Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

MATERI MOTOR BAKAR 2 DAN 4 TAK

MATERI MOTOR BAKAR 2 DAN 4 TAK

Materi Motor bakar 2 DAN 4 TAK - Kamu tentu telah inempelajari berbagai bentuk energi pada pembelajaran Fisika SMP. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Ada banyak sekali bentuk energi yang terdapat di sekitar kita, seperti energi matahari, energi listrik, energi kimia, energi gerak, dan lain-lain. Tahukah kamu bahwa energi-energi tersebut dapat diubah menjadi bentuk energi yang lain? Energi yang terdapat di sekitar kita tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat diubah dalam bentuk energi yang lain. Hal ini sesuai dengan hukum kekekalan energi. 

Proses pengubahan energi sering juga disebut konversi energi. Bagaimanakah cara mengubah bentuk energi itu? Energi dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain melalui suatu alat yang disebut mesin konversi energi. Ada banyak jenis mesin konversi energi yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain setrika, solder, televisi, radio, dan lain-lain. Selain itu, konsep konversi energi juga diterapkan dalam bidang otomotif, yaitu baterai yang mengubah energi kimia menjadi energi listrik, motor bakar merupakan alat yang mengubah energi kimia menjadi energi panas dan gerak mekanik, motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi gerak mekanik, generator listrik yang mengubah energi gerak potensial menjadi listrik, dan lain-lain. 
Baca Juga Materi BAB II Menerapkan Mesin Konversi Energi dalam Bidang Otomotif
A. Motor Bakar
B. Siklus Motor Bensin
C. Siklus Motor Diesel
D. Perhitungan Motor Bakar
E. Motor Listrik
Perhatikan Gambar 2.1 ! Tahukah kamu garnbar apakah itu? Energi apakah yang dikonversikan pada gambar tersebut? Gambar 2.1 merupakan salah satu penerapan mesin konversi energi pada motor bensin. Motor bensin adalah salah satu jenis motor pembakaran dalam. Pada motor bensin, tenaga yang digunakan untuk menggerakkan mesin diperoleh dari pengubahan energi kimia bahan bakar menjadi energi parias yang kemudian diubah menjadi energi gerak melalui putaran poros engkol atau langkah torak. 
Proses Pembakaran Motor Bensin

Bersyukurlah pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan berbagai bentuk energi untuk membantu pekerjaanmu sehari-hari. Sebagai wujud rasa syukurrnu, pelajarilah materi pada bab ini dengan sungguh-sungguh agar kamu dapat menjelaskan proses konversi energi dengan benar! 

Salah satu jenis mesin konversi energi dalam bidan otomotif adalah motor bakar. Salah satu penerapan motor bakar yang senng digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah pada mesin mobil maupun sepeda motor. Kerjakan Kegiatan 2.1 untuk mengetahui contoh penerapan motor bakar lainnya dalam kehidupan sehari-hari! 

Kegiatan 2.1 Mengidentifikasi Penerapan Motor Bakar dalam Kehidupan Sehari-Hari

Motor Bakar Digunakan Untuk Mesin Pemotong Rumput

Judul Kegiatan : Mengidentifikasi Penerapan Motor Bakar dalam Kehidupan Sehari-Hari 
Jenis Kegiatan : Tugas Kelompok 
Tujuan Kegiatan :
1) Peserta didik dapat menjelaskan penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari-hari dengan benar (KD 3) 
2) Peserta didik dapat mempresentasikan penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat (KD 4) 

Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut. 
  1. Bentuklah kelompok dengan 4 orang temanmu tanpa saling membedakan!
  2. Pelajari dengan cermat beberapa sumber referensi tentang motor bakar!
  3. Lakukan diskusi dengan teman satu kelompokmu untuk menambah pengetahuanmu tentang motor bakar!
  4. Identifikasilah contoh penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari- hari!
  5. Tuliskan kesimpuian tentang penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari-hari dalam be~tuk slide presentasi!
  6. Presentasikan penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari-hari, di depan kelas untuk mendapat penilaian dari gurumu! 
Unsur-unsur dalam Pembakaran

Melalui Kegiatan 2.1 kamu telah mempelajari contoh penerapan motor bakar dalam kehidupan sehari-hari. Motor bakar merupakan salah satu mesin konversi energi yang mengubah energi kimia bahan bakar menjadi energi panas yang kemudian diubah lagi menjadi energi gerak mekanik. Energi gerak mekanik inilah yang akhirnya menggerakkan kendaraan. 

Proses pengubahan energi ini dilakukan melalui proses pembakaran baik di dalam ruang bakar maupun di luar ruang bakar. Sebelum kamu mengetahui proses pembakaran pada motor bakar, kamu perlu memahami bahwa proses pembakaran memerlukan tiga unsur utama, yaitu udara (oksigen), bahan bakar, dan panas (tekanan kompresi yang cukup). Apabila ketiga unsur tersebut terpenuhi dengan baik, maka pembakaran akan berlangsung dan menghasilkan energi panas atau tenaga. Tenaga ini akan diubah menjadi energi gerak melalui mekanisme tertentu dan diteruskan ke unit penggerak mesin. Berdasarkan proses terjadinya pembakaran, motor bakar dapat dibedakan menjadi dua. 

1. Motor Pembakaran Dalam (Internal Combustion Engine) 

Mesin Jet Merupakan Salah Satu Jenis Motor Pembakaran Dalam

Motor pembakaran dalam merupakan motor yang proses pembakarannya berlangsung di dalam mesin tersebut, sehingga energi panas atau tenaga yang dihasilkan mesin dapat langsung diubah menjadi energi gerak. Contoh motor pembakaran dalam adalah motor bensin, motor diesel, turbin gas, roket, jet, mesin gas, dan lain-lain. Proses pembakaran pada berbagai jenis motor pembakaran dalam pada dasarnya sama, yaitu bahan bakar dan udara dimasukkan ke dalam silinder atau ruang bakar. 

Di dalam silinder, torak bergerak ke atas dan ke bawah. Kompresi terjadi saat torak bergerak naik dan menekan udara dan bahan bakar. Bahan bakar pun terbakar dan menghasilkan energi panas yang mendorong torak ke bawah. Gerakan naik turun torak ini kemudian diubah menjadi gerak putar poros engkol melalui batang torak. Gerakan putar ini kemudian dipindahkan rnelalui sistem pemindah daya untuk menggerakkan mesin, seperti roda penggerak di mobil. 

Keuntungan dari mesin pembakaran dalam dibandingkan dengan mesin pembakaran luar adalah konstruksinya lebih sederhana, tidak memerlukan fluida kerja yang banyak dan efesiensi totalnya lebih tinggi. Oleh karena itu, motor pembakaran dalam banyak digunakan pada sistem transportasi, baik mobil, kapal, maupun pesawat terbang. 

2. Motor Pembakaran Luar 

Proses Pembakaran Pada Motor Pembakaran dalam

Motor pembakaran luar merupakan motor yang proses pernbakarannya tidak berlangsung di dalam mesin, tetapi diperoleh dari pembakaran di luarmesin. Energi panas tidak dapat secara langsung diubah menjadi energi gerak, tetapi melalui media penghantar yang kemudian diubah menjadi tenaga mekanik. Contoh motor pembakaran luar adalah mesin nuklir dan mesin uap. Pada mesin uap, energi panas diperoleh dari pembakaran bahan bakarpada ruangan yang terpisah, kemudian uap hasil pembakaran dipindahkan ke penggerak melalui dinding pemisah. Energi panas yang dihasilkan akan menggerakkan torak dan unit penggerak lainnya. Keuntungan mesin pembakaran luar adalah bahan bakar yang digunakan Iebih beragam dan daya yang dihasilkan besar sehingga banyak dipakai sebagai pembangkit listrik. 

Kerjakan tugas rumah berikut dengan teliti! 
1.Jelaskan proses konversi energi pada motor bakarl 
2.Jelaskan unsur-unsur yang diperlukan dalam proses pembakaran! 
3.Bagaimanakah proses pembakaran pada motor pembakaran dalam? 
4.Bagaimana langkah pembakaran pada·mesin uap? · 
5.Sebutkan contoh aplikasi motor pembakaran dalam dan motor pembakaran luar?

Sekian uraian artikel kali ini MEMAHAMI CARA KERJA ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH - MOTOR BAKAR yang saya tuliskan untuk pembaca blog pakgalingging.blogspot.com. Silahkan beri komentar dikolom komentar iya.

Post a Comment for "MATERI MOTOR BAKAR 2 DAN 4 TAK"