-->

Power Supply Variable LM 317 1A Sederhana

LM 317 1A Sederhana - Power supply Variable ialah tipe power supply yang berperan memasok arus listrik dengan tegangan yang bisa diubah. Berlainan dengan Regulator yang tegangannya masih tetap, Tipe Variabel bisa di seting tegangan outputya seperti keinginan.

Keunggulan dari power supply variable ialah, meskipun tegangan outputnya bisa ditata, tetapi tegangan akan dijaga supaya masih tetap konstan.

Skema Rangkaian Power Supply Variable LM 317 1A Sederhana

Mempunyai Power supply atau Catu daya penting. Karena dalam eksperimen rangkaian kita membutuhkan sumber tegangan bisa memberi tingkat yang lain pada rangkaian.

Tak perlu membuat rangkaian yang sulit seperti Adaptor kreasi Duwi Arsana, Kita dapat membuat power supply sederhana tetapi andal memanfaatkan IC LM 317.

LM 317 Variable kit Apakah itu LM 317 ?

Skema Rangkaian Power Supply Variable LM 317 1A Sederhana
LM 317 1 Ampere Kit

Dari Judulnya Adjustable Regulator, memperlihatkan jika regulator diartikan bisa disetel sesenang hati untuk pilih berapakah volt tegangan yang ingin dikeluarkan.

Tetapi tidak boleh terlampau berpanjang-angan dahulu, karenanya IC LM317 ada bentang tertentu yang dapat diputuskan, alias tidak seluruhnya tingkat voltage dapat diputuskan. LM317 cuma mamapu meng handle bentang voltage di antara 1.2 sampai 37 V saja (pada arus sekitaran 1.5A), di bawah 1.2V atau di atas 37V pasti susah atau mencelakakan IC LM317 itu. Dan mungkin bisa berpedoman non-adjustable untuk yang cuma memerlukan 1.2V saja.

Kaki LM 317 Pin Out

Ulasan mengenai regulator sebetulnya pernah bintanNews ulas pada postingan awalnya, tetapi disitu cuma ada regulator type statis (non-adjustable), walaupun ada banyak rekanan yang memberitahu jika dengan memasangkan Variable resistor pada kaki GND IC 78XX bisa juga, tetapi tidak diulas disitu, sebab bisa saja itu akan mencelakakan piranti pasangannya.

Karena ada banyak rekanan, baik dari FB atau website yang mengharap dibuatkan skema regulator yang dapat keluarkan tegangan 1 atau 1,2V, karena itu di sini guruKATRO memutuskan untuk membikin posting dengan judul "Adjustable Regulator with LM317"

LM 317 ialah Integrated Sirkuit atau rangkaian terpadu yang dibuat khusus sebagai regulator tegangan Variable. IC ini bisa memasok arus optimal 1,5 Ampere. Tegangan output yang bisa diatur yakni di antara 1,2V sampai 37 Volt DC. Tegangan output ini dibuat dari rangkaian bagi tegangan yang disambungkan ke kaki 1 IC sebagai pin Adjust.

Wujud fisik LM 317 dan Rangkaian Intearnalnya
IC ini memiliki tiga pin dengan peranan berlainan
  1. Pin 1 (Adjust), tersambung pada circuit Op-amp pada rangkaian Intern yang berperan atur tegangan output pada Pin 3.
  2. Pin 2 (Output), tersambung pada rangkaian Penguat arus darlington pada rangkaian intern dan berperan sebagai Keluaran.
  3. Pin 3 (Input) tersambung pada rangkaian Op-amp dan Penguat arus pada rangkaian intern dan berperan sebagai saran.

Lihat rangkaian dasar LM 317 di bawah ini
Skema dasar LM 317

Tegangan Rekomendasi (Vref) ialah tegangan di antara pin 2 IC (output) dengan resistor R1. Tegangan pada R1 ialah tegangan stabil 1,25V. Arus listrik yang mengucur lewat Pin 1 (adjust) ialah arus stabil 100uA. Karena tegangan rekomendasi pada R1 stabil, karena itu arus stabil mengucur ke arah R2 hingga hasilkan tegangan Output sebesar :
Supaya lebih gampang atur Tegangan output pada IC dipakailah Resistor Variabel atau Potensiometer sebagai alternatif R2.

Disamping itu LM 317 mempunyai perlindungan di saat temperaturnya melewati tingkat batasan. Maknanya saat IC alami Overheat, karena itu IC akan automatis stop bekerja. Adapula perlindungan Short Sirkuit hingga IC semakin aman dipakai. Berikut ini ialah Rangkaian power supply variable Sederhana memanfaatkan IC LM 317

Skema Rangkaian LM 317 1A Sederhana


Tegangan Input bisa mengambil sumber dari battery atau Power Supply konservatif. Juga bisa memanfaatkan Adaptor type Switching sepanjang tegangan inputnya tidak melewati batasan tegangan yang tertera di datasheet yakni minimum 4,25V sampai 40V DC.

Bila tegangan Input kurang dari 4,25V, karena itu IC tidak bekerja. Kebalikannya bila melewati 40V DC, maka muncul panas yang dapat menghancurkan IC.
*Catatan : Elco C1 dan C3 harus mempunyai Tegangan Kerja (WV) semakin tinggi dari tegangan Input. Seharusnya gunakan Elco 50V.
Langkah Kerja Rangkaian
  1. Tegangan sumber datang dari Battery, Power Supply atau Adaptor Switching menyalurkan arus ke arah pin 1 IC sebagai input
  2. Arus ini melalui C1 dan C2 yang berperan sebagai Filter dari Gelombang Noise dari Tegangan Input.
  3. Tegangan Output ditetapkan oleh besaran nilai dari R2 ikuti ketentuan rumus VO = 1.25V (1+R2/R1).
  4. Tegangan output menyalurkan arus ke arah connector DC output melalui C3 sebagai Filter dari gelomang noise pada beban.
  5. Dioda berperan memproteksi IC kemungkinan dari hancur karena tegangan balik yang berasal beban dan mengembalikannya ke tegangan sumber.
Sebelum saya tutup pertemuan ini, apakah menurut pembaca sekalian rangkaian tersebut sudah tepat? Lalu mengenai cara kerja rangkaian LM317 1Ampere ini, apakah sudah sinkron atau adakah yang saya lewatkan? Silahkan sampaiakan dikolom komentar iya.

Diatas adalah skema power supply LM 317 kapasitas 1 ampere sederhana yang kami buatkan untuk sobat yang sedang mencari. Semoga anda berhasil, and selamat ber eksperimen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel