Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara pasang ac split detail

Cara pasang ac split detail

Cara pasang ac split rumah sangat gampang. Tidak perlu banyak peralatan yang anda butuhkan. Masak iya? Iya itu tidak benar. he..he..

Mungkin diantara sekian ribu orang ada satu sampai lima orang yang ingin memasang sendiri AC split rumahnya. Mereka ini adalah orang-orang kreatif dan mandiri, tidak mau tergantung dengan belas kasihan orang lain.

langkah cara pasang ac split memang sederhana dan tidak ribet, hanya saja diperlukan beberapa peralatan khusus (special service tool) dalam hal ini contohnya flaring tool dan hole saw. Peralatan teknisi AC dan fungsinya dapat anda cek disini. Mari kita bahas cara pasang AC split secara lengkap.

Peralatan memasang AC split

Untuk memasang AC split kita memerlukan banyak peralatan, mulai dari handtools hingga powertools, ciee..pake bahasa asing segala. Apa saja peralatan memasang AC split kali ini, adalah.
a. Kunci pas 12mm, 14 mm, 17 mm, 19 mm, dan 22 mm
b. Kunci inggris (adjustable spanner) dua buah
c. Tang kombinasi
d. Kunci "L" no 4 mm dan no 6 mm
e. Waterpass
f. Flaring tool
g. Kanebo
h. Vacuum Pump
g. Thermometer

Cara pasang AC split

Terlebih dahulu kita menetapkan dimana tempat memasang AC split yang baik atau sesuai keinginan pelanggan. Setelah disepakati letak indoor dan letak outdoor, kini saatnya untuk eksekusi pasang unit AC split ditempat yang diinginkan pelanggan. Langkah-langkahnya, silahkan pahami prosedur berikut ini.

1. Tentunya keluarkan unit ac terlebih dahulu dari dus packagingnya. Agar kita dapat mengidentifikasi ukuran dan letak pipa freon dan pipa drainase indoor. Pasang kabel dengan panjang secukupnya ke terminal indoor ini. Kabel ini nantinya akan menjadi sumber power kepada unit outdoor, langkah unit indoor untuk mengontrol (menghidupkan dan mematikan) unit outdoor.
Pasang kabel unit indoor

2. Pasang bracket unit indoor pada bagian dalam ruangan sesuai dengan kesepakan dengan pelanggan. Gunakan sekrup untuk memasang bracket, agar nanti saat pembongkaran lebih mudah dilakukan. jika menggunakan paku pada bracket indoor, akan menyulitkan teknisi saat diminta untuk membongkar ac split nantinya.

3. Buat lubang untuk pipa freon dan pipa drainase keluar sebesar D 75 mm, perhatikan gambar untuk letak lubang pada bracket. Intinya lubang ini jangan sampai keluar dari area bracket unit indoor, agar tersembunyi dan tidak terlihat saat indoor dipasang. Jika lubang kita buat diluar area bracket indoor, menyebabkan lubang kelihatan dari luar.
Gunakan waterpass untuk memastikan kelurusan bracket secara horizontal agar indoor tidak miring saat dipasang.
Pemasangan bracket indoor dan lubang pipa keluar

4. Menempatkan unit indoor pada bracket. Sebelum menempat unit indoor pada bracket, setting pipa freon dan pipa drainase serta kabel power outdoor menghadap keluar, karena kedua pipa ini akan kita lewatkan keluar melalui lubang D 75 mm tadi. Jika sudah disetting tegak lurus, pasangkan unit indoor pada barcket.
Setting pipa freon dan pipa drainase serta kabel power outdoor menghadap keluar

5. Pasang bracket outdoor. Bracket outdoor ada sepasang, kita harus mengatur jarak kedua barcket ini sesuai jarak kaki unit outdoor (perhatikan gambar). Ukur dulu jarak kedua kaki unit outdoor ini pada titik pusat lubang pemasangan baut. Ingat! pengukuran jarak dilakukan pada titik pusat diameter tempat baut outdoor. Gunakan baut dinabolt untuk menempelkan bracket didinding, minimal 4 titik baut dinabolt agar bracket kuat menahan unit outdoor.
Gunakan waterpass untuk memastikan kelurusan bracket secara horizontal agar outdoor tidak miring saat dipasang.
Ukur jarak kaki outdoor pada titik pusat

6. Menempatkan unit outdoor pada bracket. Letakkan unit outdoor diatas bracket dan ikat menggunakan baut, biasanya berukuran 12 mm. Gunakan kunci pas yang sesuai untuk mengencangkan baut-baut kaki outdoor sesuai spesifikasi.

7. Menghubungkan pipa unit indoor dan unit outdoor. Terlebih dahulu lakukan flaring pada pipa sambungan ini menggunakan flaring tool. Untuk langkah cara flaring pipa ac silahkan lihat disini. Kemudian sambungkan pipa unit indoor dan unit outdoor dengan pipa ini, lakukan moment pengencangan baut sesuai spesifikasi. Tidak terlalu kencang, agar flens hasil flaring pipa ac tidak pecah.
Cara flaring pipa AC - youtube

8. Menghubungkan power dari unit indoor ke unit outdoor. Gunakan kabel berukuran D 2.5 mm untuk menghubungkan power dari unit indoor ke unit outdoor. Kabel yang lebih tebal akan lebih baik, asal sesuai dan masih bisa dibautkan ke terminal pada unit indoor dan outdoor.
Memasang kabel unit outdoor

9. Proses vacuum. Langkah paling penting adalah langkah ini, vacuum sistem AC. Langkah ini kita lakukan untuk membuang udara yang terperangkap didalam pipa AC serta bermafaat untuk memastikan ada tidaknya kebocoran yang terjadi pada instalasi unit AC yang kita pasang. Lakukan vacuum selama 5 menit hingga 25 menit, hingga jarum penunjuk manifold gauge tidak bergerak sama sekali.
Langkah vacuum AC split
Langkah vacuum AC split

10. Melepas freon dari unit outdoor ke sistem AC. Langkah ini merupakan langkah terakhir pemasangan AC split. Sebelum langkah ini dilakukan pastikan kembali unit indoor sudah terpasang baik dan kabel power sudah terhubung ke unit outdoor, unit outdoor sudah dibaut dengan baik, instalasi pipa sudah dibungkus ducting tape (bagian yg tidak terbungkus saja perlu diducting tape), stecker dan colokan untuk power  AC sudah terpasang rapi, proses vacuum menunjukkan tidak ada kebocoran, dan SEGERA LEPAS FREON DARI UNIT OUTDOOR ke sistem AC. Gunakan kunci L untuk memutar valve neppel pada outdoor, mulai dari valve neppel yang kecil dulu, kemudian buka valve neppel yang besar. Freon akan menyebar masuk keseluruh siste AC, dan AC siap untuk dinyalakan.

Pemeriksaan akhir kerja AC split

Pada tahap ini, pekerjaan yang kita lakukan hanya untuk memeriksa kerja dari unit AC yang baru saja kita pasang. Hal-hal yang perlu kita periksa disini adalah, AC bisa hidup, unit outdoor bekerja, unit indoor bekerja, dan dapat meghasilkan hawa dingin sesuai keinginan. Ada pun langkah-langkahnya adalah berikut ini.

1. Setelah colokan AC sudah di masukkan ke stop kontak, lalu stop kontak sudah di-ON-kan, akan ada bunyi BEEP terdengar dari unit AC. Ini menandakan bagus, unit sudah terhubung ke power pln terutama bagian indoor.

2. Nyalakan AC dengan menekan tombol ON pada remote AC, unit indoor akan membuka swing, kompressor outdoor dan fan (kipas) akan bekerja. Ini menandakan bagus, unit AC sudah bekerja.

3. Setting remote kontrol pada suhu 16 derajat, lalu ukur suhu udara yang mengalir pada swing, jika terdeteksi suhu 0 (nol) bahkan minus, ini menandakan bagus, kerja AC sudah mendinginkan.

Penutup

Ikuti saran dari pabrik pembuat produk AC yang anda gunakan, mulai dari jenis freon, tekanan freon, panjang pipa instalasi, jenis kabel, spesifikasi listrik dan bahkah stop kontak yang dianjurkan wajib dipatuhi agar aman dan nyaman.

Post a Comment for "Cara pasang ac split detail"