Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Panjang maksimal pemasangan pipa ac split semua


Panjang maksimal pemasangan pipa AC split sudah ditetapkan oleh masing-masing pabrik pembuat AC. Seperti misalnya AC merek sharp, menetapkan panjang maksimal pemasangan pipa AC split besutan mereka paling baik (panjang ideal) dikisaran 3 meter sampai dengan 6 meter.


Saat membeli unit AC split baru, tidak perlu mengisi freon untuk memasangnya, terkecuali jika membutuhkan pipa lebih dari 6 meter. Didalam unit AC split baru sudah berisi freon pre-charge yang jumlahnya sudah ditentukan untuk instalasi pipa AC maksimal 6 meter.

Jika instalasi pipa terlalu pendek dari panjang ideal

Kemudian ada pertanyaan, apa yang terjadi jika pipa terlalu pendek dari ukuran ideal? Prinsipnya adalah semakin pendek ukuran instalasi pipa, akan semakin tinggi tekanan freon pre-charge yang mengalir pada sistem. Tekanan freon yang tinggi ini akan menmberatkan kerja kompressor AC secara langsung. Indikator dari kerja berat kompressor ini apa? Terlihat dari pemakaian arus yang diluar normal atau boros listrik.

Usia kompressor akan pendek jika terus mengalami kerja berat, selain itu tagihan listrik yang meningkat akan terjadi. Jadi, adakah solusi untuk instalasi pipa yang terlalu pendek dari ukuran ideal? Jawabanya ADA. Kurangi jumlah freon dengan membuangnya sebagian, hingga didapat tekanan freon sesuai spesifikasi pabrik, misalnya 75 s.d 95 Psi untuk R-22.

Jika instalasi pipa terlalu panjang dari ukuran ideal

Lalu bagaimana jika instalasi pipa terlalu panjang dari ukuran ideal? Secara langsung akan mengakibatkan tekanan freon yang semakin rendah. Sekilas memang kita akan mengatakan kerja freon akan ringan. Namun pencapaian suhu pendinginan akan lama atau bahkan tidak bisa dicapai. Ini membuat kompressor tidak pernah berhenti bekerja sampai suhu yang kita inginkan tercapai. Kompressor akan overheating dan bahkan dapat terbakar jika tidak ada jeda (istrahat) bekerja.

Efek lain juga akan terlihat pembekuan uap air (es) pada pipa suction outdoor unit. Tekanan freon yang rendah mengakibatkan refrigrant (freon) tidak stabil dan menimbulkan bunga es pada pipa suction unit outdoor. Inilah penyebab bunga es pada pipa AC yang sering terjadi pada AC kurang freon.

Solusi untuk instalasi pipa terlalu panjang dari ukuran ideal

Solusi instalasi pipa terlalu panjang dari ukuran ideal sangat mudah, yaitu menambahkan jumlah freon kedalam sistem. Jumlah freon yang harus ditambahkan jika instalasi pipa terlalu panjang dari ukuran ideal ini beragam, tidak sama dengan unit lainnya. Cukup anda sesuaikan saja tekanan freon menurut spesifikasi unit AC split pabrikannya.

Penutup

Beberapa pabrikan atau manufactur menyarankan standar ukuran pipa yang lebih tebal saat panjang instalasi pipa diatas ukuran standar. Bahkan beberapa mengatakan untuk mengubah diameter pipa. Untuk lebih jelasnya, teknisi ATPM memang lebih paham dan bersertifikat dalam menangani AC split sesuai mereknya.

Post a Comment for "Panjang maksimal pemasangan pipa ac split semua"