close
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab AC Bocor Berapa Biaya Service?

Penyebab AC bocor mungkin saja dialami AC yang lama tidak di-service. Paling sering, penyebab AC bocor dialami setelah kurang lebih 6 bulan penggunaan dan setiap 3 bulan kalau tidak di-service. Maka dari itu, jangan panik kebocoran pada AC merupakan hal yang biasa terjadi.

Pada dasarnya, apa yang menyebabkan AC bocor yang umum terlihat dengan kondisi karena adanya air menetes. Kalau terlihat kondisi ini, air menetes. Maka dapat dipastikan mengakibatkan AC tidak bisa bekerja sesuai peruntukannya, sehingga akan memberikan ketidaknyamanan saat menyalakan ac. 

Penyebab AC Bocor Berapa Biaya Service?

Saya boleh katakan bahwa, rembesan air yang keluar dari ac, baik itu bagian indoor maupun out door adalah kejadian yang normal. Namun, kalau air menetes keluar terlalu banyak. Ini menandakan terdapat masalah yang terjadi pada ac sobat. Oleh karen hal itu, alangkah baiknya jika sobat memahami penyebab - penyebab ac bocor supaya tepat sasaran saat melakukan penanganannya.

Penyebab AC Bocor Berapa Biaya Service?

Apa sih penyebab AC bocor sehingga dihasilkan rembesan air yang keluar dari AC sobat? Kenyataannya mungkin tidak mudah untuk ditebak karena masih banyak hal yang menyebabkan AC bocor yang perlu kami bagikan agar sobat mengetahui dan dapat segera memutuskan cara mengatasinya.

Saya yakin sobat pasti kesal kalau mengalami AC bocor di rumah? Apa lagi sudah beberapa hari terjadi dan tidak juga hilang masalah kebocoran tersebut. Saya sebagai teknisi AC Mantap Teknik yang pernah menjalakan usaha service AC akan membagikan pengalaman dalam mengatasi masalah ini.

Tujuan dari artikel ini adalah agar sobat mengetahui penyebab AC bocor dan juga cara mengatasinya. Semoga dengan pengalaman ini bisa memberikan ide cemerlang kepada sobat dan menuntaskan masalah ac bocor yang sobat alami.

Sebagai barang elektronik rumah tangga yang tidak asing lagi memasang air conditioner (AC) di rumah, tentunya sudah terbiasa dengan kejadian air yang menetes dari AC outdoor dan bagian indoor.

Kalau masalah ini terlalu sering terjadi akan sangat mengganggu kenyamanan sobat. Dimana, sebenarnya kita memakai AC adalah untuk kenyamanan dengan udaara sejuk. Lebih-lebih lagi kalau tetesan air dari AC tepat diatas tempat tidur atau perkakas rumah tangga lainnya.

Apa saja kemunhgkinan yang menyebabkan air menetes ini dan adakah cara mengatasi tanpa memanggil teknisi?

Mari, lihat ulasannya penyebab dan cara mengatasi AC bocor berikut ini, antara lain:


A. Masalah pada Indoor

Proses mengidentifikasi masalah penyebab ac bocor akan saya mulai dari bagian indoor terlebih dahulu. Tujuan saya adalah sobat lebih mudah mengenali letak poin-poin berikut yang saya ulas.

1. Saringan Indoor Tersumbat

Saringan pada AC tepatnya di bagian indoor berfungsi sebagai penyaring kotoran dan debu yang tercampur dengan udara. Apabila filter ac tersumbat aliran udara akan sangat minim bahkan tidak ada yang mengalir. Inilah merupakan alasan umum yang menjadi penyebab AC bocor lalu meneteskan air. 

Saat saringan udara di AC tersumbat, kondisi ini menghentikan aliran udara yang akan melewati evaporator pada indoor dan akan menyebabkan pembekuan udara. Saat sobat mematikan AC atau saat temperatur udara yang diinginkan tercapai, pembekuan yang ada pada filter mulai mencair jadi air, lalu menemukan jalan keluarnya sehingga mengakibatkan AC mulai bocor.

2. Saringan Indoor Kotor

Apakah saringan AC yang kotor bisa mengakibatkan AC bocor ? Kejadian ini sangat mirip dengan kejadian pertama hanya saja ada lebih banyak udara mengalir melewati evaporator indoor.

Saringan Indoor Kotor
Filter ac split berdebu
Kalau saringan udara kotor, akan menyebabkan aliran udara ke evaporator berkurang sehingga menyebabkan penurunan temperatur. Kalau koil evaporator menjadi terlalu dingin, akan menghasilkan pembekuan.

Ketika unit AC split sobat OFF-kan, unit indoor akan berhenti mengalirkan udara ke seluruh ruangan kemudian ruangan mulai panas dan mengakibatkan es yang terkumpul pada koil evap mencair. Tentu saja es yang cair ini memenuhi kapasitas penampung air pada indoor, dan menyebabkan tetesan air.

3. Lubang Pembuangan Air AC Tersumbat

Saya sendiri sering mendapati masalah penyebab AC bocor yang disebabkan oleh tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan pada unit AC. Ada banyak hal yang bisa membuat lubang ini tersumbat salh satunya karena terdapat debu atau kotoran yang melekat di talang AC.

Lubang pembuangan air AC
Lubang pembuangan air AC
Normalnya air tetesan dalam unit akan mengalir keluar terbuang saat AC menyala melalui saluran pembuangan ini. Akan tetapi, kalu pipa saluran pembuangan penuh dan bahkan tersumbat kotoran akan mengakibatkan pembuangan air akan tidak lancar yang membuat tetesan air meluber dari talang melalui unit indoor.

Saran untuk mengatasi kejadian ini, pastinya dengan membersihkan saluran pembuangan talang belakang. Langkah membersihkan saluran pembuangan air AC adalah dengan melepas pipa sambungan di unit indoor agar unit indoor bisa dilepaskan dari rangkaian instalasi.  Jika unit indoor bisa sobat dilepas, siram talang pembuangan air dengan air bertekanan atau cucuk dengan lidi sampai bersih dan seluruh kotoran keluar.



4. Kemiringan Unit Indoor AC tidak tepat

Jika pemasangan unit indooor tidak rata akan membuat kemiringan unit indoor tidak tepat. Artinya AC akan terlihat miring sebelah, dan tidak enak dilihat. Lebih parahnya lagi kemiringan ini akan membuat daya tampung talang air tetesan menjadi lebih sedikit dan cepat penuh.

Selain itu, jika lubang menuju saluran pipa pembuangan air lebih tinggi letaknya akan menjadi penyebab AC bocor air menetes. Air tidak mempunyai saluran keluar dan menumpuk ditalang kemudian akan menetes dari sana jika talang air sudah penuh.

Kemiringan Unit Indoor AC harus tepat
Kemiringan Unit Indoor AC harus tepat
Solusi mengatasi indoor yang miring tentu saja dengan melakukan pemasangan indoor ulang dengan cara melepas casing unit. Kemudian mengatur kembali kemiringan dari bracket tempat indoor dipasang yang sesuai agar air bisa menetes dan mengalir dengan lancar keluar menuju saluran pembuangan.

5. Terdapat Debu dan Kotoran

Yang paling umum, penyebab AC bocor dikarenakan adanya kotoran, debu, dan benda lainnya yang menyumbat saluran pembuangan. Penumpukkan debu akan membuat air yang keluar mencari jalur dan lubang lainnya dalam AC untuk keluar. Hal inilah yang menyebabkan kebocoran AC karena air keluar melalui jalur yang tidak normal.
Lubang pembuangan Air AC
Talang air AC
Keterangan:
  1. Lubang pembuangan Air AC
  2. Talang air AC
  3. Selang pembuangan air AC
  4. Talang air bagian belakang
Penumpukan debu yang lama-kelamaan akan menimbulkan pertumbuhan jamur sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan. Hal ini dikarenakan jamur yang tumbuh bisa menyebab melalui udara yang dihasilkan oleh AC yang membuat udara di ruangan menjadi tidak bersih dan kurang sehat.

Solusi untuk mengatasi kondisi berdebu tentu saja dengan rajin melakukan perawatan atau service pada AC paling tidak 6 bulan sekali dengan cara membersihkan kotoran-kotoran serta debu yang terdapat di dalam unit.

6. Air merembes dari celah tersembunyi

Ada lagi yang paling unik masalah kebocoran AC bisa juga di sebabkan karena air yang tiba-tiba keluar dari celah yang tidak terlihat dengan kasak mata. Adapun celah itu akan terlihat ketika diperiksa memakai sinar senter karena ukurannya yang cukup kecil.

Air merembes dari celah tersembunyi
Rembesan air pada AC bocor
Solusi mengatasinya dengan mengikuti bekas sumber tetesan air untuk menemukan lubang tempat air keluar lalu memperbaikinya. Jika tidak bisa menemukanya sobat bisa memakai jasa profesional yang memiliki keahlian khusus untuk mengatasi masalah AC split .  

7. Pembekuan Es di Evaporator

Pembekuan pada pipa evap disebabkan oleh suhu freon yang lebih dingin dari biasanya. Sehingga uap air yang diserap menjadi lebih banyak dari sebelumnya. Adapaun kejadian ini karena kurangnya tekanan freon di AC atau freon AC bocor dapat membuat pipa evaporator membeku dan menyimpan bongkahan es.
Evaporator ac split beku
Evaporator ac split beku
Pada kondisi AC tidak menyala membuat bongkahan es yang memenuhi drainase AC tersebut kemudian mencair dan menimbulkan tetesan pada ruangan. Solusi mengatasi hal ini yakni dengan menambahkan freon pada system AC split.

B. Masalah Pada Outdoor

Karena AC split hanya dua bagian, kemudian kita akan identifikasi masalah dari bagian outdoor atau bagian yang digantung diluar.

1. Kerusakan Kompresor AC

Kompresor merupakan mesin yang berada di bawah koil pendingin dan berfungsi untuk mengalirkan freon didalam AC dengan baik agar bisa dihasilkan udara yang sejuk dan nyaman.

Kompresor ac split rusak
Kompresor ac split rusak
Kalau kompresor ini rusak, akan menyebabkan sering kali air di AC menjadi menetes dan membasahi ruangan.

Secara umum hal ini terjadi karena kotoran dan debu yang berkumpul di mesin dan menyebabkan pompa di kompresor tidak berfungsi dengan baik.

2. Pembekuan Es di pipa outdoor

Kondensor outdoor ac split beku
Kondensor outdoor ac split beku
Pipa pada nepel outdoor terdapat bekuan es menandakan ada yang tidak beres pada unit AC. Semua sistem pipa pada AC memiliki suhu yang sangat dingin dari biasanya. Sehingga uap air yang dihasilkan menjadi lebih banyak dan merembes menyebabkan AC bocor.

3. Temperatur Luar ruangan lebih Dingin

Kondisi luar ruangan lebih dingin daripada didalam ruangan memang sangat jarang terjadi, bukan tidak mungkin. Ini akan menjadi penyebab AC bocor berikutnya kalau suhu di luar rumah yang terlalu dingin daripada kamar menyebabkan AC di rumah membeku.

Apa yang terjadi pada kondisi jika diluar ruangan lebi dingin daripada didalam ruangan? Adapun uap air yang seharusnya diseimbangkan dengan cara membuangnya keluar menjadi berlebih dan tidak bisa dikeluarkan. Uap air berlebih ini akan menempel di sekitar permukaan AC dan bisa menetes.

4. Pipa kondensor AC bocor

Pada bagian outdoor unit terdiri dari koil kondensor, kompresor, dan kipas atau blower. Dikarenakan unit terletak di luar terkena panas hujan dan dingin, ada kemungkinan ia mengalami penumpukan puing dan kotoran. Meski terlihat demikian kotor, kami bisa pastikan hal ini tidak masalah.

Pipa kondensor AC yang bocor yang patut kita sebut masalah, dimana hal ini membuat freon keluar secara halus dari sistem. Lama kelamaan akan membuat sistem AC kekurangan freon. Jika sudah demikian akan membuat AC bocor.

SERING DITANYAKAN

Berapa biaya service AC bocor? Tentu saja menjadi pertanyaan yang muncul jika mengalami kejadian seperti ini. Biaya yang kita keluarkan untuk melakukan service AC bocor setidaknya wajar dan sesuai dengan masalah yang sobat alami.

Jika layanan yang sobat perlukan hanya cuci AC saja untuk menuntaskan masalah ini paling-paling hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 50.000 - Rp 100.000 tergantung daerah masing-masing.

AC bocor apakah bahaya? AC bocor yang sobat alami bisa kami kategorikan menjadi dua, antara lain:
  1. Air menetes, dan
  2. Freon bocor
Kalau AC bocor yang sobat alami adalah air menetes, tidak bahaya untuk menyalakan AC. Karena AC bocor jenis ini tidak menghasilkan racun dan baik-baik saja untuk dinyalakan. Namun, kalau AC bocor dengan penyebab freon bocor kami katakan bahwa ini sangat berbahaya.

Apa yang harus dilakukan jika AC bocor? Sobat bisa melakukan tindakan berikut jika mengalami AC bocor, antara lain:
  1. Menghentikan penggunaan AC
  2. Menghubungi teknisi untuk memperbaikinya
Jangan mengambil resiko yang berbahaya bagi AC dan kondisi lingkungan ruangan anda. Segera perbaiki dan selesaikan masalah yang terjadi.

Bolehkan AC bocor dinyalakan? Jika bocor ini adalah air yang merembes berarti ada penyebab ac keluar air yang perlu dituntaskan. Kondisi seperti ini sobat masih boleh menyalakan AC meskipun bocor. Akan tetapi bila freon yang bocor apalagi mengalir kedalam kamar, AC bocor seperti ini tidak boleh dinyalakan.
☝☝☝☝☝☝☝☝☝☝☝☝☝

Cara Mengatasi AC Bocor

Terdapat beberapa cara mengatasi AC bocor yang dapat sobat lakukan di rumah, dibawah ini cara-caranya:

1. Mengisi Freon

Jika masalah AC bocor sudah sobat identifikasi karena freon, sobat sudah bisa memutuskan untuk mengisi freon. Dengan menambah freon kembali kedalam sistem AC sesuai dengan tekanan kerja akan membuat AC bocor menjadi normal.

Namun ada catatan kecil, yaitu freon yang berkurang pasti ada penyebabnya. Segera menemukan penyebab freon bocor halus agar tidak berulang-ulang mengisi freon.

2. Mengganti Filter AC yang Kotor

Lagkah kedua dalam mengatasi AC yang bocor ialah dengan mencucui sendiri filter AC lama yang sudah kotor. Filter AC yang kotor dapat menjadi biang kerok penyebab utama terjadinya kebocoran karena udara tidak bisa mengalir secara sempurna dan mengakibatkan seluruh komponen AC akan bekerja secara lebih keras untuk melakukan pendinginan. AC yang bekerja lebih keras otomatis dapat mengakibatkan tetesan bocoran lain yang tidak Anda inginkan.

3. Membersihkan Selang yang Tersumbat

Selang AC yang tersumbat merupakan salah satu penyebab terjadinya kebocoran. Sobat dapat mendiagnosis untuk menemukan selang yang mengalami kebocoran. Selang dapat mengalami kebocoran apabila di dalamnya terdapat banyak kotoran ataupun lumut yang mengakibatkan selang menjadi bocor.

Periksalah seluruh selang yang terdapat pada AC kemudian gantilah dengan selang baru apabila terdapat kebocoran. Jangan menambal selang AC yang bocor, karena sangat tidak dianjurkan hanya bisa menjadi solusi jangka pendek yang sia-sia.

4. Memperbaiki Kompresor AC

Sebuah kompresor AC yang tidak bekerja secara sempurna tentu bisa mengakibatkan terjadinya kebocoran. Pastikan kerja dari kompresor AC berada dalam kondisi yang optimal agar kompresor tersebut tidak menghasilkan air berlebih dan menyebabkan kebocoran pada unit AC di rumah.

Bagaimana sekarang? Apakah sobat sudah paham apa penyebab AC bocor dan berapa biaya service mengatasi masalah ini. Dengan begitu sobat akan mampu bernegosiasi dengan teknisi langganan terkait biaya perbaikan.
Admin
Admin Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca! Bintan News

Post a Comment for "Penyebab AC Bocor Berapa Biaya Service?"