Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Solusi AC sudah isi Freon tapi tidak dingin terbukti

AC sudah isi freon tapi tidak dingin dipengaruhi beberapa faktor penyebab. Langkah pertama yang harus dilakukan saat mendapati ac sudah isi freon tapi tidak dingin adalah JANGAN PANIK.

1. Jangan Panik

Biasanya pemilik AC akan panik dan buru-buru menelpon kembali teknisi yang mengisi freon lalu. Terkadang tidak hanya menyampaikan keluhan tetapi juga marah-marah. Tips menghadapi ac sudah isi freon tapi tidak dingin pertama adalah Jangan PANIK! Silahkan hubungi teknisi langganan Anda dan sampaikan keluhan dengan detail. Mudah-mudahan teknisi akan mendapatkan informasi yang akurat tentang permasalahan AC anda.

2. Masalah yang tidak Terdeteksi

Solusi berikutnya ac sudah isi freon tapi tidak dingin adalah karena adanya masalah yang tidak terdeteksi. Semua teknisi AC akan berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Keluhan sebelumnya yang anda sampaikan akan diselidiki pada AC anda. Berbagai cara akan dilakukan teknisi AC untuk menemukan akar masalah keluhan AC anda.

Masalah yang tidak terdeteksi akan terjadi jika anda kurang detail dalam menyampaikan keluhan AC anda. Atau bisa juga terjadi saat teknisi salah "menterjemahkan" keluhan anda. Kurang teliti merupakan faktor utama penyebab masalah ini.

3. Kerusakan mendadak

Penyebab berikutnya ac sudah isi freon tapi tidak dingin adalah terjadinya kerusakan mendadak. Masalah unit AC anda sudah dianalisis dengan baik dan diselesaikan. Namun tiba-tiba ada kerusakan pada unit beberapa jam setelah diperbaiki. Seperti thermistor yang putus, kebocoran pada pipa AC, ataupun kompresor outdoor rusak. Solusinya adalah dengan memeriksa kembali thermistor, kebocoran, dan kompressor outdoor.

4. Periksa Mode Remote control AC

AC sudah isi freon tapi tidak dingin disebabkan oleh settingan remote. Coba lakukan settingan mode pada remote, pastikan mode pada remote diposisi Mode Dingin. Indikator pada remote kontrol dapat kita lihat adanya gambar sebutir salju pada layar remote control AC. Seperti anda ketahui ada beberapa macam settingan mode pada remote control AC. Jika sudah remote control disetting mode dingin, tetapi AC tidak dingin, lakukan langkah berikutnya dibawah ini.

5. Periksa Tekanan Freon

Lakukan pemeriksaan tekanan freon AC untuk memastikan penyebab langsung ac sudah isi freon tapi tidak dingin. Saya yakin penyebab paling sering AC tidak dingin adalah tidak adanya freon AC pada sistem atau unit AC. Untuk lebih menyakinkan, silahkan lakukan pemeriksaan tekanan freon.

Jika tekanan freon AC sangat kecil ini menandakan jumlah freon didalam sistem AC sangat sedikit. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menambahkan freon baru. Namun, saya sarankan JANGAN ISI dulu. Freon pada AC tidak mungkin hilang begitu saja tanpa ada penyebab freon bocor. Inilah yang harus dituntaskan terlebih dahulu, penyebab freon habis. Next, ikuti langkah berikutnya.

6. Periksa Kebocoran Pipa

Langkah berikutnya jika AC sudah isi Freon tapi tidak dingin dengan memeriksa kebocoran pipa sehingga freon menjadi habis. Bahan yang paling mudah dan murah untuk melakukan pemeriksaan kebocoran freon AC adalah menggunakan busa air sabun. Ingat, hanya busa dari air sabun, bukan airnya yang kita gunakan. Busa ini kita tempelkan ke bagian yang kita curigai bocor.

Lalu memperhatikan gelembung busa, jika membesar menandakan ada kebocoran pada pipa tersebut. Hanya saja ada kekurangan menggunakan busa air sabun dalam memeriksa kebocoran freon, yaitu tidak dapat mendeteksi kebocoran yang sangat halus. Kekurangan berikutnya adalah sulit mengatur busa agar menempel pada pipa yang sulit dijangkau.

Saya menyarankan agar anda menggunakan leak gas detektor, alat ini (leak gas detector) lebih akurat dalam mendeteksi kebocoran freon. Sehalus apapun kebocoran yang terjadi leak gas detector akan mendeteksi. Alat ini punya pengatur sensitivitas dalam mendeteksi keberadaan gas freon. Jika kebocoran sudah anda temukan segera perbaiki, bisa saja dengan mengencangkan baut sambungannya lagi, flaring ulang, atau mengelas bagian yang retak.

7. Lakukan Vacuum pada unit AC

Langkah paling efektif dan menghemat waktu pekerjaan adalah dengan melakukan vacuum terhadap unit AC. Saya tidak pernah melewatkan ini dalam setiap pekerjaan pemasangan AC baru maupun bekas. Senjata utama saya dalam memasang AC adalah vacumm pump. Kita dapat mencegah masalah AC sudah isi Freon tapi tidak dingin dengan langkah vacuum dulu sebelum isi freon.

Saya melakukan vacum unit AC selama 5 sampai dengan 20 menit, sehingga jarum manifold gauge tidak bergerak sama sekali selama menunggu waktu itu. Selain memastikan kebocoran tidak ada, vacuum juga berguna pada kualitas AC. AC akan lebih cepat dingin jika kita vacuum sebelum diisi freon, ini karena udara (oksigen) yang terperangkap pada saat memasang pipa, keluar semua. Artinya tidak ada oksigen sama sekali didalam sistem. Oksigen ini akan berakibat tidak baik pada proses pendinginan.

8. Kencang baut sambungan Pipa AC

Terkadang kebocoran tidak parah, bisa saja dikarenakan penguncian baut kurang kencang. Lakukan pengencangan baut sambungan AC secara perlahan, jangan langsung dikunci sekencang-kencangnya. Agar baut tidak patah atau bisa saja menyebabkan flaring pipa pecah.

9. Lakukan Flaring Ulang

AC sudah isi Freon tapi tidak dingin jika unitnya sudah berusia diatas 3 tahun, ada baiknya mengecek flaring sambungan pipa pada outdoor. Saya sangat sering menemukan masalah seperti ini, kebocoran yang sangat halus, hampir tidak terdeteksi. ternyata disebabkan oleh flaring yang sudah tua ini.

10. Isi Freon AC kembali

Sekali lagi saya harapkan, lakukan vacuum unit AC sebelum mengisi freon. Tunggu hingga 25 menit untuk memastikan ada tidaknya pergerakan jarum manifold gauge. Jika jarum manifold gauge sudah tidak bergerak sama sekali, silahkan isi freon. Mengisi freon merupakan langkah paling mujarab untuk masalah AC sudah isi Freon tapi tidak dingin. 

Itulah penjelasan lengkap tentang ac sudah isi freon tapi tidak dingin. Semoga AC anda segera dapat bagus dan dingin kembali. Silahkan berkomentar untuk menambah informasi mengatasi ac sudah isi freon tapi tidak dingin. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Post a Comment for "Solusi AC sudah isi Freon tapi tidak dingin terbukti"