Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Service Injeksi Motor atau mobil EFI


Service injektor mesin EFI sangat diajurkan oleh pabrikan sekali setahun. Service injektor ini bertujuan agar performa engine tetap optimal. Tidak dipaksakan untuk melakukan service injektor harus di bengkel resmi ATPM. Anda dapat melakukannya di rumah anda atau di bengkel sekolah yang ada kunjungi. Hanya saja pengetahuan dan keterampilan service injektor motor atau pun mobil sangat dibutuhkan.

Ada beberapa cara alternative yang dapat anda pilih service injektor engine EFI. Alternatif ini dapat anda pilih dan sesuaikan dengan peralatan serta pengetahuan anda dalam service injektor. Pada prinspnya, pekerjaan service injektor adalah membuang kotoran yang ada didalam injektor. Sementara kotoran yang bagian luar injektor cukup dilap saja.

1. Service Injeksi Motor dengan Carbu Cleaner


Cara paling mudah adalah dengan menggunakan karbu cleaner. Carbu cleaner ini memiliki kemampuan merontokkan noda membandal pada komponen otomotif serta tekanannya sangat membantu dalam mengeluarkan kotoran dari dalam injektor.

Dalam penggunaan carbu cleaner anda membutuhkan peralatan tambahan seperti kabel jumper dari terminal injektor menuju baterai 12V, sesuai dengan tegangan injektor kebanyakan. Kabel jumper dipasangkan pada terminal lalu dihubungkan masing-masing ke terminal positif dan negatif baterai.

Juga anda butuh selang karet untuk menghubungkan saluran carbu cleaner dengan injektor. Selang ini berfungsi meneruskan cairan bertekanan dari karbu cleaner ke injektor. Saat tombol carbu cleaner kita tekan, cairan bertekanan sudah standby didalam selang, saatnya anda menghubungkan sumber tegangan baterai dengan terputus-putus. Saat kedua terminal baterai dan injektor terhubung, cairan carbu cleaner akan menyembur keluar melalui injektor.

2. Menggunakan Alat PWM



Alat PWM ini banyak dijual di toko komponen elektronik. Fungsi PWM ini dalam service injektor adalah sebagai pemutus dan penghubung arus ke injektor dengan stabil dan cepat. Tetap anda memerlukan carbu cleaner dan selang penghubung carbu cleaner dengan injektor serta kabel jumper injektor.

Cairan carbu cleanerlah yang berfungsi membersihkan injektor motor anda. Hanya saja pemutusan dan penghubungan arus ke injektor tidak dilakukan secara manual mengangkat dan menghubungkan kabel ke terminal baterai, akan tetapi secara otomatis menghubungkan dan memutus arus ke injektor. Itulah fungsi utama PWM saat service injeksi motor atau mobil anda.

3. Menggunakan Injektor Cleaner



Cara paling jitu dalam service injeksi motor atau mobil anda adalah menggunakan peralatan khusus yaitu injektor cleaner. Prinsip kerja dari injector cleaner dalam membersihkan injektor adalah menggetarkan injektor dengan gelombang ultrasonic. Gelombang ultrasonic ini mampu merontokkan kotoran pada injektor dengan sangat baik. Hasilnya adalah injektor anda menjadi sangat bersih.

Sebenarnya masih banyak cara untuk service injeksi motor atau mobil EFI yang dapat dilakukan. Poin penting yang harus diperhatikan dalam service injektor adalah keselamatan dan berfungsinya injektor dengan baik.