Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

CARA KERJA MESIN DIESEL 4 TAK (LANGKAH), LENGKAP

MENJELASKAN CARA KERJA MESIN DIESEL 4 TAK (LANGKAH)

Pertanyaan jelaskan cara kerja mesin diesel 4 tak (langkah) pasti sangat lazim didengarkan oleh jurusan otomotif. Pada kesemmpatan ini saya akan jelaskan siklus motor deiesel 4 langkah atau siklus otto. Motor diesel ditemukan oleh Rudolf Diesel, pada tahun 1872. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya terjadi karena suhu. kompresi udara dalam ruang bakar. Motor diesel memiliki beberapa karakteristik, di antaranya motor diesel memiliki efisiensi panas yang lebih besar daripada motor bensin, motor diesel tidak menggunakan busi untuk memercikkan bunga api, dan momen pada motor diesel? tidak berubah pada variasi kecepatan tertentu, Prsoses konversi energi pada motor diesel juga terjadi dalam sebuah siklus. Siklus motor diesel hampir sama dengan motor bensin, hanya saja terdapat sedikit perbedaan saat siklus tersebut berlangsung. Untuk menambah wawasanmu mengenai siklus motor diesel, lakukan Kegiatan 2.3 berikut!
Baca Juga Materi BAB II Menerapkan Mesin Konversi Energi dalam Bidang Otomotif
A. Motor Bakar
B. Siklus Motor Bensin
C. Siklus Motor Diesel
D. Perhitungan Motor Bakar
E. Motor Listrik
F. Generator Listrik

Kegiatan 2.3 Membedakan Siklus Motor Diesel

Judul Kegiatan : Membedakan Siklus Motor Diesel
Jenis Kegiatan : Tugas Kelompok
Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik menyimpulkan siklus motor diesel dengan benar. (KD 3)
2) Peserta didik dapat menyajikan siklus motor diesel dengan tepat. (KD 4)
CARA KERJA MESIN DIESEL 4 TAK (LANGKAH)
SIKLUS MOTOR DIESEL EMPAT LANGKAH / 4 TAK
Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut. .
  1. Amati dan pelajarilah gambar siklus motor diesel dengan saksama!
  2. Buatlah dua buah pertanyaan untuk kamu tanyakan pada gurumu mengenai gambar tersebut!
  3. Gambarlah ulang siklus kerja motor. diesel berikut dalam bentuk wallchart/poster! Jelaskan siklus kerja motor diesel,Pada bagian bawah gambar tersebut!
  4. Tuliskan kesimpulan mengenai siklus kerja motor diesel!
  5. Sajikanlah gambar siklus motor diesel di depan kelas dengan percaya diri!
Melalui Kegiatan 2.3 tentu kamu dapat mengetahui proses yang terjadi pada siklus motor diesel. Siklus motor diesel berbeda dengan siklus motor bensin berdasarkan cara memasukkan bahan bakar dan proses pembakaran di ruang bakar. Untuk memahami lebih lanjut mengenai siklus motor diesel, bacalah uraian materi di bawah ini.
Cara kerja mesin diesel 4 tak (langkah) adalah rangkaian proses kerja yang dilakukan motor diesel untuk menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin. Motor diesel 4 langkah memerlukan empat kali langkah torak atau dua kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus kerja. Siklus motor diesel 4 langkah, yaitu sebagai berikut.

1.Langkah Isap

CARA KERJA MESIN DIESEL 4 TAK (LANGKAH)
Langkah Isap Motor Diesel Empat Langkah
Pada langkah isap torak bergerak dart TMA ke TMB, terjadi kevakuman di ruang silinder. Katup isap pun terbuka dan katup buang tertutup sehingga udara masuk ke dalam silinder.

2.Langkah Kompresi

CARA KERJA MESIN DIESEL 4 TAK (LANGKAH)
Langkah Kompresi Motor Diesel Empat Langkah
Pada langkah kompresi cara kerja mesin diesel 4 tak (langkah) yaitu, torak bergerak dari TMB ke TMA. Kemudian katup isap dan katup buang tertutup. Torak terus bergerak mengkompresikan udara yang ada di dalam silinder. Perbandingan kompresi pada motor diesel berkisar antara 15:1 sampai 22:1. Udara di dalam silinder dikompresikan hingga mencapai tekanan sekitar 30 kg/cm2 (427 psi atau 2,942 kPa) dan temperatumya sekitar 500°-800°C. Pada a:khir langkah kompresi, bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar melalui nozel. Penginjeksian bahan bakar menggunakan tekanan yang tinggi (40 bar) sehingga solar yang disemprotkan ke dalam ruang bakar berubah menjadi butiran-butiran cairan yang sangat halus seperti kabut.

3.Langkah Usaha

Langkah Usaha Motor Diesel Empat Langkah
Pada awal langkah usaha, butiran bahan bakar akan terbakar sehingga panas di silinder meningkat dan tekanan di dalam silinder bertambah. Energi hasil pembakaran akan mengekspansikan gas dengan sangat cepat dan membuat torak terdorong menuju ke TMB. Energi dorong pada torak ini akan diteruskan ke batang torak dan diubah menjadi gerak putaran oleh poros engkol. Energi ini sebagian besar disimpan dalam fly wheel untuk proses kerja berikutnya.

4.Langkah Buang

Langkah Buang Motor Diesel Empat Langkah
Pada langkah buang, torak bergerak dari TMB ke TMA dan katup buang membuka. Gas sisa hasil pembakaran didorong keluar oleh torak melalui katup buang. Selanjutnya, gas buang dibuang melalui knalpot. Pada akhir langkah buang, katup masuk membuka sehingga udara masuk ke dalam Silinder.

Diagram P-V Mesin Diesel 4 Tak (Langkah)

Diagram P-V motor diesel 4 langkah
Perhatikan diagram P-V motor diesel 4 langkah pada Gambar 2.22! Pada gambar tersebut, siklus motor diesel digambarkan dalam bentuk diagram tekanan- volume (P-V) pada tekanan tetap. Langkah pada siklus motor diesel, antara lain: langkah pertama (garis 0-1) adalah langkah isap berupa pemasukkan udara pada tekanan konstan. Kemudian langkah 1-2 adalah langkah kompresi udara pada keadaan isentropik. Selanjutnya langkah 2-3 yaitu pembakaran yang menghasilkan pemanasan gas pada tekanan konstan. Pada siklus diesel langkah 2-3 merupakan penambahan panas pada tekanan konstan. Langkah 3-4 adalah langkah ekspansi panas pada keadaan isentropik. Energi hasil pembakaran akan mendorong torak ke TMB. Langkah 4-1 adalah langkah pengeluaran kalor pada tekanan konstan. Setelah itu, tekanan pada silinder akan turun secara drastis karena katup buang terbuka, Langkah terakhir (0-1), gas sisa pembakaran dibuang pada tekanan konstan. Perbedaan pada siklus motor bensin dan motor diesel dapat kamu lihat Tabel 2.1 berikut ini.

Perbedaan siklus motor bensin dan mesin diesel 4 tak (langkah)

Pembeda

Motor Bensin

Motor Diesel

Langkah isap

Campuran udara dan bahan bakar diisap kedalam silinder

Hanya udara yang diisap kedalam silinder

Langkah Kompressi

Torak mengkompresi campuran udara dan bahan bakar

Torak mengkompresi udara untuk menaikkan tekanan dan temperatur diruang bakar

Langkah Usaha/Pembakaran

Pembakaran terjadi oleh percikan bunga api busi yang membakar campuran udara dan bahan bakar yang bertekanan

Bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar yang kemudian bercampur dengan udara bertekanan tinggi dan terbakar oleh panas dari udara bertekanan

Pengaturan Output Tenaga

Diatur oleh banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk kedalam silinder

Diatur oleh banyaknya bahan bakar yang diinjeksikan (banyaknya udara tidak diatur)

Begitulah saya dapat jelaskan cara kerja mesin diesel 4 tak (langkah) pada artikel ini. Saya yakin, artikel ini tidak cukup sempurna untuk anda. Kami sangat mengharapkan saran dan komentar dari pembaca blog pakgalingging.blogspot.com.