-->

Menerapkan Alat Ukur Hidrolik Serta Fungsinya

Alat ukur hidrolik adalah alat ukur yang menggunakan tekanan cairan/fluida. Fungsinya yaitu untuk mengukur, menyetel dan membantu memastikan tidak ada kebocoran atau perubahan tekanan yang dapat memengaruhi kondisi pengoperasian sistem hidrolik.
Sistem hidrolik dirancang untuk bekerja dalam kisaran tekanan yang ditetapkan sehingga pengukur harus diberi peringkat untuk rentang itu. Pengukur tekanan hidrolik tersedia untuk mengukur hingga 10.000 psi, meskipun tekanan hidrolik maksimum biasanya berkisar antara 3.000 hingga 5.000 psi.

Jenis-jenis alat ukur hidrolik

Adapun jenis-jenis alat ukur hidrolik yaitu

Manometer AC

    Jual Manifold Ac Gauge Harga Murah

    Manometer AC merupakan alat ukur yang digunakan untuk mendiagnosis gangguan yang terjadi pada sistem kerja AC. Selain itu manometer AC juga digunakan untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran pada pengisian cairan pendingin(freon) pada sistem AC.

    Komponen Manometer AC

    Manometer AC terdiri atas beberapa komponen, seperti meter tekan (discharge), meter hisap (suction), dua buah kran yang disatukan , dan tiga buah selang dengan warna yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan lengkap komponen ManometerAC.

    1. Meter Tekan (Discharge). Merupakan komponen manometer AC yang menunjukan hasil pengukuran tekanan udara pada saluran tekan dalam sistem AC. Ciri-cirinya meter tekan itu dihubungkan dengan selang berwarna biru. Pada saat pengukuran selangnya dihubungkan ke lubang disekitar saluran yang menuju Evaporator.
    2. Meter Hisap (suntion). Komponen manometer AC yang menunjukan tekanan udara yang dihisap pada kompressor AC. Meter hisap dihubungkan dengan selang berwarna merah. Hasil pengukuran pada kedua meter ini dibaca berdasarkan angka yang ditunjukan jarum penunjuk. Satuan yang digunakan adalah psi atau inHg.
    3. Kran. Kran merupakan bagian manometer AC yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran udara pada selang ukur selama pengukuran berlangsung. Ada dua kran pada manometer AC, yaitu kran biru dan merah. Kran biru digunakan untuk membuka dan menutup saluran tekan. Sedangkan kran merah digunakan untuk menutup dan membuka saluran hisap.
    4. Selang Ukur Manometer AC. Sekang ukur pada manometer memiliki 3 warna yang berbeda-beda, yaitu biru, kuning, dan merah. Selang warna kuning merupakan selang yang dihubungkan pada pompa vakum saat proses pemvakuman saat pengisiannair pendingin sistem AC.

    Fuel Presure Gauge

    Fuel Pressure Gauge - YamahaFuel Pressure Meter, merupakan special tools motor injeksi yang berfungsi untuk mengukur tekanan bahan bakar. Khususnya, pada jalur pipa bahan bakar bertekanan tinggi dari pompa bensin menuju injektor.

    Jika tekanan bahan bakar kurang dari standar yang diizinkan, maka performa mesin menjadi tidak maksimal. Atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Sehingga dalam proses throuble shooting atau mencari sumber kerusakan pada motor, maka alat ini sangat dibutuhkan oleh mekanik. Karena sifatnya adalah tekanan bahan bakar, tentunya tidak bisa dikira-kira angkanya. Wajib menggunakan alat ukur.

    Injector tester

    Fuel Injector Tester, फ्यूल इंजेक्टर टेस्टर at ...

    Salah satu syarat agar sistem injeksi ini bekerja optimal, maka bagian paling vital yakni injektor yang harus terawat dan dijaga kondisinya.

    Seiring waktu dan kondisi terjadi timbunan kerak atau kotoran pada unit injektor, sehingga perlu treatment supaya tetap bekerja secara optimal.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel