Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay

Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay


Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay- Lampu sepeda motor sebetulnya sudah disetting oleh produsen dan juga telah melalui uji kendaraan agar lampu tersebut memenuhi standar. Namun acap kali pengendara yang suka mengotak-atik motornya membuat agar lampu motornya lebih terang. Bermacam cara mereka dilakukan agar lampu motor lebih terang dari standar. Dimana salah satu caranya yang paling sederhana adalah dengan menambahkan dua buah relay pada lampu motor tersebut.
Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay
Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay

Prinsipnya cara ini untuk mengurangi tahanan pada rangkaian lampu kepala. Sebelum saya buatkan cara membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay alangkah baiknya kita bahas cara kerja relay terlebih dahulu. Sebuah relay biasanya terdapat 4 buah terminal yaitu 85,86, 30 dan 87. Sebuah relay akan terdapat dua bagian yaitu elektro magnet dan contact point. Kaki 85 dan Kaki 86 tersambung ke elektro magnet sedangkan terminal 30 dan 87 terhubung dengan contact point. Lebih mendalam bisa dilihat pada gambar relay berikut ini.

Proses kerja relay ini tersebut adalah ketika sebuah arus mengalir ke terminal 85 dan 86 terhubung dengan ground (-). Maka akan timbul kemagnetan pada elekro magnet. Gaya magnet yang dihasilkan akan menarik contact point (terminal 87) yang menyebabkan terminal 30 dan 87 terhubung. Hingga pada intinya relay merupakan saklar elektromagnetik Setelah mengetahui cara kerja dari relay, maka selanjutnya kita akan mulai untuk melakukan trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay.
 

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay

1. Anda harus terlebih dahulu 2 buah relay (NO)
2. Lalu Hubungkan kaki 30 ke positif baterai (bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala)
3. Kemudian hubungkan kaki 87 ke terminal lampu utama (jarak dekat)
4. Hubungkan kaki 85 ke kabel saklar jarak dekat (kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong)
5. Hubungkan kaki 86 ke negative.
6. Buat langkah diatas pada relay yang kedua untuk lampu jarak jauh.

Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay
Itulah langkah trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay. Jadi point pentingnya arus utama yang akan masuk ke lampu tidak melewati saklar melainkan di jumper dari baterai langsung menuju lampu. Saklar lampu utama motor digunakan untuk mengaktifkan elektro magnet pada relay saja. Dengan demikian tahanan rangkaian lampu kepala lebih kecil, sehingga lampu akan terang. Gimana cukup simpel bukan ? Kami percaya anda pasti bisa melakukanya dengan memperhatikan setiap langkah trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay diatas.

Post a Comment for "Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Menggunakan Relay"