gas lengkap



Untuk pahami cara kerja water heater gas, kamu harus tahu beberapa komponen pokok dari mekanisme pemanas air ini. Adapun komponen khusus dalam water heater gas ialah:
  1. Flow sensor: komponen yang mengetahui ada saluran air atau mungkin tidak.
  2. Burner: komponen yang keluarkan hidup api saat water heater gas berpijar.
  3. Heat exchanger: mekanisme pipa logam dalam water heater sebagai tempat berlangsungnya proses pemanasan air.
  4. Termostat: Komponen yang berperan mengeset suhu air.
Baik water heater gas atau listrik pada konsepnya akan keluarkan air panas saat keran dibuka. Tetapi, pada water heater gas, air yang keluar tidak langsung panas saat itu juga karena diperlukan waktu untuk memanasi air.

Maka saat keran air dibuka, flow sensor akan mengetahui ada saluran air dingin. Seterusnya, ini akan memacu burner untuk berpijar.

Saat burner berpijar, komponen ini akan keluarkan api yang selanjutnya memanasi pipa heat exchanger. Dalam pipa ini, air terus akan mengucur dan memanasi air sama sesuai temperatur yang diatur dengan termostat.

Saat keran air ditutup, flow sensor akan mengetahui tidak ada saluran air. Ini akan memacu burner untuk mati secara automatis.

Demikianlah cara kerja water heater gas. Cukuplah sederhana, kan?

Pada intinya, water heater gas baru berpijar saat keran air panas dibuka. Tersebut mengapa air yang pertama keluar masih dingin, tapi makin lama jadi panas.

Dengan cara kerja water heater gas seperti ini, pemakaiannya lebih irit karena gas cuma kepakai sekedarnya saja. Ini berlainan dengan cara kerja water heater listrik yang bertangki.

B. Cara Kerja Water Heater Listrik Bertangki


Water heater listrik dipisah jadi dua type: bertangki dan tanpa bak. Jenis water heater bertangki lebih terkenal dengan pemikiran konsumsi listrik lebih irit.

Pada water heater listrik bertangki, ada komponen bak yang memuat air panas. Pada bagian atas dan bawah bak ini ada komponen pemanas listrik yang berperan memanasi air dalam bak.

Temperatur air disamakan dengan penataan yang sudah diatur. Mekanisme pemanas ini jalan secara automatis secara terus-terusan. Saat telah capai temperatur yang diharapkan, komponen pemanas akan stop bekerja.

Kebalikannya, saat water heater mengetahui temperatur turun, pemanas akan bekerja kembali. Mekanisme kerja seperti ini membuat air dalam bak selalu hangat.

Tersebut mengapa saat keran air hangat dibuka, maka keluar langsung air hangat tak perlu menanti. Di satu segi, pemakaian water heater listrik bertangki lebih ringkas, tapi sudah pasti bill listriknya akan mahal.

Demikian artikel mengenai beberapa bagian komponen Gas Water Heater, cara kerja water heater, jenis-jenis yang tersedia di pasaran. Mudah-mudahan bisa berguna.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel